Pusat Bahan Bangunan Pertama di Indonesia, ICBMC Akan Dibuka di WTC Mangga Dua Jakarta

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 02 Desember 2023 - 10:13 WIB

Press conference ICBMC
Press conference ICBMC

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) berupaya merangkul pengusaha lokal serta menjalin kerjasama dengan pengusaha dari china guna membuka Pusat Penjualan Bahan Bangunan Pertama di Indonesia yang merupakan pasar offline sekaligus online bernama Indonesia China Building Material Center (ICBMC) yang bertempat di lantai 1 pusat belanja WTC Mangga Dua Jakarta. 

ICBMC diadakan sebagai awal dari membangun suatu ekosistem perdagangan bahan bangunan yang bisa menggabungkan keberadaan penyedia produk  di satu atap. Selain itu ICBMC juga akan membantu untuk mendistribusikan melalui sistem logistik yang terintegrasi baik melalui offline maupun online. Hal ini bertujuan agar tercipta synergy antar sesama pemain bahan bangunan sehingga bisa sampai ke lokasi pembeli dengan harga yang terjangkau.

"Kami ciptakan juga aplikasi Mitra 1000 saudara yaitu system penjualan online untuk memfasilitasi penjualan bagi bisnis B2B maupun B2C  agar baik penjual maupun pembeli  sama-sama dapat manfaat dan kemudahan dalam bertransaksi," kata Teddy Sugianto, Ketua Umum INTI di Jakarta, Jumat (1/12/2023). 

Adapun beberapa fakta yang melatar belakangi dinukanya ICBMC, menurut Teddy, pertama adalah perkembangan teknologi saat ini yang menawarkan berbagai kemudahan diantaranya yaitu dapat mengabaikan jarak, memangkas dan mempercepat waktu dalam bertransaksi.

"Yang mana dua hal tersebut sangat bermanfaat jika diterapkan dalam bisnis tidak terkecuali dalam bidang perdagangan building material," kata Teddy. 

Kedua, kata Teddy, pertumbuhan perekonomian Indonesia yang tetap tinggi ditengah perlambatan ekonomi global. "Dan Indonesia memiliki prospek pembangunan yang besar, selain dari IKN juga target untuk pembangunan 1 juta rumah per tahun," ujarnya. 

Semua itu, menurit Teddy, membutuhkan bahan bangunan yang bermutu dengan harga yang bersaing. "Hal yang penting bukan saja soal harga produk tetapi juga logistik gudang dan angkutan yang efisien dan jangkauan ketersediaan produk yang baik ke seluruh Indonesia," urainya. 

Sementara itu, Richard Sugianto, Presiden Direktur GRC Board Group mengatakan, akan ada banyak pengusaha-pengusaha bahan bangunan yang berkumpul bersama-sama di satu area di ICBMC. Richard menjelaskan, selama para pelaku usaha tersebut menyewa tempat maka mereka dapat memperlihatkan produk-produk bahan bangunannya kepada para konsumen atau para kontraktor yang membutuhkan bahan bangunan. 

"Nanti kami dari perusahaan lokalnya mitra 1000 saudara yang membantu untuk memasarkan menjual mengirim untuk menyebarkan produk itu ke seluruh wilayah di Indonesia, " jelas Richard. 

WTC sendiri sebelumnya dikenal sebagai bursa mobil. Richard mengatakan masyarakat saat ini belum mengenal WTC itu sebagai ICBMC yaitu Indonesia China building Material Center. "Ini center yang harus kita kembangkan, ada building material dari perusahaan dari China juga banyak yang diundang untuk ikut menunjukkan barangnya. Kalau perusahaan Indonesia tentu lebih mudah karena stoknya sudah ada di sini, kalau perusahaan dari yang impor mereka biasanya kasih lihat barang tapi tetap harus ada barang di lokal," ungkapnya. 

"Perusahaan-perusahaan lokal Indonesia yang sudah memiliki kantor gudang pabrik di sini pasti akan lebih mudah untuk bisa dipasarkan," imbuh Richard. 

Grand opening ICBMC rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 12-14 Januari 2024 di Lantai 1 WTC Mangga dua yang akan menjadi destinasi pusat belanja bahan bangunan yang smart dengan pengalaman belanja yang baru. Beragam bahan bangunan akan tersedia ditempat tersebut baik dari dalam maupun luar negeri. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi FMCG E-commerce

Jumat, 01 Maret 2024 - 16:46 WIB

Jelang Ramadhan, Jumlah Produk Terjual F&B di E-commerce Meningkat Hingga 75 Persen

Beberapa hari jelang menyambut Ramadhan, Compas.co.id selaku E-commerce Market Insight for FMCG Brands secara seksama memonitoring keadaan e-commerce di Indonesia, khususnya untuk sektor Fast…

Panglima TNI Dampingi Presiden RI Kunjungan Kerja Ke IKN

Jumat, 01 Maret 2024 - 16:24 WIB

Panglima TNI Dampingi Presiden RI Kunjungan Kerja Ke IKN

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mendampingi Presiden RI Ir. H. Joko Widodo melaksanakan peresmian Pabrik Amonium Nitrat di Bontang, peletakan batu pertama/groundbreaking kantor Bank…

Irfan Setiaputra Dirut Garuda Indonesia

Jumat, 01 Maret 2024 - 15:04 WIB

Optimalkan Momentum Kebangkitan Pariwisara, Maskapai Penerbangan Pemerintah Tingkatkan Frekuensi Penerbangan

Selain meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara melalui penambahan frekuensi penerbangan rute internasional mulai akhir Maret 2024, Garuda Indonesia juga secara bertahap menambah frekuensi…

HR Talks: Memperkenalkan Revolusi Bisnis Melalui HR-Tech Bersama Jobseeker Company

Jumat, 01 Maret 2024 - 14:29 WIB

HR Talks: Memperkenalkan Revolusi Bisnis Melalui HR-Tech Bersama Jobseeker Company

Jakarta, DKI Jakarta - 24 Februari 2024 - Jobseeker Company dengan bangga mengadakan "HR Talk: Leveraging HR-Tech to Scale-Up Your Business," acara komunitas yang akan berlangsung pada 29 Februari…

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (dok. Kemenko Perekonomian)

Jumat, 01 Maret 2024 - 13:56 WIB

Hadiri Simulasi Program Makan Siang, Menko Airlangga Berharap Gizi Anak-Anak Terpenuhi

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memenuhi undangan Pemerintah Kabupaten Tangerang yang mengadakan simulasi program makan siang bernama Anak Sehat dan Sejahtera (Aksara)…