Strategi Chemco Raksasa Industri Komponen Otomotif RI Tumbuh Konsisten dan Stabil

Oleh : M. Amru, Eddi, Abi | Kamis, 29 Februari 2024 - 09:16 WIB

Albert Arianto Budiman, Direktur PT Chemco Harapan Nusantara
Albert Arianto Budiman, Direktur PT Chemco Harapan Nusantara

INDUSTRY.co.id - (In-depth), Jababeka, Cikarang - Produk berkualitas tinggi dan layanan pelanggan yang komprehensif menjadi kunci sukses bagi Chemco untuk memimpin pasar alumunium part, khususnya di produk komponen otomotif.

Sebagai bagian dari industri otomotif, industri komponen merupakan salah satu sektor yang memiliki kontribusi cukup besar terhadap perekonomian nasional.

Faktanya, sektor  ini tak sebatas menyedot lapangan kerja, namun turut mendatangkan Investasi penanaman modal dari Investor dalam negeri maupun luar negeri yang bersekala Internasional dan pendapatan bagi negara.

Bicara tentang kontribusi industri komponen otomotif di Tanah Air, tentunya tidak bisa menyampingkan PT.Chemco Harapan Nusantara. Pasalnya, perusahaan yang berdiri pada tahun 1984 ini telah memberikan sumbangsih nyata bagi pembangunan ekonomi dan masyarakat luas.

Berawal dari perusahaan yang memproduksi brake system untuk truk ringan dan truk berat (aftermarket) berlokasi di kawasan Kapuk Muara, Jakarta Utara. Chemco berkembang pesat menjadi perusahaan manufaktur komponen untuk perusahaan-perusahaan OEM (original equipment manufacturer) otomotif untuk produksi skala Nasional dan pasar global.

Direktur PT Chemco Harapan Nusantara, Albert Arianto Budiman, menuturkan, Chemco telah berkembang dalam tiga dekade terakhir dari perusahaan lokal skala kecil menjadi perusahaan global, dengan pertumbuhan yang konsisten dan stabil. Sekaligus berhasil menempati posisi dominan di Indonesia dan terus berkembang di pasar luar negeri.

“Dulu kami hanya menjual kampas rem untuk truk di pasar – pasar di daerah Sawah Besar, Jakarta. Kemudian berkembang menjadi perusahaan manufaktur yang memproduksi sparepart kendaraan bermotor roda dua dan roda empat, meliputibrake system, aluminium casting dan casting wheels,” ujarnya saat ditemui redaksi INDUSTRY.co.id beberapa waktu lalu.

Seiring kenaikan permintaan bisnis perusahaan, maka pada tahun 1993, Chemco berpindah lokasi ke Kawasan Industri Jababeka, Cikarang.

Selanjutnya dalam rangka ekspansi perusahaan, pada tahun 2023 kembali membangun pabrik (plant) kedua yang berlokasi di Kawasan Industri Mitra Karawang.

Albert menyebutkan awal masa berdiri perusahaan memiliki karyawan sejumlah 251 karyawan. Kini total karyawan yang terserap sebagai tenaga kerja dari  dua plant  di Cikarang dan Karawang sebanyak 6.800 karyawan.

“Untuk plant di Cikarang sendiri, kurang lebih terdapat 2.700 karyawan,” imbuh dia.

Pabrik Chemco Harapan Nusantara

Terapkan Metode QCD

Chemco memiliki landasan yang kuat sebagai produsen utama sparepart dan brake system kendaraan bermotor di Indonesia, baik roda dua dan roda empat, sehingga mampu  menghasilkan produk berkualitas unggul. Dari kedua plant-nya, Chemco dapat memproduksi  sparepart dan brake system lebih dari 5 juta unit sepeda motor dan 250 ribu unit mobil, serta castingwheel sejumlah 1 juta unit per tahun.

Di kategori sepeda motor, Chemco memiliki hak eksklusif sebagai produsen sparepart dan brake system (OEM) yang ditunjuk oleh Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) selaku produsen otomotif roda dua di Indonesia dan internasional, yakni Honda, Kawasaki, Suzuki, Yamaha, perusahaan-perusahaan motor listrik, dan lainnya.

Selain itu Chemco juga sudah memproduksi sparepart dan brake system untuk beberapa pabrikan otomotif roda empat atau lebih, diantaranya Daihatsu, Honda, Hyundai, Suzuki, perusahaan-perusahaan mobil listrik. Termasuk sparepart bagi bus atau truk, meliputi Hino, Isuzu, Mitsubishi dan lainnya. 

Keberhasilan Chemco dipercaya memasok kebanyak produsen otomotif, lantaran mempunyai standar dan mutu dengan menerapkan metode Quality, Cost, Delivery (QCD), sehingga menghasilkan produk berkualitas internasional untuk memenuhi konsumen di Indonesia, bahkan diekspor ke pasar internasional.

“Tidak hanya berkecimpung di pasar domestik saja, kami juga aktif di pasar global dengan merambah ke pasar Amerika Serikat, Brazil, Eropa, Jepang dan lainnya. Ekspor kami antara 10-15% dari total penjualan setiap tahunnya,”  beber Albert.

Transformasi 4.0

Guna mempertahankan kualitas secara konsisten agar dapat menjaga kepercayaan customer dan masyarakat untuk kualitas terbaik produk sparepart sepeda motor maupun mobil.

Chemco memanfaatkan teknologi dan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dalam mendukung dan menciptakan peluang untuk berinovasi melalui program development untuk mendukung alat (part) kendaraan motor listrik, seperti halnya alumunium part untuk controler, inverter dan motor, baik pasar lokal serta ekspor.

