Bangun PLTU, Krakatau Steel Siap Kucurkan US$40 Juta

Oleh : Abraham Sihombing | Rabu, 21 Desember 2016 - 09:30 WIB

Gedung Krakatau Steel. (Dimas Ardian/Bloomberg/Getty Images)
Gedung Krakatau Steel. (Dimas Ardian/Bloomberg/Getty Images)

INDUSTRY.co.id -PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) akan membiayai pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) milik PT Krakatau Daya Listrik, anak usaha perseroan, berkapasitas 2x80 megawatt (MW) bernilai US$40 juta.

Dana untuk pembangunan PLTU tersebut akan diambil dari belanja modal Krakatau Steel pada 2017 yang dianggarkan sebesar US$200 juta, ujar Sukandar, Direktur Utama KRAS, Selasa (20/12).

Sukandar mengemukakan, jika dibanding pada 2016 sebesar US$180 juta, maka dana belanja modal KRAS tahun depan tercatat lebih tinggi sekitar 11%. Selain untuk pembangunan PLTU Krakatau Daya Listrik, dana belanja modal tersebut juga digunakan untuk membiayai pembangunan pabrik hot strip mill (HSM) II, push and packing line dan reversing mill.

Pada 2016, manajemen KRAS mengalokasikan dana belanja modal US$180 juta untuk membiayai pembangunan pabrik hot strip mill (HSM) II dan Blast Furnace.

Sukandar menjelaskan, seluruh dana belanja modal pada 2017 tersebut berasal dari pinjaman perbankan. Untuk memperoleh pendanaan dari luar perseroan, maka perseroan masih akan memilih dan mempertimbangkan bank yang akan mendanai proyek pembangunan PLTU milik Krakatau Daya Listrik tersebut.

Disamping itu, demikian Sukandar, perseroan melalui anak usahanya, PT Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC) saat ini sedang mengakuisisi lahan di Anyer, Provinsi Banten, seluas 500 hektar (ha). Lahan itu akan digunakan untuk pengembangan kawasan industri.

Cadangan lahan kami sedikit, sehingga harus melakukan akuisisi lahan baru. Total investasi yang dibutuhkan untuk akuisisi 500 ha lahan tersebut antara Rp700-750 miliar," tutur Sukandar.

Hingga kini, menurut Sukandar, perseroan sudah mengakuisisi lahan seluas 450 ha. Sekitar 100 ha lahan tersebut akan dikembangkan pada triwulan keempat 2017. ‎Krakatau optimistis dapat memasarkan kawasan industri tersebut pada triwulan pertama 2018. Jika akuisisi 500 ha lahan tersebut selesai, maka total cadangan lahan perseroan menjadi 1.130 ha, imbuhnya.

Sukandar mengatakan, perseroan juga sedang menjajaki kemungkinan pengembangan kawasan industri baru di Bojonegoro dan Subang melalui sinergi dengan dua anak usaha BUMN. Kendati demikian, rencana tersebut baru dalam tahap uji kelayakan. (abr)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Sabtu, 21 Mei 2022 - 03:27 WIB

KASAD Resmikan Yon Arhanud 9AWJ dan Yon Armed 20/155 GS/BY

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman S.E., M.M., meresmikan dua satuan baru di wilayah Kodam IX/Udayana, yaitu Batalyon Artileri Pertahanan Udara 9/Angkasa Widya…

Presiden Jokowi

Sabtu, 21 Mei 2022 - 03:13 WIB

Presiden Jokowi Terima Majelis Rakyat Papua dan Papua Barat di Istana Bogor

Presiden Joko Widodo menerima Majelis Rakyat Papua (MRP) dan Majelis Rakyat Papua Barat di Istana Kepresidenan Bogor, pada Jumat, 20 Mei 2022. Bupati Jayapura Mathius Awoitauw yang mewakili…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia

Jumat, 20 Mei 2022 - 19:00 WIB

Menteri Bahlil Tegaskan Indonesia Tak Akan Ekspor EBT ke Negara Manapun

Terkait dengan Energi Baru Terbarukan (EBT), Bahlil menjelaskan bahwa Indonesia belum akan melakukan ekspor EBT ke negara manapun. Menurutnya, pemerintah Indonesia akan fokus terlebih dahulu…

Pameran lukisan bertajuk Wanderlust Indonesia

Jumat, 20 Mei 2022 - 18:35 WIB

Sambut G20 & Dukung Ekonomi Kreatif, KEK Morotai Gelar Pameran Lukisan Bertajuk "Wanderlust Indonesia"

Menyambut G20 yang diadakan di Indonesia pada bulan November 2022 sekaligus memperingati Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 2022 dan mendukung ekonomi kreatif, salah satu anak usaha PT Jababeka…

Glamshine Kosmetik Luncurkan Produk Terbaru Aqua Beads

Jumat, 20 Mei 2022 - 18:10 WIB

Glamshine Kosmetik Luncurkan Produk Terbaru Aqua Beads

Glamshine kosmetik resmi mengeluarkan produk terbaru dengan nama Aqua Beads yang akan di luncurkan pada tanggal 20 Mei, 2022 di Chakra venue & lounge, The Breeze Bumi Serpong Damai (BSD) Kota…