Tak Hanya Labuan Bajo, KEK Morotai juga Miliki Panorama Pantai yang Menakjubkan

Oleh : Ridwan | Rabu, 28 Juni 2023 - 16:10 WIB

KEK Morotai
KEK Morotai

INDUSTRY.co.id - Morotai - Labuan Bajo berhasil menarik perhatian masyarakat Indonesia dan negara-negara ASEAN berkat penyelenggaraan KTT ASEAN pada 9 – 11 Mei lalu. 

Bagaimana tidak, ruang konferensi langsung menyajikan keindahan alam laut Labuan Bajo dengan kapal pinisi. Apalagi saat Presiden Joko Widodo mengajak langsung para pemimpin menyaksikan matahari tenggelam (sunset) di kapal pinisi, para kepala negara ASEAN pun takjub akan keindahan Labuan Bajo.

Tak sedikit akhirnya, banyak orang yang menonton event tersebut jadi tertarik liburan ke kawasan wisata yang berada di Indonesia Bagian Timur ini. 

Tapi, tahukah kamu, di Indonesia bagian timur, Labuan Bajo bukan satu-satunya kawasan pariwisata yang punya keindahan menakjubkan dan bisa jadi tempat travelling?

Ya, di bagian timur Indonesia ada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai yang tak kalah indah alam baharinya. KEK Morotai merupakan kawasan pariwisata prioritas yang dikelola dan kembangkan oleh Jababeka Morotai di Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara. 

Morotai punya keistimewaan pada alam laut dan baharinya. Ya, layaknya wisata yang berada di bagian timur Indonesia yang terkenal akan wisata laut, KEK Morotai punya panorama pantai yang memesona dan alam laut yang menakjubkan. 

Perpaduan pantai, pasir putih, dan birunya air laut selalu berhasil membuat jiwa pengunjung menjadi tenang.

Pulai Dodola, pulau Ikonik

Jelajah pulau atau hopping island ialah kegiatan wajib bagi wisatawan saat berkunjung ke KEK Morotai. Daftar pulau yang dijelajahi sendiri merupakan pulau-pulau kecil di Pulau Morotai  yang memiliki keunikan masing-masing, mulai dari Pulau Dodola, Pulau Pasir Putih, Pulau Kokoya, Pulau Kolorai, dan Pulau Zum-zum. Dari semua pulau tersebut, Pulau Dodola ialah destinasi ikonik wisata di Pulau Morotai, bahkan disebut-sebut sebagai objek wisata andalan di Pulau Morotai.

Pulau Dodola sendiri terdiri dari pulau Dodola Kecil dan Pulau Dodola Besar. Keunikan Pulau Dodola hadir saat air laut surut, Pulau Dodola Kecil dan Pulau Dodola Besar akan tersambung dan tersisa hanya pemandangan pasir putih sepanjang 100 meter yang berpadu dengan birunya air laut.

Tak sampai di situ, wisatawan akan bisa melihat wisata hutan mangrove yang masih perawan dan kicauan burung yang bisa menghilangkan rasa penat dari kesibukan. Sebab suara kicauan merdu burung bisa menciptakan tubuh jadi rileks.

"Hampir semua pengunjung, banyak menghabiskan waktu di Pulau Dodola. Karena, mereka biasanya betah. Entah sekedar menikmati suasananya, berfoto-foto, berenang maupun snorkeling untuk melihat pemandangan terumbu karang yang indah," kata Susan Wijaya selaku General Manager Jababeka Morotai, di lantai 1 Menara Batavia, Jakarta, Jumat (27/6/2023)

Morotai punya hiu-hiu jinak

Tak habis di situ, Susan menceritakan bahwa Pulau Morotai memiliki 28 spot diving bagi wisatawan yang suka diving. Di mana, setiap titik diving memiliki keindahan sekaligus keunikan masing-masing. Tak ayal, karena ini Pulau Morotai disebut sebagai salah satu tempat diving terbaik di Indonesia.

