Di IFBC EXPO 2023, Dirut Jababeka Morotai Tawarkan Peluang Bisnis Bagi Hasil Tanpa Bayar Sewa Bagi Investor

Oleh : Hariyanto | Jumat, 03 November 2023 - 19:11 WIB

Direktur Utama PT Jababeka Morotai Basuri Tjahaja Purnama (kaman) saat sesi presentasi di IFBC EXPO 2023
Direktur Utama PT Jababeka Morotai Basuri Tjahaja Purnama (kaman) saat sesi presentasi di IFBC EXPO 2023

INDUSTRY.co.id - Tangerang - Direktur Utama PT Jababeka Morotai Basuri Tjahaja Purnama mengemukakan sederet peluang yang menguntungkan bagi para investor apabila menanamkan modal di sektor pariwisata, khususnya di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai.

Menurut Basuri, investasi di kawasan berjuluk New Bali tersebut merupakan peluang seksi yang minim resiko dengan potensi cuan lebih besar.  

"Jadi kalau bisnis ditempat yang ramai maka persainganya sangat luar biasa. Untuk itu kita siapkan Morotai yang akan menjadi peluang bisnis di Bali baru. Inilah seksinya bisnis kalau kita bisa melihat peluang tapi meminimalkan resiko. Ini yang harus diperhitungkan oleh para pelaku bisnis," kata Basuri dalam acara National Roadshow Info Franchise & Business Concept (IFBC) Expo 2023 yang dilaksanakan di ICE BSD Tangerang, Jumat (3/11/2023). 

Morotai saat ini, lanjut Basuri sudah resmi menjadi kawasan ekonomi khusus yang diresmikan dan ditandatangani langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tahun 2017.

Dimana dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana dan rombongan juga sempat menginap di kawasan tersebut. 

"Dengan status kawasan ekonomi khusus tersebut, Morotai tentunya akan lebih seksi lagi dalam menarik investasi termasuk menarik wisatawan baik lokal maupun asing untuk datang berkunjung," ujar Basuri.

Sejatinya, KEK Morotai yang dikelola oleh anak usaha dari PT Jababeka Tbk. (KiJA), pengembang kawasan industri terkemuka di Asia Tenggara ini memang memiliki daya tarik tersendiri, selain dikenal luas menjadi lokasi peninggalan sejarah perang dunia kedua, Morotai juga menawarkan sejuta keindahan, mulai dari pantainya yang bersih alami dengan hamparan pasir yang berwarna putih.

Piihaknya, demikian kata Basuri, akan selalu berkomitmen menciptakan suatu kawasan yang dimana ekosisten dan bisnisnya bisa bergerak terus.  

"Kami selalu ingin menciptakan sesuatu yang berkelanjutan. Jadi kalau bapak ibu mau bisnis dan menikmati hidup, maka Morotai menjadi tempat yang wajib untuk dipertimbangkan. Karena beragam fasilitas sudah tersedia, hotel sudah ada, kita sedang siapkan juga pesawat dari bali ke Morotai, 2 jam 15 menit. Nah dari morotai ini kita ingin nanti bisa ke luar negeri, ini sudah kita rencanakan bagaimana traffic nya. Jadi investasi di Morotai ini adalah peluang yang luar biasa," paparnya. 

Ditambahkan Basuri, nantinya para pelaku usaha yang berivestasi di Mototai bakal dimanjakan dengan beberapa insentif dan kemudahan, salah satunya adalah sistem bagi hasil. 

"Kita siapkan semua, jadi para pelaku usaha yang tertarik dengan bisnis baru di Morotai tidak perlu bayar sewa. Kami akan berikan tempat lalu kita bagi hasil. Kami juga mau pelaku usaha menikmati keuntungan dari kawasan yang kami ciptakan. Disinilah sebenarnya kuncinya, dimana kota baru bisa berkembang menjadi pusat keramaian dan juga menjadi pusat ekonomi," ungkapnya. 

"Memang tugas kami adalah menyiapkan ekosistem sehingga para pengusaha akan nyaman berusaha di sini, itulah mengapa Morotai menjadi tempat yang seksi untuk berinvestasi, dan para pengusaha akan lebih nyaman berbisnis disini karena semua kondisi sudah kita ciptakan," pungkas Basuri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Umum INKOWAPI, Sharmila Yahya

Minggu, 28 April 2024 - 20:03 WIB

INKOWAPI Siap Dukung Percepatan Pelaksanaan Program Makan Siang & Susu Gratis

Induk Koperasi Pengusaha Wanita Indonesia (INKOWAPI) mendukung percepatan pelaksanaan program makan siang dan susu gratis yang digagas Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024-2029.

Baliho Dico Ganinduto

Minggu, 28 April 2024 - 18:54 WIB

Viral Baliho Dico Ganinduto Gubernur Jateng, Ini Kata Pakar

Sejumlah wilayah di Jawa Tengah 'dibanjiri' baliho hingga billboard yang menampilkan foto Bupati Kendal Dico Ganinduto. Hal tersebut membuat menarik perhatian seluruh masyarakat Jateng hingga…

Dukungan Lingkungan Penting bagi Produksi Gula, PT PG Rajawali II Gencarkan Kemitraan Tebu dan Salurkan Bantuan Fasilitas Umum bagi Desa Penyangga

Minggu, 28 April 2024 - 16:16 WIB

Dukungan Lingkungan Penting bagi Produksi Gula, PG Rajawali II Gencarkan Kemitraan Tebu dan Salurkan Bantuan Fasilitas Umum bagi Desa Penyangga

Indramayu – Upaya mendorong produktivitas gula perlu mendapat dukungan kolektif berbagai pihak, salah satunya dari masyarakat desa penyangga di sekitar perkebunan tebu dan pabrik gula. Pemberdayaan…

Pelita Air

Minggu, 28 April 2024 - 15:28 WIB

Pelita Air Tambah Rute Baru Penerbangan Langsung Jakarta-Kendari-Jakarta

Pelita Air (kode penerbangan IP), membuka rute penerbangan baru Jakarta-Kendari-Jakarta (langsung) dengan melakukan penerbangan perdana dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Jakarta (CGK) ke…

Pegadaian Berangkatkan Peserta Program Umrah Akbar

Minggu, 28 April 2024 - 14:54 WIB

Pegadaian Berangkatkan Peserta Program Umrah Akbar

PT Pegadaian memberangkatkan peserta program Umrah Akbar dari beberapa wilayah di Indonesia pada 22, 23 dan 24 April 2024. Khusus untuk Jakarta, para peserta berangkat melalui Bandara Soekarno…