Menhub Dukung Bandara Notohadinegoro Jember Jadi Embarkasi Haji

Oleh : Herry Barus | Senin, 21 Agustus 2017 - 06:41 WIB

Menhub Budi Karya Sumadi tinjau kesiapan bandara Jember (Foto Humas)
Menhub Budi Karya Sumadi tinjau kesiapan bandara Jember (Foto Humas)

INDUSTRY.co.id - Jember- Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mendukung Bandara Notohadinegoro Jember menjadi embarkasi haji antara sesuai dengan keinginan Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Paling tidak Bandara Notohadinegoro bisa menjadi embarkasi antara, sehingga calon haji dari Jember sudah menggunakan pesawat besar dan 'take off' di suatu tempat dan langsung jalan," kata Menhub, usai melakukan peninjauan di Bandara Notohadinegoro, Jember, Minggu (20/8/2017)

Kedatangan Menhub bersama rombongan ke Bandara Notohadinegoro untuk merespons cepat perintah Presiden Joko Widodo yang meminta agar pengembangan bandara di Kabupaten Jember diselesaikan dalam waktu dua tahun yakni 2018 hingga 2019.

"Untuk itu, kami langsung membuat langkah cepat yakni meninjau Bandara Notohadinegoro dengan membuat perencanaan dan memastikan secara teknis terkait kondisi dan ketersediaan lahan untuk pengembangan bandara," katanya pula.

Budi mengatakan Kementerian Perhubungan sudah melakukan rapat koordinasi dengan Bupati Jember Faida, Ketua DPRD Jember M Thoif Zamroni, dan Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso untuk menindaklanjuti instruksi Presiden atas ide-ide dari Bupati Jember itu.

"Landasan pacu Bandara Notohadinegoro Jember akan diperpanjang menjadi 2.400 meter dengan lebar 45 meter yang dilakukan dua hingga tiga kali, sehingga pesawat besar bisa mendarat di Bandara Jember," katanya lagi.

Namun untuk mendapat anggaran dari APBN, lanjut dia, harus ada serah terima aset Bandara Jember kepada pemerintah pusat, agar pengembangan bandara bisa dibiayai melalui APBN.

Bupati Jember Faida mengaku bersyukur atas respons cepat yang dilakukan Kementerian Perhubungan seiring dengan instruksi Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan Bandara Notohadinegoro.

"Tindak lanjut Menteri Perhubungan datang ke Jember lebih cepat dari perkiraan kami, sehingga akan kami imbangi dengan kecepatan pula dan Pemkab Jember sangat berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo," katanya pula.

Berdasarkan data, lanjut dia, pemberangkatan jemaah haji untuk lima kabupaten Tapal Kuda yakni Kabupaten Jember, Bondowoso, Lumajang, Situbondo, dan Banyuwangi sebanyak 17 kelompok terbang (kloter), sedangkan untuk menjadi embarkasi antara syaratnya minimal 14 kloter, sehingga lebih dari syarat minimal tersebut.

"Pemkab Jember juga siap untuk membangun asrama haji yang multifungsi yakni asrama haji yang juga akan digunakan sebagai wisma atlet, wisma daerah, hotel transit, dan wisma diklat. Kami mohon doa restunya, agar keinginan Bandara Jember sebagai embarkasi antara dapat terwujud," ujar bupati perempuan pertama di Jember itu pula.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PJ Gubernur Turut Hadir dalam Paskah ASN DKI Jakarta 2024

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:53 WIB

Hadiri Paskah, Heru Imbau ASN Tingkatkan Pelayanan Bagi Masyarakat

Jakarta- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar perayaan Paskah Bersama 2024 dengan mengangat tema "Aktualisasi Nilai-Nilai Paskah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024" yang digelar…

Atlet tim Thomas dan Uber

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:38 WIB

BNI Apresiasi Tim Thomas dan Uber Indonesia  

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI selaku sponsor resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi luar biasa Tim Thomas…

BTN Raih Best Savings Bank Award

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:22 WIB

Konsisten Jalankan Peran, BTN Raih Best Savings Bank Award

Jakarta-Konsistensi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menjalankan peran sebagai bank tabungan dan meningkatkan tingkat inklusi keuangan di masyarakat membuat perseroan meraih penghargaan…

Peluncuran Oreo Pokemon di Indonesia.

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:11 WIB

Oreo Rayakan Kolaborasinya Bersama Pokemon. Ada Kepingan Biskuit Langka Berhadiah Perjalanan ke Jepang

Kolaborasi ini mengajak masyarakat untuk menemukan seluruh gambar koleksi karakter Pokemon pada kepingan biskuit Oreo dan berkesempatan mengikuti undian berhadiah istimewa.

Gebyar undian Bank Mandiri ini hoax

Minggu, 05 Mei 2024 - 21:00 WIB

Bank Mandiri Himbau Masabah untuk Hati-Hati pada Modus Penipuan Berkedok Undian Berhadiah

Bank Mandiri mengimbau kepada para nasabah untuk berhati-hati dengan kejahatan pembobolan rekening dengan modus penipuan berkedok undian berhadiah. Aksi kejahatan dengan modus yang mengatasnamakan…