Salah satu spot diving yang menarik dan banyak wisatawan ialah spot diving di Pulau Mitita. Mengapa? Kurang dari 15 meter di dasar laut Pulau Mitita, divers bisa bertemu dengan segerombolan hiu besar ukuran jumbo. Namun begitu, tak perlu takut, karena gerombolan hiu itu merupakan hiu sirip hitam yang jinak. Di momen tersebut, penyelam bisa berenang bersama dengan hiu maupun mengabadikan foto. 

"Kalau Labuan Bajo punya komodo yang hanya di Labuan Bajo. Kalau di Morotai, ada hiu-hiu jinak yang bisa diajak foto dan berenang bersama," kata Susan. 

Akomodasi lengkap di KEK Morotai

Susah nggak kalau mau travelling ke KEK Morotai? Gampang kok, Susan menceritakan bahwa saat ini sudah ada pesawat yang bisa membawah wisatawan setiap hari. 

Soal akomodasi, banyak pilihan penginapan yang bisa dipilih di dalam KEK Morotai, salah satu proyek kota mandiri dari PT Jababeka Tbk. Satu diantaranya ialah D'Aloha Resort. Resort ini memiliki fasilitas yang lengkap, sehingga terjamin keamanan dan kenyamanannya, plus harganya terjangkau dan posisinya dekat dengan pantai. 

“Hal itu dibuktikan dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menginap di hotel ini saat kunjungan kerja ke Pulau Morotai dulu,” kata Susan.  

Terlebih, resort ini menyediakan paket tour bagi wisatawan yang ingin hopping island dan wisata-wisata menarik lainnya di Pulau Morotai. 

Harga yang ditawarkan juga sudah termasuk penginapan, makan pagi-siang-malam di D'Aloha Resort, transportasi darat dan alut selama wisata, snack dan lunch box selama wisata, guide profesional selama wisata serta menariknya sudah include antar jemput ke Bandara. Sehingga, wisatawan nggak perlu repot karena semua sudah diurus. Jika kamu tertarik mengetahui lebih lanjut mengenai paket tour wisata ini, kamu bisa mengunjungi laman di www.jababekamorotai.com.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penampilan memukau Ruth Sahanaya di konser “40 Tahun Simfoni Dari Hati”.

Minggu, 23 Juni 2024 - 19:28 WIB

Kemegahan Penampilan Ruth Sahanaya Setelah 15 Tahun

Ruth Sahanaya membuktikan janjinya akan membuat penonton konsernya puas dengan sajian 33 lagu yang dikemas dengan apik oleh Tohpati Orkestra.

(Ki-ka). Peresmian dilakukan oleh Direktur Sales and Distribution BSI Anton Sukarna, Ketua Lembaga Wakaf MES Nurul Huda, SVP Islamic Ecosystem Solution BSI Syukron Habiby dan Badan Pengurus Harian MES Siti Marifah

Minggu, 23 Juni 2024 - 17:49 WIB

BSI & MES Luncurkan Deposito Wakaf untuk Jaminan Sosial Pekerja Informal

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) berkolaborasi meluncurkan program cash wakaf linked deposito dengan nomor seri CWLD LW-MES.BSI.03.Pekerja Informal pada…

Kelompok Tani Dahlia 07 Cempaka Putih Jakarta pusat

Minggu, 23 Juni 2024 - 17:41 WIB

Didukung BRINita, Kelompok Tani Ini Sulap Lahan Terbengkalai Jadi Produktif

Warga yang tinggal di sekitar area RW 07 Cempaka Putih Barat, Jakarta, merasakan perubahan positif di lingkungan tempat tinggal mereka. Jika dulunya sebidang lahan terbengkalai yang tampak tidak…

BTN JAKARTA INTERNATIONAL MARATHON 2024 SUKSES DIGELAR

Minggu, 23 Juni 2024 - 16:12 WIB

BTN Jakarta International Marathon 2024 Sukses Digelar

Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) sukses menggelar ajang BTN Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 pada Minggu,…

Pekerja di industri keramik (foto Bisnis.com)

Minggu, 23 Juni 2024 - 14:35 WIB

Asaki Desak Bea Masuk Diatas 100% untuk Produk Keramik Impor

Asaki mendesak KADI untuk segera mengeluarkan hasil akhir penyidikan Antidumping terhadap produk keramik Tiongkok dalam bulan Juni ini dengan besaran di atas 100%.