Perayaan HUT ke-34, PT Perikanan Indonesia Bagikan 340 Paket Ikan untuk Balita Stunting di Kawasan Penjaringan

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 23 Januari 2024 - 10:08 WIB

Perayaan HUT ke-34, PT Perikanan Indonesia Bagikan 340 Paket Ikan untuk Balita Stunting di Kawasan Penjaringan
Perayaan HUT ke-34, PT Perikanan Indonesia Bagikan 340 Paket Ikan untuk Balita Stunting di Kawasan Penjaringan

INDUSTRY.co.id, Jakarta—PT Perikanan Indonesia, member of ID FOOD, berupaya menekan angka stunting di wilayah operasional perusahaan di Kecataman Penjaringan, Jakarta Utara, tempat perusahaan berlokasi.

Aksi pengurangan angka stunting pada balita ini dilakukan dengan pembagian 340 paket ikan kembung dan 340 paket snack berprotein tinggi yang bersumber dari protein hewani kepada anak-anak terindikasi stunting yang tersebar di 5 kelurahan di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara

Pembagian paket ikan ini digelar pada saat syukuran perayaan Hari Ulang Tahun ke-34 PT Perikanan Indonesia sekaligus perayaan dua tahun merger BUMN Perikanan yakni PT Perikanan Indonesia dan PT Perikanan Nusantara.

PT Perikanan Indonesia mendistribusikan ikan kembung kepada para ibu dan anak stunting yang dilaksanakan di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Muara Indah, Penjaringan

Direktur Utama PT Perikanan Indonesia Sigit Muhartono mengatakan perusahan mengajak warga penjaringan melalui ibu-ibu yang sekarang berkumpul di RPTRA Muara Indah untuk turut mengikuti acara syukuran dengan merasakan ikan hasil produksi PT Perikanan Indonesia.

PT Perikanan Indonesia, bersama-sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) mengelola Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta di Muara Baru, Penjaringan seluas 110 hektare. Adapun 70 hektare merupakan daratan dan 40 hektare adalah luas perairan yang menjadi sentral bisnis perikanan terbesar di Indonesia.

“Dengan potensi perikanan yang sangat besar ini, kami ingin berkontribusi pada penurunan angka stunting melalui konsumsi ikan harian masyarakat,” ungkap Sigit dalam sambutannya di RPTRA Muara Indah, Senin (22/1/2024).

PT Perikanan Indonesia, lanjut dia, terus berupaya untuk ikut serta dalam penanganan stunting, di daerah sekitar wilayah operasional perusahaan, melalui progam Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

TJSL adalah sebuah komitmen BUMN terhadap TPB (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan). Adapun salah satu tujuan dr TPB adalah pencegahan terhadap stunting.

Seperti diketahui, Ikan kembung  merupakan salah satu sumber makanan tinggi protein dan omega 3 yang terjangkau harganya dan mudah didapatkan.

Manfaat protein dan omega 3 yang terdapat dalam ikan kembung membantu pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.  Ikan kembung dapat mencegah masalah gizi pada anak.

“Kami berharap, di ulang tahun kami yang ke-34, mampu berkontribusi mewujudkan target penurunan kasus stunting hingga 14 persen yang dicanangkan pemerintah,” sebutnya.

Pasalnya, saat ini Indonesia masuk dalam negara dengan kasus stunting tinggi mencapai 21,6 persen pada 2023.

“Mari bahu membahu, saling bekerja sama, dengan Pak Camat Penjaringan, Kepala Puskesmas, Para Lurah untuk mengentaskan stunting dan akhirnya mampu merdeka dari stunting,” harap Sigit.

Camat Kecamatan Penjaringan Depika Romadi berujar pihaknya akan terus mendukung program-program dari PT Perikanan Indonesia yang diperuntukkan bagi masyarakat Penjaringan.

Dia berterima kasih kepada PT Perikanan Indonesia sebagai BUMN, menjalankan fungsi dan perannya dalam upaya mengentaskan stunting di kawasan Penjaringan. Adapun data anak gagal tumbuh atau stunting ini tersebar di Kelurahan Penjaringan, Kamal Muara, Kapuk Muara, Pluit dan Pejagalan.

“Kami menargetkan nol kasus stunting di Kecamatan Penjaringan dan sering melaksanakan sosialisasi dan bantuan gizi kepada Masyarakat,” pungkasnya.

Acara pembagian ikan semarak HUT ke-34 PT Perikanan Indonesia dihadiri oleh jajaran komisaris, jajaran direksi, camat, lurah , kapolsek Muara Baru hingga kepala puskesmas Penjaringan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 14 April 2024 - 11:33 WIB

Ketua MPR RI Dukung Panglima TNI Tetapkan Penyebutan OPM dan Tegaskan Keselamatan Bangsa di Atas Segalanya

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung langkah Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menetapkan penyebutan kelompok bersenjata yang menuntut Papua merdeka…

Donny Alamsyah Surprise Disambangi Tim LAKONE di Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta

Minggu, 14 April 2024 - 09:36 WIB

Donny Alamsyah Surprise Disambangi Tim LAKONE di Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta

Laporan Aktor Aktris On Location Atau LAKONE yang dipandu wartawan kawakan Sutrisno Buyil terus Melaju dengan mewawancarai bintang beken yang saat ini sibuk berkarier di industri hiburan. Pada…

Sambut Idul Fitri, MR.DIY Bagikan Inspirasi Pengalaman Mudik Nyaman dan Sehat #LebaranJadiMudah

Minggu, 14 April 2024 - 09:23 WIB

Sambut Idul Fitri, MR.DIY Bagikan Inspirasi Pengalaman Mudik Nyaman dan Sehat #LebaranJadiMudah

Setelah berpuasa 30 hari, saatnya merayakan kemenangan di Hari Raya Idul Fitri. Lebaran memang selalu menjadi momen yang dinantikan oleh umat muslim dan saat tepat untuk berkumpul bersama keluarga.…

Jalan Pansela Jawa Sebagai Jalur Wisata dan Alternatif Mudik Lebaran 2024

Minggu, 14 April 2024 - 06:54 WIB

Jalan Pansela Jawa Sebagai Jalur Wisata dan Alternatif Mudik Lebaran 2024

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pembangunan Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa yang ditargetkan tersambung dari Banten hingga Jawa Timur (Jatim). Jalan…

Babinsa Koramil 1710-05/Jila Bersama Satgas Yonif 116 Laksanakan Pendampingan Pelayanan Kesehatan

Minggu, 14 April 2024 - 06:42 WIB

Babinsa Koramil 1710-05/Jila Bersama Satgas Yonif 116 Laksanakan Pendampingan Pelayanan Kesehatan

Para Bintara pembina desa dari jajaran Kodim 1710/Mimika di tingkat Koramil kian intens melakukan komunikasi sosial dengan masyarakat di wilayah tugasnya. Seperti yang dilakukan oleh Babinsa…