Simak! Ini Upaya MIND ID PT Antam Redam Laju Pemanasan Global

Oleh : M. Amru | Minggu, 26 November 2023 - 08:06 WIB

BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia
BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia

INDUSTRY.co.id - Mining Industry Indonesia atau MIND ID, BUMN Holding Industri Pertambangan berkomitmen ikut berperan dalam menjaga lingkungan. Hal ini dilakukan sebagai wujud dukungan terhadap keberlangsungan generasi masa depan.

Sekretaris Perusahaan BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, Heri Yusuf mengatakan lingkungan menjadi salah satu fokus strategis MIND ID dalam menjalankan bisnis operasi pertambangan. Dengan begitu, berbagai upaya telah dilakukan untuk mempertahankan kelestarian lingkungan.

“MIND ID selalu memprioritaskan dan mengikuti peraturan hukum maupun kaidah pertambangan untuk meminimalisir risiko kerusakan lingkungan. Bagi Kami, tindakan mencegah di awal lebih baik dilakukan untuk menjaga kepercayaan masyarakat,” kata Heri.

Heri menyebutkan salah satu unit bisnis yang memberi perhatian pada perbaikan lingkungan adalah PT Antam Tbk UBPP Logam Mulia.  Kebijakan untuk mengurangi dan sekaligus memanfaatkan Limbah Non B3 sebesar 70% dari limbah yang dihasilkan per tahun pun telah ditetapkan. Kebijakan ini selaras dengan upaya untuk mendukung tercapainya Sustainable Development Goals (SDG’s).

“ANTAM UBPP Logam Mulia menyadari bahwa proses pengolahan dan pemurnian logam mulia memiliki risiko terhadap orang-orang yang bekerja di perusahaan, masyarakat sekitar perusahaan, lingkungan sekitar perusahaan serta kualitas produk yang dihasilkan, “ tuturnya.

Heri melanjutkan, UBPP Logam Mulia memiliki perhatian pada penurunan Gas Rumah Kaca (GTK) di Jakarta guna menekan laju pemanasan global. Salah satu upaya yang telah dilakukan adalah dengan menyediakan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

RTH merupakan fasilitas yang memiliki beragam manfaat, mulai dari ekologis yang bisa dijadikan kawasan lindung perkotaan yang dapat menghasilkan oksigen dan mengurangi polusi udara. Manfaat berikutnya adalah sosial budaya, keberadaan RTH bisa mewadahi masyarakat yang ingin berinteraksi sebagai objek rekreasi dan sarana belajar.

Manfaat lain RTH adalah meningkatkan perekonomian masyarakat lewat beragam kegiatan ekonomi, dan terakhir adalah fungsi estetika yang bisa menciptakan suasana nyaman dan harmonis serta memperindah lingkungan.

“ANTAM UBPP Logam Mulia memberikan dukungan dalam penataan kawasan berbasis kewilayahan dengan konsep hijau melalui pengembangan urban farming dan peningkatan infrastruktur publik. Pemerintah telah berusaha untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, dan untuk mencapai tujuan tersebut, lingkungan yang sehat dan baik sangat penting,” ujar Heri.

Menurut Heri, salah satu indikator kemajuan suatu masyarakat adalah ketersediaan RTH. Oleh karena itu, pengadaan RTH di lingkungan masyarakat harus dilakukan secara terpadu.

“Pengelolaan RTH juga melibatkan berbagai aspek, termasuk perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan pengawasan terhadap keberadaan RTH,” paparnya.
Heri menjelaskan, Antam UBPP Logam Mulia tidak hanya berperan dalam penyediaan RTH, tetapi juga aktif dalam pengelolaan sampah, yang merupakan masalah yang signifikan di DKI Jakarta.

Setelah berhasil mengembangkan pengelolaan sampah anorganik melalui Bank Sampah Pok Lisa di Kelurahan Jatinegara Kaum, Antam UBPP Logam Mulia mulai memperhatikan pengelolaan sampah organik.

