Indonesia Perlu Maksimalkan Potensi Energi Terbarukan

Oleh : Herry Barus | Senin, 14 Agustus 2017 - 05:24 WIB

Ilstrasi Energi baru terbarukan (Foto Ist)
Ilstrasi Energi baru terbarukan (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerhati energi dari Jepang Tatsuo Doko menilai pemerintah perlu memaksimalkan potensi energi terbarukan karena yang dimanfaatkan baru empat persen.

"Indonesia perlu memaksimalkan potensi energi terbarukan karena termasuk yang terbesar di dunia, saat ini potensi yang baru dimanfaatkan sekitar lima persen," ujar Doko di Jakarta, Jumat (11/8/2017)

Dia menyebutkan Indonesia memiliki cadangan panas bumi terbesar di dunia yakni sekitar 40 persen. Hal itu dikarenakan, Indonesia berada pada jalur gunung api dunia.

Menurut Managing Director Toshiba Asia Pacific tersebut, Indonesia perlu melakukan bauran energi tidak hanya fokus pada energi fosil tetapi juga energi terbarukan seperti panas bumi.

"Kebutuhan energi dunia saat ini, tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan energi, tetapi juga ramah terhadap lingkungan. Untuk itu diperlukan pembangkit listrik yang memiliki teknologi batubara bersih yang memungkinkan pembangkit listrik tenaga uap dengan efisiensi tinggi".

Sebelumnya, Toshiba memiliki proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sarulla Unit 1 yang sudah beroperasi pada Maret 2017.

"Dari total kapasitas 330 MW, kami memasok 60 MW x 3 turbin uap dan panas bumi serta generator".

Selain itu, pihaknya baru-baru ini menggarap proyek turbin uap dan generator 2 x 1.000 Megawatt (MW) dan peralatan terkait serta gardu induk GIS 500 kiloVolt (KV) pada perluasan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Unit 5 & 6 Tanjung Jati, Jepara, Jawa Tengah. Juga turbin air dan generator 2 x 45 MW pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Malea di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Chief Business Network Management Officer WOM Finance, Antonius Lijadi (kiri), ketika memberikan bantuan kepada pengurus Masjid Al Ikhlash di Sumur Batu, Jakarta Pusat, Jumat (17/05/2019).

Senin, 20 Mei 2019 - 04:30 WIB

Sambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H, WOM Finance Berbagi Kebaikan

PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF), atau WOM Finance, menunjukkan kepeduliannya saat Ramadhan dengan menggelar kegiatan buka bersama dan bakti sosial di 22 masjid di seluruh Indonesia.…

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award" atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip…

Pantai Air Manis Padang (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 18:00 WIB

Icon Kota Padang, Pantai Air Manis Terus Percantik Diri

Pemerintah Kota Padang bersama Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp16 miliar untuk membenahi objek wisata Pantai Air Manis Padang yang kerap dikenal dengan legenda Malin Kundang.

Ilustrasi Biodiesel 20 Persen (B20)

Minggu, 19 Mei 2019 - 16:30 WIB

Tekan Impor Migas, Kemenperin Bakal Dongkrak Produksi Green Fuel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah berusaha mendongkrak kontribusi industri nonmigas dengan mendorong produksi bahan bakar yang masih ketergantungan pada impor, di antaranya memproduksi…

Ilustrasi Ekspor (ist)

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:40 WIB

Ekspor Produk Manufaktur Masih Tertinggi

Industri pengolahan nonmigas konsisten memberikan kontribusi paling besar terhadap nilai ekspor nasional.