Simak! Ini Upaya MIND ID PT Antam Redam Laju Pemanasan Global

Oleh : M. Amru | Minggu, 26 November 2023 - 08:06 WIB

BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia
BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia

INDUSTRY.co.id - Mining Industry Indonesia atau MIND ID, BUMN Holding Industri Pertambangan berkomitmen ikut berperan dalam menjaga lingkungan. Hal ini dilakukan sebagai wujud dukungan terhadap keberlangsungan generasi masa depan.

Sekretaris Perusahaan BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, Heri Yusuf mengatakan lingkungan menjadi salah satu fokus strategis MIND ID dalam menjalankan bisnis operasi pertambangan. Dengan begitu, berbagai upaya telah dilakukan untuk mempertahankan kelestarian lingkungan.

“MIND ID selalu memprioritaskan dan mengikuti peraturan hukum maupun kaidah pertambangan untuk meminimalisir risiko kerusakan lingkungan. Bagi Kami, tindakan mencegah di awal lebih baik dilakukan untuk menjaga kepercayaan masyarakat,” kata Heri.

Heri menyebutkan salah satu unit bisnis yang memberi perhatian pada perbaikan lingkungan adalah PT Antam Tbk UBPP Logam Mulia.  Kebijakan untuk mengurangi dan sekaligus memanfaatkan Limbah Non B3 sebesar 70% dari limbah yang dihasilkan per tahun pun telah ditetapkan. Kebijakan ini selaras dengan upaya untuk mendukung tercapainya Sustainable Development Goals (SDG’s).

“ANTAM UBPP Logam Mulia menyadari bahwa proses pengolahan dan pemurnian logam mulia memiliki risiko terhadap orang-orang yang bekerja di perusahaan, masyarakat sekitar perusahaan, lingkungan sekitar perusahaan serta kualitas produk yang dihasilkan, “ tuturnya.

Heri melanjutkan, UBPP Logam Mulia memiliki perhatian pada penurunan Gas Rumah Kaca (GTK) di Jakarta guna menekan laju pemanasan global. Salah satu upaya yang telah dilakukan adalah dengan menyediakan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

RTH merupakan fasilitas yang memiliki beragam manfaat, mulai dari ekologis yang bisa dijadikan kawasan lindung perkotaan yang dapat menghasilkan oksigen dan mengurangi polusi udara. Manfaat berikutnya adalah sosial budaya, keberadaan RTH bisa mewadahi masyarakat yang ingin berinteraksi sebagai objek rekreasi dan sarana belajar.

Manfaat lain RTH adalah meningkatkan perekonomian masyarakat lewat beragam kegiatan ekonomi, dan terakhir adalah fungsi estetika yang bisa menciptakan suasana nyaman dan harmonis serta memperindah lingkungan.

“ANTAM UBPP Logam Mulia memberikan dukungan dalam penataan kawasan berbasis kewilayahan dengan konsep hijau melalui pengembangan urban farming dan peningkatan infrastruktur publik. Pemerintah telah berusaha untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, dan untuk mencapai tujuan tersebut, lingkungan yang sehat dan baik sangat penting,” ujar Heri.

Menurut Heri, salah satu indikator kemajuan suatu masyarakat adalah ketersediaan RTH. Oleh karena itu, pengadaan RTH di lingkungan masyarakat harus dilakukan secara terpadu.

“Pengelolaan RTH juga melibatkan berbagai aspek, termasuk perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan pengawasan terhadap keberadaan RTH,” paparnya.
Heri menjelaskan, Antam UBPP Logam Mulia tidak hanya berperan dalam penyediaan RTH, tetapi juga aktif dalam pengelolaan sampah, yang merupakan masalah yang signifikan di DKI Jakarta.

Setelah berhasil mengembangkan pengelolaan sampah anorganik melalui Bank Sampah Pok Lisa di Kelurahan Jatinegara Kaum, Antam UBPP Logam Mulia mulai memperhatikan pengelolaan sampah organik.