Sampah organik sebenarnya memiliki nilai yang berharga jika dikelola dengan baik. Berdasarkan hasil kajian inovasi sosial Antam UBPP Logam Mulia Tahun 2022, Kelurahan Jatinegara Kaum, rata-rata setiap rumah tangga menghasilkan sekitar 300 kg/ jiwa sampah organik dalam setahun.

Dengan jumlah penduduk sekitar 31.248 jiwa, perkiraan sampah organik yang dihasilkan mencapai 9.374 ton per tahun. Oleh karena itu, pengelolaan sampah organik juga sangat penting seperti halnya pengelolaan sampah anorganik.

Antam UBPP Logam Mulia berkomitmen untuk mengelola sampah organik dengan baik, karena melalui pengelolaan yang tepat, sampah organik dapat memiliki nilai dan manfaat yang signifikan. Upaya ini juga sejalan dengan tujuan pengurangan timbulan sampah dan pemulihan lingkungan yang lebih baik.

Dalam hal ini, ANTAM UBPP Logam Mulia bekerja sama dengan masyarakat dalam mengadopsi praktik-praktik pengelolaan sampah organik yang efektif dan berkelanjutan, termasuk dalam pembuatan kompos dan pemanfaatan produk-produk dari sampah organik. Dengan demikian, pengelolaan sampah organik menjadi bagian integral dari upaya untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan.

“Kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah sejak dini sangatlah penting. Tagline “sampahmu tanggung jawabmu” memiliki dasar yang kuat, karena setiap individu bertanggung jawab atas sampah yang mereka hasilkan.

Tujuannya adalah agar setiap manusia menyadari bahwa kita memiliki tanggung jawab pribadi terhadap sampah yang kita hasilkan, agar tidak berdampak negatif pada lingkungan dan planet ini,” kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Garuda indonesia

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:26 WIB

Maskapai GIA Group Menang Ditingkat Banding Atas Gugatan Greyflag Entities

Langkah perbaikan kinerja usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk melalui payung hukum restrukturisasi terus diperkuat pasca Pengadilan Tingkat Banding Paris menolak permohonan banding yang…

Ilustrasi Bitcoin

Kamis, 29 Februari 2024 - 10:20 WIB

Harga Bitcoin Mencapai $64.000 untuk Pertama Kalinya Sejak November 2021

Harga bitcoin (BTC) mencapai $64.000 pada hari Rabu (28/2/2024), untukĀ  pertama kalinya BTC berada level tersebut sejak puncak pasar bullish terakhir pada November 2021.

Penandatanganan kerja sama PT Pertamina Lubricants dengan PT Patra Logistik (PTPL) dan PT Elnusa Petrofin (EPN)

Kamis, 29 Februari 2024 - 10:15 WIB

PTPL Perkuat Sinergi ONE PERTAMINA Lewat Pengelolaan Gudang Pelumas di Sumbagut & Sulampua

PT Pertamina Lubricants (PTPL) memperkuat sinergi ONE PERTAMINA melalui kerja sama dengan PT Patra Logistik (PTPL) dan PT Elnusa Petrofin (EPN) dalam pengelolaan gudang pelumas di wilayah Sumatera…

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar, bertransaksi di merchant Erajaya

Kamis, 29 Februari 2024 - 09:53 WIB

Bank Mandiri Tawarkan Benefit Eksklusif di Erajaya Digital Complex PIK

Bank Mandiri terus berupaya mengakselerasi laju pertumbuhan ekonomi nasional melalui insentif yang dapat mengerek konsumsi rumah tangga. Terbaru, bank berlogo pita emas ini menggelar program…

Aplikasi Ruang Ngaji dari J99 Corp.

Kamis, 29 Februari 2024 - 09:38 WIB

Aplikasi Ruang Ngaji Dari J99 Corp Ajak Masyarakat Optimalkan Kualitas Ibadah Ramadan

Melalui fitur-fitur unggulannya, aplikasi Ruang Ngaji Dari J99 Corp siap menemani masyarakat dalam menjalankan ibadah dan amalan sepanjang bulan Ramadan nanti.