Acer Manufacturing Indonesia Terus Dorong Inovasi dan Fokus Keberlanjutan

Oleh : Wiyanto | Jumat, 26 Januari 2024 - 07:24 WIB

Produksi Laptop Acer
Produksi Laptop Acer

INDUSTRY.co.id-Jakarta – Acer Manufacturing Indonesia (AMI), fasilitas produksi Acer di Indonesia, memperingati 12 tahun berkarya untuk bangsa. Hadir di Indonesia sejak Januari 2012 sebagai wujud komitmen Acer memberikan produk dan layanan terbaik, AMI memiliki rekam jejak perusahaan yang baik dengan pertumbuhan yang signifikan.

AMI tidak hanya memproduksi produk unggulan berstandar global bagi pasar domestik, melainkan juga untuk kebutuhan ekspor.

Acer melalui AMI telah menghadirkan berbagai lini produk teknologi informasi (TI) terlengkap, yang terdiri dari laptop, desktop, all-in-one PC, mini PC, proyektor, server dan monitor. Di masa mendatang, AMI segera menghadirkan lini produk baru yang menunjang kebutuhan smart office dan sektor pendidikan seperti interactive flat panel (IFP).

Leny Ng, Chief Operating Officer, Acer Indonesia mengatakan, “Dalam kurun waktu 12 tahun, kami telah berkomitmen menghadirkan inovasi melalui perangkat teknologi yang dapat diterima dengan baik oleh pelanggan. Melalui fokus terhadap peningkatan kualitas produk yang berkelanjutan, AMI secara konsisten menghadirkan produk buatan dalam negeri dengan standar global yang dapat memenuhi kebutuhan teknologi pasar Tanah Air dan ekspor. AMI adalah persembahan Acer untuk bangsa, yang memaksimalkan dan mengembangkan talenta lokal, menggunakan sumber daya dalam negeri dan konsisten melakukan transfer teknologi strategis.”

Melalui AMI, Acer juga telah mengokohkan posisi sebagai perusahaan global yang memiliki komitmen dalam mendukung industri nasional dengan mendorong Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk memenuhi pasar dalam negeri. Acer mencapai BMP dan TKDN dengan nilai lebih dari 40%, melalui rangkaian produk lengkapnya: Chromebook Acer dengan TKDN tercatat mencapai 41%, laptop Windows yakni Acer TravelMate P414 dengan TKDN mencapai 43,88%, desktop yakni Acer Veriton M dengan kandungan TKDN mencapai 43,50%, serta mini PC dengan kontribusi TKDN pada produk mencapai 41,45%.

Dalam upaya memastikan konsistensi nilai mutu dan standar operasional yang berjalan, AMI telah menerapkan sertifikasi ISO 9001:2015 untuk Kualitas dan Peningkatan Mutu; ISO 14001:2015 untuk Sistem Manajemen Lingkungan; serta ISO 45001:2018 untuk Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Dengan seluruh sertifikasi tersebut, AMI menjamin proses produksi yang berjalan sesuai dengan standar nasional dan internasional.

Capaian tersebut menjadikan Acer sebagai salah satu perusahaan ICT terdepan dalam menghadirkan inovasi yang berkontribusi lebih terhadap riset dan pengembangan produk teknologi informasi (TI) yang terus menghasilkan karya terbaru dan terlengkap dalam evolusi tren teknologi global. Dengan pangsa pasar lebih dari 50% di tingkat nasional, Acer merupakan pemimpin pasar laptop dengan TKDN di kalangan lembaga pemerintahan.

Sementara itu, sebagai tanggung jawab perusahaan terhadap pelestarian lingkungan, Acer juga berperan dalam mengintegrasikan material ramah lingkungan berupa ocean-bound plastic pada sejumlah perangkat laptop yang diproduksi oleh AMI. Melengkapi upaya ini, kemasan seluruh produk yang diproduksi AMI juga telah menggunakan material daur ulang.

AMI dengan aktivitas produksi dan perakitan perangkat teknologi Acer, berhasil mencatatkan tingkat kepuasan tinggi dengan konsistensi standar mutu melalui pembangunan bisnis yang berkelanjutan dan serapan tenaga kerja Indonesia. Hal ini diwujudkan dengan pengembangan potensi anak bangsa melalui pelatihan dan pengembangan yang tepat dan terarah. Dengan menghasilkan tenaga kerja terlatih dan terampil, AMI diharapkan akan memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian Indonesia menuju visi Indonesia Emas 2045.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perpusnas Press luncurkan 15 judul buku di Hari Buku Sedunia 2024.

Sabtu, 27 April 2024 - 21:05 WIB

Perpusnas Press Luncurkan 15 Judul Buku di Hari Buku Sedunia

Penerbit Perpusnas Press meluncurkan 15 judul di acara World Book Rumah Dunia sebagai dukungan terhadap kemajuan dunia perbukuan dan literasi.

Aksi donor darah di BRI Insurance

Sabtu, 27 April 2024 - 19:11 WIB

BRI Insurance Lakukan Aksi Donor Darah Sebagai Bentuk Kemanusiaan dan Kepedulian Sosial

Sebagai wujud kepedulian terhadap sosial lingkungan di momen HUT 35, BRI Insurance menggelar acara donor darah untuk Pekerja sebagai bentuk kegiatan kemanusiaan yang berlangsung di kantor pusat…

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Sabtu, 27 April 2024 - 17:20 WIB

Ini Harapan Pengusaha Kawasan Industri untuk Pemerintahan Prabowo - Gibran

Himpunan Kawasan Industri (HKI) mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terpilih.

Warung madura

Sabtu, 27 April 2024 - 14:15 WIB

KemenKopUKM Tak Pernah Larang Warung Madura Buka 24 Jam

Menanggapi pemberitaan yang beredar di tengah masyarakat terkait dengan jam operasional warung madura, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) tidak pernah melarang warung madura untuk beroperasi…

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Sabtu, 27 April 2024 - 12:52 WIB

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Bagi kamu, Gen Z , tentu sudah tidak asing lagi dengan Jurusan Bisnis digital. Jurusan ini mempelajari tentang cara merancang bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Kenapa Kamu…