Berkat Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa, Pemuda Subang Mampu Biayai Pendidikan Sendiri

Oleh : Nata Kesuma | Selasa, 11 Juni 2024 - 13:39 WIB

Dompet Dhuafa Tebar Hewan Kurban
Dompet Dhuafa Tebar Hewan Kurban

INDUSTRY.co.id - Subang, Jawa Barat- Di tengah gemerlapnya dunia modern, semangat seorang pemuda bernama Trisno untuk menjadi peternak milenial patut diapresiasi. Kegigihannya dalam mengelola ternak domba di Desa Kaliangsana, Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang, Jawa Barat, menjadi bukti bahwa usia dan latar belakang tidak menjadi halangan untuk meraih cita-cita.

Trisno, seorang remaja berusia 16 tahun yang menjadi yatim piatu sejak kecil, tidak patah semangat dalam menjalani hidup. Ia tekun bekerja di kandang domba untuk membantu keluarganya dan membiayai sekolahnya. Keterampilannya dalam mengelola ternak domba pun terus berkembang, hingga akhirnya ia dipercaya menjadi peternak plasma mitra Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa.

Kebahagiaan Trisno terlihat jelas ketika domba-domba hasil perawatanya lolos Quality Control Dompet Dhuafa. Ia bangga atas jerih payahnya yang membuahkan hasil. Keuntungan yang diperolehnya dari penjualan domba kurban akan membantu keluarganya dan membiayai pendidikannya.

“Alhamdulillah masuk banyak ini domba saya,” pungkas Trisno saat ditemui pada Minggu (09/06). 

Melalui program THK Dompet Dhuafa, Trisno mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan usahanya dengan pola kemitraan inti-plasma. Ia diberikan modal dan pelatihan untuk mengelola ternak domba dengan sistem modern. Keuntungan dari penjualan domba kurban dibagi dua, separuh untuk Trisno dan separuh lagi untuk Dompet Dhuafa.

“Alhamdulillah saya seneng banget. Gak kerasa sudah mau satu tahun. Semoga saya bisa jadi pengusaha domba sukses juga kayak yang lain. Biar bisa bantu adik bisa sekolah”, tutur Trisno yang sudah sejak kecil menjadi yatim dengan optimis. 

Dompet Dhuafa tidak hanya fokus pada penyediaan hewan kurban yang berkualitas, tetapi juga berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat. Program THK Dompet Dhuafa membantu meningkatkan taraf hidup peternak seperti Trisno, sekaligus mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) tujuan 12, yaitu Konsumsi dan Produksi yang bertanggung jawab.

Dompet Dhuafa mengajak semua pihak untuk berperan serta dalam program THK dan membantu mewujudkan cita-cita para peternak muda seperti Trisno. Melalui program ini, kita dapat membantu mereka mencapai kemandirian ekonomi dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

(kiri-kanan). Penandatangan kerjasama dilakukan oleh Direktur Sales and Distribution BSI Anton Sukarna (dua dari kiri), Direktur Sales PT Telekomunikasi Selular Adiwinahyu Basuki Sigit, Direktur PT Pertamedika Bali Hospital Mochamad Sonny Irawan, Direktur PT Adi Sarana Armada Tbk dan PT Adi Sarana Transportasi Jerry Fandy Tunjungan (paling kanan)

Jumat, 21 Juni 2024 - 23:36 WIB

Perkuat Ekosistem Halal, BSI Gandeng Mitra Strategis

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus menunjukkan komitmennya dalam memajukan ekosistem halal di Indonesia.

Dari ki-ka: Vice Grand Sheikh of University Al Azhar Cairo Mesir HE. Prof. Dr. Mohammed Abdel Rahman Al-Duweiny, Direktur Utama BSI Hery Gunardi, Komisaris Utama BSI Muliaman D. Hadad, dan Direktur Eksekutif BSI Maslahat Sukoriyanto Saputro saat setelah Seminar International "Collaborative Framework for Holistic Islamic Ecosystem" pada gelaran BSI International Expo di JCC Senayan Jakarta

Jumat, 21 Juni 2024 - 23:17 WIB

BSI dan Al-Azhar Mesir Satukan Visi untuk Ekosistem Islam yang Berkelanjutan di BSI International Expo

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pengembangan ekosistem Islam di sektor pendidikan melalui kolaborasi strategis dengan Al-Azhar Cairo Mesir.

Membaca nyaring untuk bangun kegemaran anak sejak dini.

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:44 WIB

Bangun Kegemaran Membaca Anak Sejak Dini Dengan Membaca Nyaring

Orang tua sebagai model pertama bagi anak-anak dapat mendorong mereka untuk membaca dengan cara yang menyenangkan dan membangun minat terhadap literasi sejak dini lewat membaca nyaring.

BRI masuk 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara yang dinilai berdasarkan revenue, profit dan aset.

Jumat, 21 Juni 2024 - 22:23 WIB

Kembali Torehkan Prestasi Elite, BRI Jadi Institusi Keuangan No.1 di Indonesia dan Peringkat 4 di Asia Tenggara Dalam Daftar Fortune Southeast Asia 500

Media ekonomi terkemuka dunia, Fortune pada hari Selasa (18/06) mengumumkan daftar Fortune Southeast Asia 500 untuk pertama kalinya. Daftar ini berisikan 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara…

Panandatanganan MoU Sarana Jaya dengan KONI

Jumat, 21 Juni 2024 - 19:15 WIB

Sarana Jaya - KONI Teken MoU Dukung Para Atlet Menuju PON XXI/2024 Aceh - Sumut

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bersama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pembangunan Sarana Jaya resmi menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang perekrutan atlet berprestasi peraih…