Direktur Kao Indonesia: Jababeka di Hati Karena Menjadi Rumah Pertama Kami

Oleh : Amru, Eddy, Abi | Selasa, 26 Maret 2024 - 05:28 WIB

Direktur PT KAO Indonesia, Kouji Kogasaki.
Direktur PT KAO Indonesia, Kouji Kogasaki.

INDUSTRY.co.id - Exclusive, Interview - Direktur PT Kao Indonesia, Kouji Kogasaki memiliki selera humor yang bagus. Semua pandangannya, disampaikannya dengan humble dan hangat, namun tetap kritis dalam mengomentari berbagai macam topik terkait bisnis Kao Indonesia.

Sosok tinggi tegap pecinta sate ayam dan nasi goreng ini telah memberikan warna tersendiri di lingkungan PT Kao Indonesia. 

“Pak Kogasaki ” demikian Kouji Kogasaki disapa, belum lama ini  berbincang-bincang dengan redaksi INDUSTRY.co.id seputar sepak terjang PT Kao Indonesia, terutama kesannya selama berkantor di Kawasan Industri Jababeka (KIJA), Cikarang. Berikut petikan wawancaranya:

Bisa cerita awal mula Kao Indonesia menjadi tenant Jababeka?

Tahun 1985 adalah awal perjalanan Kao di Indonesia. Dalam pendiriannya di Indonesia. Kao Indonesia merupakan Perusahaan Joint Venture antara Kao Corporation dengan PT Rodamas melalui PT Dino Indonesia Industrial Ltd.

Lalu kemudian, tahun 1990 PT Dino Kao Indonesia didirikan sebagai Perusahaan distributor dari PT Dino Indonesia Industrial Ltd,. 

Dan pada 1996 Kao memutuskan membangun fasilitas produksi pertamanya di Jababeka Cikarang dan selanjutnya pada tahun 2012 membangun pabrik kedua di Karawang.

Apa kesan Anda terhadap Jababeka?

Jababeka memiliki tempat yang spesial (di hati) untuk kami, karena di sini, pabrik sebagai rumah pertama kami dibangun. Kami mengucapkan terimakasih kepada Jababeka yang telah mendukung kami selama ini. Baik dukungan terhadap  pengembangan fasilitas produksi. 

Dan selama berada di Jababeka, perjalanan kerjasama dimulai dengan baik sejak tahun 1996. Hingga saat ini kami sudah bertumbuh dengan baik di Jababeka dan kami optimis terkait pengembangan fasilitas produksi seiring dengan bertumbuhnya bisnis Perusahaan.

Bagaimana dengan dukungan pelayanan dan fasilitas di Jababeka?

Ya, sampai saat ini kami puas atas pelayanan yang diberikan Jababeka atas fasilitas yang diberikan untuk factory kami. Ke depan kami sedang fokus pada perkembangan solar panel energy.

Sementara untuk factory, kami berharap Jababeka membantu kami untuk mewujudkannya.

Berapa jumlah pabrik yang dimiliki Kao Indonesia?

Saat ini kami memiliki dua fasilitas produksi satu di Jababeka dan yang satunya berada di Karawang. Selain itu kami memiliki Logistic Center, kantor cabang serta perwakilan distributor di seluruh Indonesia.

Berapa total jumlah karyawan Kao Indonesia?

Jumlah karyawan perusahaan lebih dari 2000 karyawan yang mayoritas berada di kedua fasilitas produksi kami lalu tersebar di kantor pusat, logistic center dan kantor cabang serta perwakilan distributor.

Apa langkah strategis dari Kao Indonesia?

 Tentu saja Kao Indonesia berkomitmen untuk terus berinovasi dan bertransformasi dalam menyediakan layanan dan produk dengan kualitas terbaik untuk Masyarakat Indonesia melalui pendekatan ESG Strategi dalam payung “Kirei Lifestyle Innovation”.

Dari sisi produksi, pertama, langkah strategi kami adalah memastikan keselamatan karyawan “Safety First, Go Anzeni” Kemudian selanjutnya adalah mengenai kualitas produk yang selalu dipertahankan dan dikembangkan melalui berbagai invoasi dan teknologi yang seperti empowering speed activity. 

Dan dari sisi keberlanjutan, inisiatif utama yang kami lakukan adalah energy efficiency dengan pengembangan Solar Panel, REC, dan study Biomethane.  