Terkait produk casting wheel, perusahaan sedang melakukan development untuk menggunakan Flow Forming Technology untuk menghasilkan produk yang lebih ringan, dengan target mengurangi bobot 10%-15% dari produk casting wheelkonvensional.

Selangkah lebih maju dalam menghadapi revolusi industri 4.0, Chemco telah mempersiapkan langkah-langkah strategis agar mampu beradaptasi dengan era industri digital ini.

Konkretnya, program automation sudah mulai dilakukan dan terus dikembangkandalam kurun waktu 5 tahun terakhir, guna mendukung proses produksi yang lebih efisien dan aman demi terjaganya kualitas produk.

Perusahaan pun sudah membangun sistem yang menggunakan berbagai perangkat elektronik komputasi, mekanis, serta mesin otomatis yang terintegrasi dalam sistem internet of things (IoT), yang mendukung pengolahan data, proses quality control, produksi dan administrasi untuk mengoptimalkan pekerjaan, serta menghemat biaya produksi.

Produk Chemco Harapan Nusantara

Pembangunan Berkelanjutan Ala Chemco

Chemco berkomitmen berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Hal ini diwujudkan dalam penggunaan sumber energi terbarukan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan memasang solar panel di pabrik plant 2 Karawang.

Instalasi rangkaian solar panel merupakan bentuk green movement yang dilakukan oleh Chemco untuk menjalankan kegiatan operasional perusahaan sehari-hari yang berorientasi terhadap keberlanjutan lingkungan. Selain mendukung program green energy di Indonesia, tujuannya meningkatkan daya saing, khususnya menekan biaya produksi. 

Solar panel yang terpasang adalah 3,2 KWp yang dapat menurunkan emisi sebesar 3.267 ton CO2 per tahun. Berkaca pada keberhasilan pemasangan solar panel di plantKarawang. Pada tahun 2023 ini, Chemco juga sedang mengembangkan penggunaan solar panel di plant Cikarang karena ada permintaan dari customer dan stakeholder. “Pemasangan solar panel di plant Cikaran bekerjasama dengan Cikarang Listrindo,” ungkap Albert.

Dalam pemberdayaan masyarakat di wilayah sekitar perusahaan beroperasional, Chemco berperan memfasilitasinya melalui pembuatan kain majun untuk industri yang memberdayakan tenaga kerja lokal serta bantuan sembako untuk korban terdampak bencana di beberapa wilayah di Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Karawang.

Selain lingkungan sosial, Chemco juga memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan dan kesehatan yang diwujudkan dalam program CSR perusahaan. Di aspek pendidikan bantuan diberikan kepada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh Pulau Jawa berupa renovasi gedung sekolah dan fasilitas belajar mengajar (Komputer, Meja, Kursi, dan Alat Tulis).

Untuk menjembatani kesenjangan kompetensi lulusan SMK dengan tuntutan dunia industri,  Chemco memberikan pelatihan kepada siswa SMK yang berisi pembelajaran mesin (CNC, robot, dan alat ukur)  di Balai Latihan Kerja (BLK) komunitasnya. Termasuk menyediakan mobil alat ukur industri yang berkeliling untuk sarana pembelajaran alat ukur industri.

Kegiatan lainnya adalah teaching factory untuk  pembuatan brake shoe/brake pad, praktek kerja industri, pemagangan siswa maupun guru SMK. Ini dilakukan untuk membantu menyiapkan lulusan SMK memasuki dunia kerja.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wings Food menggelar acara Halal Bihalal bersama beberapa komunitas anak muda.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:19 WIB

Wings Food Ajak Anak Muda Berbagi Kebaikan Melalui Acara Halal Bihalal

Sukses menggelar roadshow Semarak Ramadan, Wings Food menggelar acara halal bihalal bersama beberapa komunitas anak muda di pesantren khusus anak yatim piatu As-Syafi’iyah.

Peluncuran PRUWell Medical dan Medical Syariah dari Prudential Indonesia dan Prudential Syariah.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:08 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Luncurkan Produk Asuransi Kesehatan dengan Konsep “Fairness”

PRUWell dan PRUWell Medical Syariah menawarkan premi atau kontribusi yang terjangkau dan adil (fair pricing) secara berkala sebagai apresiasi terhadap para pemegang polis yang terus menjaga…

Hadir dalam peluncuran diantaranya Wakil Ketua Umum Bidang Hukum dan HAM Kadin Indonesia Dhaniswara K. Harjono, Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin Indonesia, dan Cahyo Rahadian Muzhar, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan HAM

Rabu, 08 Mei 2024 - 22:06 WIB

KADIN Luncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia meluncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia (LMSB-KI) untuk membantu penyelesaian sengketa bisnis baik untuk anggota dan umum. Lembaga…

Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan Kesayangan Hadir di Jakarta

Rabu, 08 Mei 2024 - 21:02 WIB

Pengumuman! Bagi yang Punya Hewan Kesayangan, Segera Hadir di Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan

Jakarta- PT Songolas Exhibition Services (19 Events) untuk pertama kalinya akan menggelar Jakarta Pet Expo (JPE) 2024, sebuah pameran dagang internasional (Business to Business) untuk kebutuhan…

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir untuk Lengkapi Kebutuhan Audio Visual dan Musik di Indonesia

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:53 WIB

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir Lengkapi Kebutuhan Musik Indonesia

Jakarta– Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 untuk pertama kalinya akan digelar pada 27-30 November 2024 di Hall B3, JIExpo Kemayoran, Jakarta.