Tak Hanya Labuan Bajo, KEK Morotai juga Miliki Panorama Pantai yang Menakjubkan

Oleh : Ridwan | Rabu, 28 Juni 2023 - 16:10 WIB

KEK Morotai
KEK Morotai

INDUSTRY.co.id - Morotai - Labuan Bajo berhasil menarik perhatian masyarakat Indonesia dan negara-negara ASEAN berkat penyelenggaraan KTT ASEAN pada 9 – 11 Mei lalu. 

Bagaimana tidak, ruang konferensi langsung menyajikan keindahan alam laut Labuan Bajo dengan kapal pinisi. Apalagi saat Presiden Joko Widodo mengajak langsung para pemimpin menyaksikan matahari tenggelam (sunset) di kapal pinisi, para kepala negara ASEAN pun takjub akan keindahan Labuan Bajo.

Tak sedikit akhirnya, banyak orang yang menonton event tersebut jadi tertarik liburan ke kawasan wisata yang berada di Indonesia Bagian Timur ini. 

Tapi, tahukah kamu, di Indonesia bagian timur, Labuan Bajo bukan satu-satunya kawasan pariwisata yang punya keindahan menakjubkan dan bisa jadi tempat travelling?

Ya, di bagian timur Indonesia ada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai yang tak kalah indah alam baharinya. KEK Morotai merupakan kawasan pariwisata prioritas yang dikelola dan kembangkan oleh Jababeka Morotai di Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara. 

Morotai punya keistimewaan pada alam laut dan baharinya. Ya, layaknya wisata yang berada di bagian timur Indonesia yang terkenal akan wisata laut, KEK Morotai punya panorama pantai yang memesona dan alam laut yang menakjubkan. 

Perpaduan pantai, pasir putih, dan birunya air laut selalu berhasil membuat jiwa pengunjung menjadi tenang.

Pulai Dodola, pulau Ikonik

Jelajah pulau atau hopping island ialah kegiatan wajib bagi wisatawan saat berkunjung ke KEK Morotai. Daftar pulau yang dijelajahi sendiri merupakan pulau-pulau kecil di Pulau Morotai  yang memiliki keunikan masing-masing, mulai dari Pulau Dodola, Pulau Pasir Putih, Pulau Kokoya, Pulau Kolorai, dan Pulau Zum-zum. Dari semua pulau tersebut, Pulau Dodola ialah destinasi ikonik wisata di Pulau Morotai, bahkan disebut-sebut sebagai objek wisata andalan di Pulau Morotai.

Pulau Dodola sendiri terdiri dari pulau Dodola Kecil dan Pulau Dodola Besar. Keunikan Pulau Dodola hadir saat air laut surut, Pulau Dodola Kecil dan Pulau Dodola Besar akan tersambung dan tersisa hanya pemandangan pasir putih sepanjang 100 meter yang berpadu dengan birunya air laut.

Tak sampai di situ, wisatawan akan bisa melihat wisata hutan mangrove yang masih perawan dan kicauan burung yang bisa menghilangkan rasa penat dari kesibukan. Sebab suara kicauan merdu burung bisa menciptakan tubuh jadi rileks.

"Hampir semua pengunjung, banyak menghabiskan waktu di Pulau Dodola. Karena, mereka biasanya betah. Entah sekedar menikmati suasananya, berfoto-foto, berenang maupun snorkeling untuk melihat pemandangan terumbu karang yang indah," kata Susan Wijaya selaku General Manager Jababeka Morotai, di lantai 1 Menara Batavia, Jakarta, Jumat (27/6/2023)

Morotai punya hiu-hiu jinak

Tak habis di situ, Susan menceritakan bahwa Pulau Morotai memiliki 28 spot diving bagi wisatawan yang suka diving. Di mana, setiap titik diving memiliki keindahan sekaligus keunikan masing-masing. Tak ayal, karena ini Pulau Morotai disebut sebagai salah satu tempat diving terbaik di Indonesia.

Salah satu spot diving yang menarik dan banyak wisatawan ialah spot diving di Pulau Mitita. Mengapa? Kurang dari 15 meter di dasar laut Pulau Mitita, divers bisa bertemu dengan segerombolan hiu besar ukuran jumbo. Namun begitu, tak perlu takut, karena gerombolan hiu itu merupakan hiu sirip hitam yang jinak. Di momen tersebut, penyelam bisa berenang bersama dengan hiu maupun mengabadikan foto. 

