Dari Jababeka, KUI Pasok Komponen Undercarriage Komatsu Seluruh Dunia

Oleh : M. Amru, Eddi, Abi | Minggu, 03 Maret 2024 - 09:58 WIB

Erwan Yulianto, Presiden Direktur PT Komatsu undercarriage Indonesia.
Erwan Yulianto, Presiden Direktur PT Komatsu undercarriage Indonesia.

INDUSTRY.co.id - (In-depth) - Jababeka, Cikarang - PT. Komatsu Undercarriage Indonesia (KUI) berperan sebagai fondasi pasokan undercarriage Komatsu hingga turut mendorong merek alat berat ini dikenal luas di Indonesia. 

Bahkan komponen yang diproduksi dari pabriknya di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang telah dipasok dan digunakan di seluruh dunia.

Komatsu mampu menguasai pasar alat berat di Indonesia, meskipun mendapat gempuran kuat dari beragam merek alat berat, termasuk produk-produk import yang secara harga dapat dikatakan lebih kompetitif dari produk Jepang ataupun Jerman. 

Selain terkenal sebagai merek alat berat dengan kualitas yang tinggi dan kemampuan mesin yang handal dalam berbagai jenis lingkungan kerja. 

Kunci keberhasilan Komatsu menguasai pasar alat berat di Tanah Air, antara lain lantaran ditopang KUI, anak usaha Komatsu Group yang menyediakan komponen utama alat-alat berat, baik dozer maupun backhoe atau ekskavator.

Sejarah panjang KUI diawali dengan berdirinya  PT Komatsu Indonesia, perusahaan perakitan alat berat di Indonesia pada tahun 1982. 

Keberadaannya merupakan upaya menekan biaya impor yang tinggi dan sejalan dengan program pemerintah Indonesia untuk memulai pengembangan industri alat berat dalam negeri.

“Sebelumnya produk alat berat diimpor dan datangkan dari Jepang, termasuk merek Komatsu yang diageni oleh United Tractors sejak tahun 1972. Saat itu biaya pajak impor alat berat cukup tinggi, bahkan sekitar tahun 1980-an bisa mencapai 30%,” beber Erwan Yulianto, Presiden Direktur PT Komatsu undercarriage Indonesia kepada tim media grup INDUSTRY.co.id dikantornya.

Setelah membuat pabrik perakitan, dalam memperkuat posisi Indonesia sebagai pasar strategis bagi Komatsu Global, sekaligus keinginan meningkatkan kandungan lokal produk alat berat. 

Maka di tahun 1992, didirikan PT Hokuriku United Forging Industry (HUFI), yang kemudian berganti nama menjadi PT Komatsu Forging Indonesia (KOFI) pada tahun 2006.

Selanjutnya sebagai upaya mensinergikan dan mendukung grup Komatsu, didirikan KUI pada tahun 2000, anak usaha Komatsu Indonesia. Kemudian efektif pada 1 Januari 2012, KOFI ikut bergabung dengan KUI. 

Sejatinya KUI adalah pabrik komponen Komatsu pertama yang berada di luar Jepang. Dimana sahamnya dimiliki oleh Hokuriku Kogyo Co Ltd, Neturen Co Ltd, Nagatsu Industries Ltd, Komatsu Indonesia, dan Yayasan Komatsu Indonesia Peduli.

Tujuan pendirian KUI sebagai fondasi pasokan asli struktur  bagian bawah (under carriage) produk Komatsu yang akan disalurkan ke seluruh dunia, dimana alat berat merek Komatsu beroperasi. 

“Disamping menjadi pemasok undercarriage dari Komatsu global, KUI pun menjadi pendukung peningkatan  konten lokal alat berat dari Komatsu Indonesia,” jelas Erwan.

KUI yang bertekad menjadi produsen komponen undercarriage Komatsu orisinil terbaik di seluruh dunia, mampu menghasilkan komponen yang berkualitas dan terpercaya. 

Jenis-jenis produk yang dihasilkan, meliputi track link, track roller, idler dan komponen undercarriage terkait. Dimana sebagian dari produksi tersebut dipasarkan oleh United Tractors untuk domestik market dan sebagian lainnya diekspor oleh KUI ke banyak negara, seperti Amerika, Cina Thailand, Eropa hingga ke Afrika.

Disebutkan Erwan, sekarang ekspor KUI lebih besar dibandingkan pasar domestik, tetapi angkanya bergerak naik turun. 

Adapun produk yang diekspor, diantaranya Track Link, idler dan sprocket yang semuanya diproduksi dari plant Jababeka 1.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direksi Bank Mandiri saat prosesi penyembelihan hewan kurban

Senin, 17 Juni 2024 - 16:32 WIB

Rayakan Momen Berbagi di Idul Adha 1445 H, Bank Mandiri Salurkan Daging Kurban ke Masyarakat

Merayakan kehangatan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Bank Mandiri bersama Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Mandiri Amal Insani (MAI) kembali membagikan daging kurban secara serentak kepada…

Pelanggan yang menerima hadiah Mobil dari Castrol

Senin, 17 Juni 2024 - 15:19 WIB

Ini Strategi Castrol Kerek Penjualan

Rangkaian program Ganti Sekarang Pakai Oli Castrol atau GASPOL Castrol yang telah berlangsung sejak 3 bulan lalu, telah berakhir.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi (kiri) menyerahkan secara simbolik hewan potong kepada duafa di Jakarta.

Senin, 17 Juni 2024 - 12:21 WIB

Sambut Idul Adha 1445 Hijriah, BSI Salurkan 9.390 Hewan Potong ke Seluruh Indonesia

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mendistribusikan 9.390 hewan potong yang sehat dan aman konsumsi bagi masyarakat duafa di berbagai wilayah Indonesia pada Idul Adha 1445 H.

Hutama Karya Group Salutkan 196 Hewan Kurban Sabut Idul Adha 1445 H

Senin, 17 Juni 2024 - 10:13 WIB

Hutama Karya Group Salutkan 196 Hewan Kurban Sabut Idul Adha 1445 H

Peringati Hari Raya Idul Adha 1445 H (2024), PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) bersama anak perusahaan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yakni HK Peduli Sosial,…

POLYTRON Hadir di PRJ dengan Promo Diskon Sampai Rp3 Juta: Solusi Perangkat Elektronik Modern

Senin, 17 Juni 2024 - 09:22 WIB

POLYTRON Hadir di PRJ dengan Promo Diskon Sampai Rp3 Juta: Solusi Perangkat Elektronik Modern

POLYTRON, salah satu merek elektronik terkemuka di Indonesia, dengan bangga mengumumkan partisipasinya di Pekan Raya Jakarta (PRJ) kali ini sebagai bagian dari upayanya untuk terus memenuhi…