Tak Hanya Cocok jadi Wisata Wellness Tourism, Menteri Sandi: KEK Morotai Miliki Peluang Bisnis Digitalisasi yang Besar

Oleh : Ridwan | Sabtu, 26 November 2022 - 16:10 WIB

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno

INDUSTRY.co.id - Morotai - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menilai pulau Morotai, Maluku Utara sangat cocok dikembangkan menjadi destinasi wisata wellness tourism.

"Kalau mau, Morotai ini bisa dikembangkan untuk wisata wellness," kata Sandiaga saat kunjungan kerja ke Morotai, Jumat (25/11).

Destinasi wellness tourism adalah perjalanan untuk tujuan mempromosikan kesehatan dan kesejahteraan melalui aktivitas fisik, psikologis, atau spiritual. Jenis wisata ini dipercaya bisa memperpanjang umur.

Menurut Menparekraf, alasan cocoknya jenis wisata tersebut diambil dari kisah seorang tentara Jepang masa perang dunia II bernama Teruo Nakamura yang bersembunyi di hutan Pulau Morotai hingga ditemukan kembali pada 1974.

"Nakamura umurnya sangat panjang di sini (Morotai) dan sangat wellness terjaga, dia sampai usia lanjut di sini dia kembali di Jepang lima tahun kemudian beliau meninggal. Jadi ini destinasi wellness yang sangat berpotensi," jelasnya.

Selain wisata wellness, lanjut Menteri Sandi, dari sisi peluang bisnis digitalisasi juga sangat besar untuk Pulau Morotai.

Ia pun meminta kepada pihak pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dalam hal ini PT Jababeka Morotai untuk bisa berkolaborasi dan mengundang investor-investor besar lainnya, seperti investor Jepang, China dan Rusia untuk mengembangkan bisnis di Pulau Morotai.

"Tadi digitalisasi ini saya perkenalkan Anna, dia adalah salah satu investor yang akan membuat metaverse di beberapa destinasi jadi nanti Anna bisa menjelaskan ke Pak Basuri (Dirut Jababeka Morotai) apa yang mereka lakukan sekarang di Bali dan di Dili dan sekarang dikembangkan juga untuk Morotai," tutup Menparekraf.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ichitan kampanye tutup botol berhadiah Private Fan Meeting bersama Bright Vachirawit ke Thailand.

Minggu, 29 Januari 2023 - 19:21 WIB

Bawa Bright Vachirawit Ke Indonesia, Ichitan Bikin Kejutan Tutup Botol Berhadiah Ratusan Juta Dan Fan Meeting Ke Thailand

Ichitan hadirkan kejutan dengan datangkan Bright Vachirawit ke Indonesia dan adakan tutup botol berhadiah Private Fan Meeting serta hadiah ratusan juta rupiah.

Presiden Jokowi bersama Menlu Retno Marsudi dan Menteri BUMN Erick Thohir

Minggu, 29 Januari 2023 - 15:50 WIB

Presiden Jokowi: ASEAN Penting dan Relevan bagi Kawasan dan Dunia

Presiden Joko Widodo meyakini bahwa ASEAN masih memiliki peran yang penting dan relevan bagi rakyat, baik di kawasan maupun di dunia. Hal tersebut disampaikan Kepala Negara dalam sambutannya…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Minggu, 29 Januari 2023 - 15:32 WIB

Menteri PUPR Basuki Dampingi Presiden Jokowi Buka Kick Off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka acara Kick Off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 di Hari Bebas Kendaraan…

Klub pencinta alam SMA 68 Elpala

Minggu, 29 Januari 2023 - 15:24 WIB

Elpala Rayakan Hari Jadi dengan Mendayung di Ancol Jakarta

Klub pencinta alam SMA 68 Elpala punya cara tersendiri dalam memperingati hari ulang tahunnya yang ke 37. Mereka merayakannya dengan mendayung bersama di Pantai Jimbaran, Taman Impian Jaya Ancol,…

BTN Pastikan Hasil Rights Issue Tepat Sasaran Untuk Masyarakat Punya Rumah

Minggu, 29 Januari 2023 - 15:16 WIB

Menteri Keuangan Mendukung Langkah BTN Menjadi Kebanggaan Indonesia

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk memulai tahun 2023 dengan optimisme, terlebih setelah mendapatkan suntikan dana segar senilai total Rp 4,13 triliun dari hasil penyelenggaraan Rights…