Inilah Tanggapan Kadin Terkait Cukai Plastik

Oleh : Ridwan | Senin, 28 Agustus 2017 - 13:31 WIB

Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menanggapi positif pengurangan limbah plastik. namun kebjakan tersebut menuai pro dan kontra dari kalangan pengusaha. Mereka menilai hal tersebut dapat membunuh margin perusahaan.

 

"Penmggunaan plastik memang harus ditekan. Karena plastik ini kan limbahnya aga sulit dihancurkan. Jadi, cari alternatifnya pengurangan plastik ini," ungkap Ketua Umum Kadin, Rosan P. Roeslani akhir pekan lalu di Jakarta.

 

Sebelumnya, pemerintah menargetkan penerimaan cukai dar kantong plastik sebesar Rp500 miliar dalam RAPBN 2018. Target ini menjadi yang pertama kali diterapkan pada kantong plastik kresek.

 

Sementara itu, saat dimintai tanggapan terkait penermaan pajak, pihaknya meminta pemerintah untuk lebih bijaksana dalam menentukan dan mengejar taregt pajak. "Saya berharap kebijakan tersebut tidak berpengaruh negatif pada iklim dunia usaha," terangnya.

 

Untuk itu, Rosan meminta pemerintah untuk mempertimbangkan kembali keputusan tersebut. "Kalau pajaknya saya melihat jangan terlalu optimis, karena dilihat dari target total pajak 93 persen, ya. Kalau keadaan normal yan realistis saja lah," pungkas Rosan.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PJ Gubernur Turut Hadir dalam Paskah ASN DKI Jakarta 2024

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:53 WIB

Hadiri Paskah, Heru Imbau ASN Tingkatkan Pelayanan Bagi Masyarakat

Jakarta- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar perayaan Paskah Bersama 2024 dengan mengangat tema "Aktualisasi Nilai-Nilai Paskah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024" yang digelar…

Atlet tim Thomas dan Uber

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:38 WIB

BNI Apresiasi Tim Thomas dan Uber Indonesia  

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI selaku sponsor resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi luar biasa Tim Thomas…

BTN Raih Best Savings Bank Award

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:22 WIB

Konsisten Jalankan Peran, BTN Raih Best Savings Bank Award

Jakarta-Konsistensi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menjalankan peran sebagai bank tabungan dan meningkatkan tingkat inklusi keuangan di masyarakat membuat perseroan meraih penghargaan…

Peluncuran Oreo Pokemon di Indonesia.

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:11 WIB

Oreo Rayakan Kolaborasinya Bersama Pokemon. Ada Kepingan Biskuit Langka Berhadiah Perjalanan ke Jepang

Kolaborasi ini mengajak masyarakat untuk menemukan seluruh gambar koleksi karakter Pokemon pada kepingan biskuit Oreo dan berkesempatan mengikuti undian berhadiah istimewa.

Gebyar undian Bank Mandiri ini hoax

Minggu, 05 Mei 2024 - 21:00 WIB

Bank Mandiri Himbau Masabah untuk Hati-Hati pada Modus Penipuan Berkedok Undian Berhadiah

Bank Mandiri mengimbau kepada para nasabah untuk berhati-hati dengan kejahatan pembobolan rekening dengan modus penipuan berkedok undian berhadiah. Aksi kejahatan dengan modus yang mengatasnamakan…