Pusat Bahan Bangunan Pertama di Indonesia, ICBMC Akan Dibuka di WTC Mangga Dua Jakarta

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 02 Desember 2023 - 10:13 WIB

Press conference ICBMC
Press conference ICBMC

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) berupaya merangkul pengusaha lokal serta menjalin kerjasama dengan pengusaha dari china guna membuka Pusat Penjualan Bahan Bangunan Pertama di Indonesia yang merupakan pasar offline sekaligus online bernama Indonesia China Building Material Center (ICBMC) yang bertempat di lantai 1 pusat belanja WTC Mangga Dua Jakarta. 

ICBMC diadakan sebagai awal dari membangun suatu ekosistem perdagangan bahan bangunan yang bisa menggabungkan keberadaan penyedia produk  di satu atap. Selain itu ICBMC juga akan membantu untuk mendistribusikan melalui sistem logistik yang terintegrasi baik melalui offline maupun online. Hal ini bertujuan agar tercipta synergy antar sesama pemain bahan bangunan sehingga bisa sampai ke lokasi pembeli dengan harga yang terjangkau.

"Kami ciptakan juga aplikasi Mitra 1000 saudara yaitu system penjualan online untuk memfasilitasi penjualan bagi bisnis B2B maupun B2C  agar baik penjual maupun pembeli  sama-sama dapat manfaat dan kemudahan dalam bertransaksi," kata Teddy Sugianto, Ketua Umum INTI di Jakarta, Jumat (1/12/2023). 

Adapun beberapa fakta yang melatar belakangi dinukanya ICBMC, menurut Teddy, pertama adalah perkembangan teknologi saat ini yang menawarkan berbagai kemudahan diantaranya yaitu dapat mengabaikan jarak, memangkas dan mempercepat waktu dalam bertransaksi.

"Yang mana dua hal tersebut sangat bermanfaat jika diterapkan dalam bisnis tidak terkecuali dalam bidang perdagangan building material," kata Teddy. 

Kedua, kata Teddy, pertumbuhan perekonomian Indonesia yang tetap tinggi ditengah perlambatan ekonomi global. "Dan Indonesia memiliki prospek pembangunan yang besar, selain dari IKN juga target untuk pembangunan 1 juta rumah per tahun," ujarnya. 

Semua itu, menurit Teddy, membutuhkan bahan bangunan yang bermutu dengan harga yang bersaing. "Hal yang penting bukan saja soal harga produk tetapi juga logistik gudang dan angkutan yang efisien dan jangkauan ketersediaan produk yang baik ke seluruh Indonesia," urainya. 

Sementara itu, Richard Sugianto, Presiden Direktur GRC Board Group mengatakan, akan ada banyak pengusaha-pengusaha bahan bangunan yang berkumpul bersama-sama di satu area di ICBMC. Richard menjelaskan, selama para pelaku usaha tersebut menyewa tempat maka mereka dapat memperlihatkan produk-produk bahan bangunannya kepada para konsumen atau para kontraktor yang membutuhkan bahan bangunan. 

"Nanti kami dari perusahaan lokalnya mitra 1000 saudara yang membantu untuk memasarkan menjual mengirim untuk menyebarkan produk itu ke seluruh wilayah di Indonesia, " jelas Richard. 

WTC sendiri sebelumnya dikenal sebagai bursa mobil. Richard mengatakan masyarakat saat ini belum mengenal WTC itu sebagai ICBMC yaitu Indonesia China building Material Center. "Ini center yang harus kita kembangkan, ada building material dari perusahaan dari China juga banyak yang diundang untuk ikut menunjukkan barangnya. Kalau perusahaan Indonesia tentu lebih mudah karena stoknya sudah ada di sini, kalau perusahaan dari yang impor mereka biasanya kasih lihat barang tapi tetap harus ada barang di lokal," ungkapnya. 

"Perusahaan-perusahaan lokal Indonesia yang sudah memiliki kantor gudang pabrik di sini pasti akan lebih mudah untuk bisa dipasarkan," imbuh Richard. 

Grand opening ICBMC rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 12-14 Januari 2024 di Lantai 1 WTC Mangga dua yang akan menjadi destinasi pusat belanja bahan bangunan yang smart dengan pengalaman belanja yang baru. Beragam bahan bangunan akan tersedia ditempat tersebut baik dari dalam maupun luar negeri. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Launching Mandiri Lippo Malls Card

Sabtu, 27 Juli 2024 - 08:18 WIB

Penuhi Kebutuhan Lifestyle, Bank Mandiri Luncurkan Mandiri Lippo Malls Card dan Solusi Valuta Asing

Bank Mandiri bersama Lippo Malls, anak perusahaan Lippo Group memperkuat kolaborasi dengan meluncurkan kartu kredit co-branding Mandiri Lippo Malls Card. Lewat inovasi ini, diharapkan dapat…

PRESS RELEASE KONFERENSI PERS PAMERAN INDOBEAUTY EXPO 2024

Sabtu, 27 Juli 2024 - 07:12 WIB

Siap-Siap, Bakal Banyak Kejutan di Pameran INDOBEAUTY EXPO 2024

Jakarta-Industri kosmetik Indonesia kian menjanjikan dan diproyeksi akan terus berkembang pesat sejalan dengan masifnya perkembangan e-commerce di Indonesia. Merujuk data yang dilansir Badan…

Siloam Hospitals Mampang Memperkenalkan Perawatan Komperhensif Tulang Belakang

Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:43 WIB

Siloam Hospitals Mampang Memperkenalkan Perawatan Komperhensif Tulang Belakang

Jakarta – Perkembangan yang menggembirakan bagi pasien yang menderita penyakit terkait tulang belakang, Siloam Hospitals Mampang dengan bangga mengumumkan pengenalan teknik bedah tulang belakang…

Berbagai Pertunjukan Artis Menambah Kemeriahan Akhir Pekan Pameran GIIAS 2024

Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:35 WIB

Berbagai Pertunjukan Artis Menambah Kemeriahan Akhir Pekan Pameran GIIAS 2024

Tangerang– Para peserta GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 tidak hanya menawarkan beragam inovasi dan teknologi terbaru dalam dunia otomotif, tetapi juga menyuguhkan hiburan…

Perluasan Produk Perbankan Syariah Bank DKI di Dunia Pendidikan, Bank DKI Tandatangani Nota Kesepahaman Bersama Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta

Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:18 WIB

Perluasan Produk Perbankan Syariah Bank DKI di Dunia Pendidikan, Bank DKI Tandatangani Nota Kesepahaman Bersama Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta

Jakarta – Dalam rangka memperluas penggunaan produk perbankan syariah Bank DKI, khususnya di dunia pendidikan, Bank DKI bersama Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta sepakat menjalin kerja…