Tingkatkan Sektor Industri, Kaltim Permudah Investor Melalui KLIK

Oleh : Ridwan | Kamis, 03 Agustus 2017 - 08:36 WIB

Ilustrasi Baja
Ilustrasi Baja

INDUSTRY.co.id - Samarinda - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui instansi teknis memberikan kemudahan untuk menarik investor sebanyak mungkin, yakni dengan menyediakan fasilitas Kemudahan Langsung Investasi Konstruksi (KLIK) sehingga investor bisa menjalankan secara paralel.

"Adanya penerapan fasilitas KLIK, maka investor (perusahaan) bisa langsung membangun konstruksi sambil mengurus izin lanjutan," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTS) Provinsi Kaltim Diddy Rusdiansyah di Samarinda, Rabu (2/8/2017)

KLIK merupakan program pemerintah pusat melalui BKPM guna membangun sinergitas perizinan antara pusat dan daerah, yakni sebuah kebijakan untuk menyederhanakan proses perizinan yang dibutuhkan oleh perusahaan sebelum memulai proses konstruksi.

KLIK yang saat ini diterapkan di Kaltim ditujukan bagi investor yang ingin mengembangkan usaha di kawasan pengembangan ekonomi terpadu maupun kawasan industri, seperti Kawasan Industri Kariangau di Kota Balikpapan maupun Kawasan Industri Buluminung di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Keberadaan fasilitas KLIK, lanjut Diddy, maka investor dapat langsung membangun proyeknya setelah memperoleh izin investasi atau izin prinsip, baik dari PTSP Pusat di BKPM maupun di PTSP Daerah.

Model ini dapat dilakukan karena secara paralel, perusahaan dapat mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Izin Lingkungan (UKL/UPL dan Analisis Manajemen Dampak Lingkungan - Amdal), termasuk izin pelaksanaan lainnya.

Dalam pemanfaatan fasilitas KLIK ini, lahan yang disediakan di Kawasan Industri Kariangau seluas 133,8 hektare, sementara di Kawasan Industri Buluminung seluas 2.721 hektare.

Kawasan industri ini untuk berbagai keperluan pengembangan ekonomi pusat aneka industri, bahkan akan menjadi salah satu pusat hilirisasi industri dari ragam komoditas seperti pengolahan batu bara, migas, minyak sawit, karet, pengolahan makanan, perikanan, pengolahan kopi, dan industri meubel.

Ia berharap dengan fasilitas KLIK tersebut akan semakin meningkatkan semangat seluruh pemangku kepentingan investasi untuk mempermudah dan meningkatkan realisasi investasi, khususnya di lokasi implementasi fasilitas KLIK.

Upaya lain yang dilakukan pihaknya untuk meningkatkan kualitas pelayanan investasi adalah memangkas proses perizinan melalui unit Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

"Jika biasanya proses perizinan dilakukan membutuhkan waktu panjang dan tidak terpadu, sekarang cukup dilakukan di satu pintu, bahkan dalam waktu dua hari proses perizinan mulai pendaftaran hingga terbit izin sudah bisa diselesaiakan," ungkap Diddy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Singapore Airlines (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 04 April 2020 - 14:30 WIB

SIA Kurangi Kapasitas Opeersional

Singapore Airlines menangguhkan layanan tambahan di semua jaringannya yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam industri penerbangan, yaitu saat negara-negara di seluruh dunia menerapkan kontrol…

Bagas Ran Rilis Single Cinta Begitu

Sabtu, 04 April 2020 - 14:25 WIB

Bagas Ran Rilis Single Cinta Begitu

Bagas Ran, adalah penyanyi muda berbakat yang kini sudah beranjak dewasa. Pernah menjadi juara Idola Cilik RCTI season 4 tahun 2013 dan merilis banyak single, membuat Bagas semakin dikenal banyak…

Booth Suzuki di IIMS 2018

Sabtu, 04 April 2020 - 14:05 WIB

Meski Berhenti Produksi, Industri Sepeda Motor Ini Tetap Layani Pelanggan Secara Optimal

Merespons kondisi terkini terkait wabah Covid-19 di Indonesia, terutama Jakarta, Suzuki Indonesia mendukung kebijakan pemerintah dalam mengurangi penyebaran virus ini agar tidak semakin meluas,…

Alipudin ketua Hipmi Jaya

Sabtu, 04 April 2020 - 13:35 WIB

Petinggi Hipmi Jaya Puji Cara Gubernur Anies Cepat Tanggap dan Terbuka Hadapi Covid-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan bantuan senilai Rp 1 juta per keluarga yang akan dikucurkan ke warga miskin dan rawan miskin di Jakarta yang perekonomiannya terdampak akibat pandemi…

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar (Foto: Herlambang/Industry.co.id)

Sabtu, 04 April 2020 - 13:00 WIB

Dampak Covid-19, Pelaku Kawasan Industri Berharap Ada Insentif Selama Penerapan PSBB

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar mengatakan, para pengembang atau pengelola kawasan industri ikut merespons baik status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang…