Dari Jababeka, Dexa Sukses Menguasai Pasar Farmasi Nasional dan Mancanegara

Oleh : Amru | Kamis, 28 September 2023 - 10:02 WIB

Menperin meninjau Laboratorium DEXA Group di Kawasan Industri Jababeka Cikarang
Menperin meninjau Laboratorium DEXA Group di Kawasan Industri Jababeka Cikarang

INDUSTRY.co.idInovasi dan komitmen pada kualitas selalu menjadi resep utama Dexa Group untuk bertumbuh pesat dan kuat hingga sukses mendominasi pasar nasional dan mancanegara.

Dengan nilai pasar mencapai Rp 235,48 triliun rupiah di tahun 2022, industri farmasi, kimia dan obat tradisional Indonesia merupakan yang terbesar di Asia Tenggara dengan kontribusi mencapai 27%. 

Yang menarik, Indonesia merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang industry farmasinya didominasi oleh perusahaan dalam negeri. 

Dan Dexa Group, yang didirikan di Palembang pada tahun 1969 oleh Rudy Soetikno, seorang apoteker muda yang bertugas di TNI Angkatan Darat sukses menjadi perusahaan swasta pemimpin pasar produsen farmasi di Indonesa. 

Singkat cerita, setelah 64 tahun tahun berlalu sejak almarhum Rudy Soetikno meracik tablet obat-obatan di apotek kecilnya di Palembang, Dexa Group kini telah tumbuh menjadi kelompok usaha farmasi nomor wahid di Indonesia dengan penguasaan pasar mencapai 6,1 persen. Jika produsen farmasi pelat merah digabungkan, maka Dexa menduduki peringkat kedua. 

Lantas apa kunci sukses dari perusahaan pertama yang memproduksi obat generic berlogo (OGB) di Indonesia itu? Sederhana ternyata, namun sulit untuk ditiru persaingnya, yakni konsistensi berinovasi dan komitmen pada kualitas. 

Dengan racikan formula andalan itu Dexa sukses bertumbuh melalui berbagai anak usahanya seperti Anugrah Argon Medica, Dexa Medica, Djembatan Dua, Equilab International, Ferron Par Pharmaceuticals, Fonko International, Inertia Utama, dan Sarana Titan Manunggal yang melayani segmen farmasi, nutrisi dan perawatan kesehatan. 

Dexa yang memiliki arti deca atau angka sepuluh yang melambangkan kesempurnaan dalam bahasa Yunani pun sempurna menguasai pasar farmasi dalam negeri. 

Bahkan, lebih jauh lagi, sudah mengekspor produk racikan inovasinya ke empat benua, yakni Asia, Amerika, Eropa, dan Afrika. Bahkan, di Nigeria, Boska, produk obat sakit kepala Dexa berhasil menjadi penguasa pasar. 

Salah satu entitas utama dalam Dexa Group adalah PT Dexa Medica, yang merupakan perusahaan farmasi yang berfokus pada pengembangan, produksi, dan pemasaran produk-produk farmasi berkualitas tinggi. Dexa Medica telah menghasilkan berbagai macam obat resep dan obat bebas yang digunakan untuk berbagai kondisi kesehatan, seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, infeksi, dan lain-lain.

Selain itu, Dexa Group juga memiliki Dexa Laboratories of Biomolecular Sciences (DLBS), sebuah perusahaan penelitian dan pengembangan yang berfokus pada penemuan dan pengembangan produk-produk berbasis herbal dan nutrisi. 

Di pabrik yang berlokasi di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Bekasi ini juga Dexa mengoperasikan fasilitas penelitian canggih dan terintegrasi yang dirancang secara khusus untuk menampung hingga 250 ilmuwan sehingga dapat menghasilkan sebanyak 30 dosir (CTDs dan ACTD) setiap tahunnya. Kegiatannya tidak hanya meliputi formulasi konvensional, tetapi juga pengembangan Sistem Penghantaran Obat Baru (NDDS).  

“DLBS adalah rumah bagi sebagian ilmuwan dan apoteker paling berbakat di dunia, di mana ratusan di antaranya adalah orang Indonesia. DLBS juga bekerja sama dengan, dan melatih, petani untuk menghasilkan bahan-bahan alami berkualitas tinggi dan terstandarisasi,” urai Ferry Soetikno, Presiden Direktur Dexa Group.

Kontribusi Dexa terhadap pengembangan industri farmasi nasional antara lain, sukses memproduksi 38 dari 99 Obat Herbal Terstandar (OHT) dan memproduksi 27 dari 31 fitofarmaka yang terdaftar.  

Di bidang Obat Generik Berlogo (OGB) Dexa melalui OGBdexa telah meluncurkan lebih dari 50 obat baru dalam 5 tahun terakhir, dan memiliki portofolio lebih dari 187 obat. 

“Untuk memenuhi permintaan pasar OGB, Dexa Medica memproduksi lebih dari 1 miliar tablet, vial, dan ampul obat setiap tahun. OGBdexa tersedia di seluruh Indonesia, di lebih dari 21.000 apotek, rumah sakit, kantor kesehatan, dan klinik keseatan masyarakat,” jelas Ferry. 

Dan sebagai bagian dari sistem  Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), OGBdexa memainkan peran penting dalam menyediakan obat-obatan bagi 249,6 juta penerima manfaat JKN.

“Kami percaya bahwa komitmen kami untuk berfokus pada inovasi dan komitmen dalam kualitas akan terus menjadikan Dexa sebagai perusahaan yang memberikan manfaat nyata yang besar bagi masyarakat Indonesia dan bahkan internasional,” jelas Ferry. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Migas Ilustrasi

Rabu, 08 Mei 2024 - 15:47 WIB

HGBT Bakal Dilanjut, Industri Desak PGN Jangan Bermanuver Tetapkan Pembatasan Kuota Gas

Ketua Umum Forum Industri Pengguna Gas Bumi (FIPGB), Yustinus Gunawan menyambut baik sinyal positif dari Menteri ESDM terkait kelanjutan program HGBT untuk sektor industri. Meski demikian, Yustinus…

Dok. Trakindo

Rabu, 08 Mei 2024 - 13:59 WIB

Raih Nilai Tertinggi, Trakindo Dinobatkan Sebagai Best Employers Indonesia 2023

Perusahaan konsultan SDM global Kincentric menobatkan Trakindo sebagai Best Employers Indonesia 2023 dan pengakuan khusus Most Engaged Workplace atas komitmen keberlanjutan organisasi dan tingkat…

Peresmian The Gade Tower, Green Building Milik Pegadaian

Rabu, 08 Mei 2024 - 13:39 WIB

Wamen BUMN Resmikan The Gade Tower, Green Building Milik Pegadaian

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo meresmikan gedung baru Pegadaian berkonsep Green Building pada Selasa (07/05). Peresmian The Gade Tower dan berlokasi di Jalan Kramat Raya no.162 Jakarta…

Launching buku 123 tahun bersama Pegadaian

Rabu, 08 Mei 2024 - 13:34 WIB

Laba Bersih Pegadaian Meningkat Sebesar 33,2% yoy

Dalam sesi paparan performa kinerja PT Pegadaian, Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan menyampaikan bahwa Pegadaian berhasil mencatatkan kinerja yang gemilang hingga bulan April…

Peresmian Port Handover MMP di Balikpapan.

Rabu, 08 Mei 2024 - 13:28 WIB

Dukung Hilirasisasi Nikel, Mitra Murni Perkasa Resmikan MMP Port Handover di Balikpapan

Pelabuhan MMP Port Handover dibangun untuk mendukung kegiatan pembangunan dan operasional smelter nikel Mitra Murni Perkasa yang berlokasi di Kariangau, Balikpapan, Kalimantan Timur.