Wujudkan Industry 4.0, Menperin Gelar Pertemuan dengan Pusat Mikroelektronika ITB

Oleh : Hariyanto | Rabu, 09 Agustus 2017 - 08:10 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto Gelar Pertemuan dengan Pusat Mikroelektronika ITB
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto Gelar Pertemuan dengan Pusat Mikroelektronika ITB

INDUSTRY.co.id , Jakarta - Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, menggelar pertemuan dengan Pusat Mikroelektronika Institut Teknologi Bandung (ITB) guna menindaklanjuti rencana penerapan Industry 4.0.

"Ini menindaklanjuti seminar Industry 4.0. Pak menteri minta tim ITB untuk melakukan penilaian, kajian kita bisa kontribusi di mana," kata Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan, di Jakarta, Selasa (8/8/2017).

Ia menyampaikan, pada era Industry 4.0, industri perlu menerapkan pabrikasi cerdas, di mana berbagai perangkatnya terkoneksi dengan internet atau dengan kata lain Internet Of Think.

"Misalnya yang paling sederhana adalah meteran listrik. Kalau di pabrik, meteran itu kan jumlahnya ratusan. Nah, kalau terkoneksi internet kan lebih mudah," pungkas Putu.

Sementara, Direktur Pusat Mikroelektronika ITB, Trio Adiono menyampaikan, pihaknya bekerja sama dengan berbagai pihak untuk dapat memproduksi elektronika pendukung Industry 4.0.

"Kami mengembangkan kartu cerdas, seperti kartu SIM, kartu identitas, kartu pembayaran. Tingkat Komponen Dalam Negeri-nya bisa sampai 80 persen," kata dia.

Selain itu, lanjut Trio, pihaknya bisa memproduksi produk IOT, salah satunya meteran listrik yang terkoneksi dengan internet, salah satunya meteran listrik yang terkoneksi dengan internet. "Kami sedang berdiskusi bagaimana kami mencari solusi supaya produk-produk dalam negeri ini bisa diserap," pungkasnya.(Atr)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kasum TNI Hadiri Rapat Koordinasi Penyelesaian Masalah Lahan TNI AL

Jumat, 03 Mei 2024 - 04:53 WIB

Kasum TNI Hadiri Rapat Koordinasi Penyelesaian Masalah Lahan TNI AL

Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan mewakili Panglima TNI menghadiri Rapat Koordinasi Tentang Penyelesaian Masalah Lahan antara Masyarakat Dengan TNI AL di Kota Tarakan Kalimantan Utara yang…

Danpuspom TNI Buka Rakornis Pom TNI - Propam Polri Tahun 2024

Jumat, 03 Mei 2024 - 04:45 WIB

Danpuspom TNI Buka Rakornis Pom TNI - Propam Polri Tahun 2024

Danpuspom TNI Mayor Jenderal TNI Yusri Nuryanto membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Pom TNI dan Propam Polri Tahun 2024, bertempat di Aula Gatot Subroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta…

Ilustrasi Properti

Kamis, 02 Mei 2024 - 21:55 WIB

Peringatan Hari Kartini: Srikandi BUMN Gelar Edukasi Terkait Investasi Properti

Jakarta-Dalam rangka memperingati Hari Kartini Srikandi BUMN Indonesia menyelenggarakan webinar bertajuk “Smart Investment 2024 Year of The Dragon”. Acara yang digelar secara daring, akhir…

Kick Off Toyota Eco Youth (TEY) ke-13

Kamis, 02 Mei 2024 - 20:15 WIB

Toyota Eco Youth Kembali Digelar Ajak Generasi Muda Berperan Nyata Jaga Bumi

Toyota Indonesia secara resmi menggelar Kick off Toyota Eco Youth (TEY) ke-13 dengan mengusung tema "EcoActivism, Saatnya Beraksi Jaga Bumi”.

IKN Project Shipment and Conference

Kamis, 02 Mei 2024 - 20:09 WIB

Dari Istana Negara Hingga Kantor Presiden, MJEE Pasok Lift dan Eskalator di Sejumlah Gedung Utama IKN

Jika sebelumnya pada 26 Februari 2024 principal MJEE yaitu Mitsubishi Electric Building Solutions Corporation (MEBS) di Tokyo mengumumkan bahwa MJEE telah berasil mendapatkan pesanan untuk 55…