Lalu tentang rencana sehingga harapannya produk kami dapat diterima dengan baik sesuai harapan pelanggannya.

Bisa diceritakan makna Kirei Lifestyle yang menjadi misi Kao?

Kao secara global memiliki strategi ESG (Environmental, Social dan Governance) yang kami sebut Kirei Lifestyle Plan. Dalam implementasi nya di Indonesia tentu saja kami melakukan beberapa pendekatan lokal yang disesuaikan dengan budaya, norma dan value serta kebutuhan Masyarakat Indonesia. 

Kirei Lifestyle Plan kami wujudkan dalam terobosan inovasi produk dan layanan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup Masyarakat. 

Kirei berarti Indah, cantik, bersih dan peace of mind dalam keseharian di lingkungan yang berkelanjutan. Hal ini lah yang mau kami persembahkan melalui produk-produk kami agar Masyarakat dapat menjalani gaya hidup Kirei.

Apa hobi Anda?

Saya senang membaca buku. Setiap malam sebelum tidur saya selalu melakukan kegiatan membaca bahkan sampai akhirnya tak sadar menyudahinya dengan tertidur.

Saya membaca semua jenis bacaan, tidak hanya novel misteri dan lainnya. Karena dengan kegiatan membaca tersebut saya mendapatkan banyak informasi.

Sudah berapa lama Anda berada di Indonesia?

Saya sudah dua tahun 10 bulan. Namun keluarga saya ada di Jepang. Sebenarnya saya ingin keluarga ada bersama saya di Indonesia tetapi ada hal yang belum memungkinkan. Salah satunya karena anak saya sedang menempuh Pendidikan.

Apa makanan favorit Anda selama di Indonesia?

Sate ayam, saya suka, nasi goreng juga saya suka

Apa filosofi hidup Anda?

Filosofi hidup saya sesuai dengan apa yang menjadi visi dan misi our founder yaitu “good fortune is given only to those who work diligently and behave with integrity” yang dimana itu menjadi bagian dari budaya Perusahaan yaitu The Kao Way. (ada tertulis di dinding kantor kami).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direksi Bank Mandiri saat prosesi penyembelihan hewan kurban

Senin, 17 Juni 2024 - 16:32 WIB

Rayakan Momen Berbagi di Idul Adha 1445 H, Bank Mandiri Salurkan Daging Kurban ke Masyarakat

Merayakan kehangatan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Bank Mandiri bersama Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Mandiri Amal Insani (MAI) kembali membagikan daging kurban secara serentak kepada…

Pelanggan yang menerima hadiah Mobil dari Castrol

Senin, 17 Juni 2024 - 15:19 WIB

Ini Strategi Castrol Kerek Penjualan

Rangkaian program Ganti Sekarang Pakai Oli Castrol atau GASPOL Castrol yang telah berlangsung sejak 3 bulan lalu, telah berakhir.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi (kiri) menyerahkan secara simbolik hewan potong kepada duafa di Jakarta.

Senin, 17 Juni 2024 - 12:21 WIB

Sambut Idul Adha 1445 Hijriah, BSI Salurkan 9.390 Hewan Potong ke Seluruh Indonesia

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mendistribusikan 9.390 hewan potong yang sehat dan aman konsumsi bagi masyarakat duafa di berbagai wilayah Indonesia pada Idul Adha 1445 H.

Hutama Karya Group Salutkan 196 Hewan Kurban Sabut Idul Adha 1445 H

Senin, 17 Juni 2024 - 10:13 WIB

Hutama Karya Group Salutkan 196 Hewan Kurban Sabut Idul Adha 1445 H

Peringati Hari Raya Idul Adha 1445 H (2024), PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) bersama anak perusahaan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yakni HK Peduli Sosial,…

POLYTRON Hadir di PRJ dengan Promo Diskon Sampai Rp3 Juta: Solusi Perangkat Elektronik Modern

Senin, 17 Juni 2024 - 09:22 WIB

POLYTRON Hadir di PRJ dengan Promo Diskon Sampai Rp3 Juta: Solusi Perangkat Elektronik Modern

POLYTRON, salah satu merek elektronik terkemuka di Indonesia, dengan bangga mengumumkan partisipasinya di Pekan Raya Jakarta (PRJ) kali ini sebagai bagian dari upayanya untuk terus memenuhi…