Menteri Jonan Tinjau Pembangunan Jaringan Gas di Sidoarjo

Oleh : Hariyanto | Senin, 14 Agustus 2017 - 14:28 WIB

Menteri ESDM Ignasius Jonan meninjau Pembangungan Jaringan Gas
Menteri ESDM Ignasius Jonan meninjau Pembangungan Jaringan Gas

INDUSTRY.co.id , Sidoarjo - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan secara khusus meninjau pembangunan jaringan gas kota (Jargas) di Kabupaten Sidoarjo.

Dalam kunjungan tersebut Menteri ESDM Ignasius Jonan didampingi Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dan Presiden Direktur PT Pertamina Gas Suko Hartono. kunjungan tersebut guna menyaksikan secara lansung memanfaatkan gas bumi di Tanggulangin oleh warga.

Pada kesempatan tersebut, Jonan menyempatkan diri untuk mampir di Pondok Pesantren Mambaul Hikam di Desa Putat, Sidoarjo untuk melihat proyek jargas Kementerian ESDM yang telah dimanfaatkan santri pondok setempat.

“Kunjungan ini untuk mengetahui secara langsung penggunaan jargas warga di Sidoarjo,” kata Ignasius Jonan kepada wartawan di Ponpes Manba’ul Hikam  di Desa Putat, Sidoarjo, Minggu (13/8/2017).

Menteri Ignasius Jonan menjelaskan, kehadiran jaringan gas kota ini akan memudahkan masyarakat dalam beraktifitas, khususnya untuk urusan dapur. "Karena hemat, praktis, aman dan suplai gas mengalir 24 jam," katanya.

Jonan menambahkan, proyek pembangunan jaringan gas kota dilakukan Kementerian ESDM setiap tahun untuk mendorong rumah tangga dan pelanggan kecil bisa memanfaatkan gas alam sebagai bentuk diversifikasi energi.

Pada tahun ini, Kementerian ESDM menargetkan pembangunan jaringan gas kota sebanyak 59.809 SR di 10 kota. "Tahun ini, sesuai Renstra Kementerian ESDM, program jaringan gas kota ini diharapkan akan menjangkau 1,2 juta SR (kumulatif) di berbagi wilayah kabupaten kita di Indonesia," ungkap Jonan.

Sementara itu, President Director PT Pertamina Gas, Suko Hartono, menyebutkan, Sidoarjo menjadi contoh bahwa jargas juga bermanfaat tidak hanya untuk rumah tangga, tapi juga untuk kebutuhan memasak para santri di pondok. "Kehadiran Jargas sangat bermanfaat bagi masyarakat," imbuhnya.

Suko menyebutkan, saat ini terdapat 10.350 Sambungan Rumah Tangga (SR) di Sidoarjo yang dibangun menggunakan APBN Tahun Anggaran (TA) 2010, 2011, 2012 & 2014 yang dikelola Pertamina Gas. "Untuk suplai gas diperoleh dari Lapindo Brantas Inc, dengan total alokasi sebesar 0,4 MMSCFD," jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ninja Xpress

Kamis, 02 Mei 2024 - 11:24 WIB

Kode Promo dalam Pemasaran: Memahami Manfaatnya dan Mengoptimalkan Penggunaannya ala Ninja Xpress

Kode promo telah menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling populer dan efektif dalam industri ritel modern. Dengan kode promo, konsumen dapat menikmati diskon, penawaran khusus, atau…

Privy hadirkan tanda tangan digital.

Kamis, 02 Mei 2024 - 10:43 WIB

Amankan Transaksi Digital, Privy Hadirkan Paket Berlangganan Tanda Tangan Unlimited

Fitur baru Privy, tanda tangan digital, membantu pelaku usaha dan individu melindungi transaksi elektronik berisiko tinggi sesuai UU ITE.

Pendampingan Teknologi Bagi IKM Alas Kaki

Kamis, 02 Mei 2024 - 10:18 WIB

Kemenperin Pacu Pengembangan IKM Alas Kaki Lewat Pendampingan Teknologi

Industri alas kaki nasional, khususnya skala kecil dan menengah, semakin tumbuh dan berkembang. Ini terlihat dari bermunculannya berbagai jenama (brand) lokal yang memiliki kualitas dan desain…

Ilustrasi pembiayaan BNI ke PLTB Sidrap

Kamis, 02 Mei 2024 - 10:18 WIB

BNI Danai Akuisisi PLTB Sidrap oleh Barito Group

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menunjukkan komitmennya dalam mendukung transisi energi hijau dengan mendanai akuisisi Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap berkapasitas…

Dok MSIG Life Insurance

Kamis, 02 Mei 2024 - 09:56 WIB

Masuki Usia ke-39, MSIG Life Perkuat Komitmen Sebagai Mitra Kepercayaan Nasabah Lewat Budaya Kerja Baru

PT MSIG Life Insurance Indonesia Tbk (MSIG Life) atau yang sebelumnya dikenal dengan Sinarmas MSIG Life, saat ini menapaki usia ke-39 dan merayakan tahun pertamanya sebagai MSIG Life.