Sampah organik sebenarnya memiliki nilai yang berharga jika dikelola dengan baik. Berdasarkan hasil kajian inovasi sosial Antam UBPP Logam Mulia Tahun 2022, Kelurahan Jatinegara Kaum, rata-rata setiap rumah tangga menghasilkan sekitar 300 kg/ jiwa sampah organik dalam setahun.

Dengan jumlah penduduk sekitar 31.248 jiwa, perkiraan sampah organik yang dihasilkan mencapai 9.374 ton per tahun. Oleh karena itu, pengelolaan sampah organik juga sangat penting seperti halnya pengelolaan sampah anorganik.

Antam UBPP Logam Mulia berkomitmen untuk mengelola sampah organik dengan baik, karena melalui pengelolaan yang tepat, sampah organik dapat memiliki nilai dan manfaat yang signifikan. Upaya ini juga sejalan dengan tujuan pengurangan timbulan sampah dan pemulihan lingkungan yang lebih baik.

Dalam hal ini, ANTAM UBPP Logam Mulia bekerja sama dengan masyarakat dalam mengadopsi praktik-praktik pengelolaan sampah organik yang efektif dan berkelanjutan, termasuk dalam pembuatan kompos dan pemanfaatan produk-produk dari sampah organik. Dengan demikian, pengelolaan sampah organik menjadi bagian integral dari upaya untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan.

“Kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah sejak dini sangatlah penting. Tagline “sampahmu tanggung jawabmu” memiliki dasar yang kuat, karena setiap individu bertanggung jawab atas sampah yang mereka hasilkan.

Tujuannya adalah agar setiap manusia menyadari bahwa kita memiliki tanggung jawab pribadi terhadap sampah yang kita hasilkan, agar tidak berdampak negatif pada lingkungan dan planet ini,” kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Cashew Milk produk lokal

Senin, 06 Mei 2024 - 14:33 WIB

Kebaikan Rasa Bumi Indonesia dari Arummi Cashew Milk

Arummi merupakan brand pionir produk susu plant-based lokal berbahan dasar kacang mede atau cashew. Arummi Cashew Milk menghadirkan kebaikan rasa bumi Indonesia dari bahan kacang mede berkualitas,…

Praktisi hukum Dr.Siprianus Edi Hardum, S.IP, S.H.,M.H.

Senin, 06 Mei 2024 - 14:15 WIB

Polisi Didesak Tangkap Provokator Penyerangan terhadap Mahasiswa yang Sedang Berdoa di Serpong

Jakarta – Kapolda Metro Jaya didesak perintahkan anak buahnya agar segera menangkap provokator dan pelaku penyerangan terhadap para mahasiswa Katolik yang sedang menjalankan doa Rosario di…

Press Conference Indonesia Upstream Oil & Gas SCM Summit 2024

Senin, 06 Mei 2024 - 13:53 WIB

Perkuat Manajemen Rantai Pasok, SKK Migas Gelar Indonesia Upstream Oil & Gas SCM Summit 2024

Dalam rangka mencapai visi produksi 1 juta barel minyak per hari dan 12 miliar standar kaki kubik gas per hari pada tahun 2030, SKK Migas kembali menggelar Indonesia Upstream Oil & Gas SCM Summit…

Vira Widiyasari Bergabung sebagai Country Manager Visa Indonesia

Senin, 06 Mei 2024 - 13:34 WIB

Vira Widiyasari Bergabung sebagai Country Manager Visa Indonesia

Visa, pemain utama di dunia dalam pembayaran digital, mengumumkan bahwa Vira Widiyasari telah ditunjuk sebagai Country Manager, efektif per tanggal 6 Mei 2024, menggantikan Riko Abdurrahman…

Dok. bibit

Senin, 06 Mei 2024 - 13:25 WIB

Lampaui 10 Juta Download di Google Play, Bibit.id: Kami Akan Terus Berinovasi

Aplikasi investasi digital terdepan di Indonesia, Bibit.id, kian mengukuhkan posisinya sebagai aplikasi favorit para investor ritel Tanah Air. Per hari ini, aplikasi Bibit.id telah diunduh lebih…