"Kalau Labuan Bajo punya komodo yang hanya di Labuan Bajo. Kalau di Morotai, ada hiu-hiu jinak yang bisa diajak foto dan berenang bersama," kata Susan. 

Akomodasi lengkap di KEK Morotai

Susah nggak kalau mau travelling ke KEK Morotai? Gampang kok, Susan menceritakan bahwa saat ini sudah ada pesawat yang bisa membawah wisatawan setiap hari. 

Soal akomodasi, banyak pilihan penginapan yang bisa dipilih di dalam KEK Morotai, salah satu proyek kota mandiri dari PT Jababeka Tbk. Satu diantaranya ialah D'Aloha Resort. Resort ini memiliki fasilitas yang lengkap, sehingga terjamin keamanan dan kenyamanannya, plus harganya terjangkau dan posisinya dekat dengan pantai. 

“Hal itu dibuktikan dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menginap di hotel ini saat kunjungan kerja ke Pulau Morotai dulu,” kata Susan.  

Terlebih, resort ini menyediakan paket tour bagi wisatawan yang ingin hopping island dan wisata-wisata menarik lainnya di Pulau Morotai. 

Harga yang ditawarkan juga sudah termasuk penginapan, makan pagi-siang-malam di D'Aloha Resort, transportasi darat dan alut selama wisata, snack dan lunch box selama wisata, guide profesional selama wisata serta menariknya sudah include antar jemput ke Bandara. Sehingga, wisatawan nggak perlu repot karena semua sudah diurus. Jika kamu tertarik mengetahui lebih lanjut mengenai paket tour wisata ini, kamu bisa mengunjungi laman di www.jababekamorotai.com.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Umum INKOWAPI, Sharmila Yahya

Minggu, 28 April 2024 - 20:03 WIB

INKOWAPI Siap Dukung Percepatan Pelaksanaan Program Makan Siang & Susu Gratis

Induk Koperasi Pengusaha Wanita Indonesia (INKOWAPI) mendukung percepatan pelaksanaan program makan siang dan susu gratis yang digagas Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024-2029.

Baliho Dico Ganinduto

Minggu, 28 April 2024 - 18:54 WIB

Viral Baliho Dico Ganinduto Gubernur Jateng, Ini Kata Pakar

Sejumlah wilayah di Jawa Tengah 'dibanjiri' baliho hingga billboard yang menampilkan foto Bupati Kendal Dico Ganinduto. Hal tersebut membuat menarik perhatian seluruh masyarakat Jateng hingga…

Dukungan Lingkungan Penting bagi Produksi Gula, PT PG Rajawali II Gencarkan Kemitraan Tebu dan Salurkan Bantuan Fasilitas Umum bagi Desa Penyangga

Minggu, 28 April 2024 - 16:16 WIB

Dukungan Lingkungan Penting bagi Produksi Gula, PG Rajawali II Gencarkan Kemitraan Tebu dan Salurkan Bantuan Fasilitas Umum bagi Desa Penyangga

Indramayu – Upaya mendorong produktivitas gula perlu mendapat dukungan kolektif berbagai pihak, salah satunya dari masyarakat desa penyangga di sekitar perkebunan tebu dan pabrik gula. Pemberdayaan…

Pelita Air

Minggu, 28 April 2024 - 15:28 WIB

Pelita Air Tambah Rute Baru Penerbangan Langsung Jakarta-Kendari-Jakarta

Pelita Air (kode penerbangan IP), membuka rute penerbangan baru Jakarta-Kendari-Jakarta (langsung) dengan melakukan penerbangan perdana dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Jakarta (CGK) ke…

Pegadaian Berangkatkan Peserta Program Umrah Akbar

Minggu, 28 April 2024 - 14:54 WIB

Pegadaian Berangkatkan Peserta Program Umrah Akbar

PT Pegadaian memberangkatkan peserta program Umrah Akbar dari beberapa wilayah di Indonesia pada 22, 23 dan 24 April 2024. Khusus untuk Jakarta, para peserta berangkat melalui Bandara Soekarno…