Menkeu Ungkap Kerja Sama Indonesia-AIIB Sukseskan Transisi Energi

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 28 September 2023 - 10:45 WIB

Pemberian cinderamata usai penandatanganan antara PLN dengan Bank AIIB dan SMI di Mesir. foto: pasificpos.com
Pemberian cinderamata usai penandatanganan antara PLN dengan Bank AIIB dan SMI di Mesir. foto: pasificpos.com

INDUSTRY.co.id, Jakarta– Pertemuan tahunan Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) di kota Sharm El-Sheikh, Mesir, telah selesai diselenggarakan pada Selasa (26/9/2023). Dalam unggahan terbaru di akun Instagram @smindrawati, Menteri Keuangan Sri Mulyani pun menceritakan padatnya agenda yang ia hadiri di hari kedua atau hari terakhir pertemuan tersebut.

Menkeu mengawali hari kedua dengan menyaksikan penandatanganan MoU dan Letter of Intent (LOI) antara AIIB dengan PT PLN serta PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Ia menyebut, kerja sama ini dilakukan untuk menyukseskan transisi energi di Indonesia.

"Hari ini dengan penandatanganan ini akan diharapkan adanya suatu platform bersama untuk kerja sama antara PT PLN, PT SMI, dan juga dengan AIIB untuk menyukseskan transmisi dan transisi energi di Indonesia," ungkap Sri Mulyani.

Dengan penandatanganan LoI tersebut, maka AIIB berkomitmen untuk menyediakan pembiayaan, bantuan teknis, dan dukungan pengembangan kapasitas yang sangat dibutuhkan untuk mempercepat transisi energi Indonesia.

Termasuk, pembiayaan untuk sistem transmisi di Sumatra, dengan perkiraan biaya USD657 juta untuk tahun 2024-2026 dan tambahan USD213 juta pada tahun 2023.

Menurut Sri Mulyani, kerja sama tersebut menjadi upaya pemerintah dalam meningkatkan porsi sumber energi terbarukan sekaligus membangun keandalan dan keamanan energi di Indonesia.

Lebih lanjut, Menkeu mengungkapkan saat ini isu perubahan iklim menjadi bahasan penting selama dua hari pertemuan tahunan AIIB. Bahkan, isu ini juga merupakan tantangan bagi masyarakat dunia.

"Kita semua tahu bahwa masalah climate change menjadi masalah yang luar biasa penting dan selama 2 hari pertemuan Annual Meeting AIIB kita membicarakan mengenai climate change yang merupakan tantangan bagi masyarakat dunia", ujarnya.

Oleh karena itu, Menkeu mengatakan bahwa AIIB ingin meningkatkan portofolionya lebih dari 50% untuk pengembangan infrastruktur yang berkaitan dengan isu perubahan iklim, termasuk sektor energi.

Di hari yang sama, ia juga menghadiri penutupan AIIB Annual Meeting oleh Menteri Keuangan Mesir. Kemudian, Sri Mulyani pun menceritakan keindahan kota Sharm El-Sheikh yang memiliki kemiripan dengan Pulau Bali dari segi lokasi.

"Sharm El-Sheikh adalah sebuah tempat resort yang dibangun oleh Pemerintah Mesir di dalam rangka untuk meningkatkan tourism-nya. Kalau kita lihat dari sisi lokasi mirip Bali. Namun, pasirnya dan pantainya berbeda sama sekali," ucap sang Bendahara Negara.

Tak ketinggalan, Menkeu menuturkan bahwa AIIB Annual Meeting tahun depan akan diadakan di wilayah Asia Tengah. Tepatnya di kota Samarkand yang penuh sejarah di negara Uzbekistan.

"Kota yang dipilih adalah Samarkand. Sebuah kota yang begitu sangat banyak sekali history termasuk sumber dari para filsuf, termasuk Ibn Sina yang pernah tinggal di Samarkand," jelasnya.

Pasca kunjungan kerja di Mesir, selanjutnya Menkeu beserta delegasi dijadwalkan akan menghadiri Berlin Global Dialogue pada 28-29 September mendatang di kota Berlin, Jerman. (Sumber: Kemenkeu)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Arfindi Batubara (Marketing Director LIXIL Water Technology Indonesia) dan Hasan Alatas (Head of HOIRe by Lifetime Design)

Sabtu, 13 Juli 2024 - 23:33 WIB

American Standard Warnai Instalasi Rumah Dalam Mall Arief Muhammad

Koleksi terbaru American Standard itu tampil di kids bathroom dalam instalasi rumah-dalam-mall The House Within hasil kolaborasi Lifetime Design dengan Arief Muhammad.

Karyawan SBI Pabrik Cilacap saat menyiapkan semen kantong yang siap kirim di emplasemen kereta api Karangtalun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:35 WIB

Dinilai Memiliki Kinerja Menjanjikan, SIG Masuk Daftar Konstituen Indeks PEFINDO i-Grade

Jakarta– Saham PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) ditetapkan sebagai konstituen PEFINDO Investment Grade Index (Indeks PEFINDO i-Grade) periode Juli - Desember 2024 oleh PT Pemeringkat…

Fidi Sjamsoedin, Director Marketing & Innovation Sababay WInery

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:13 WIB

Sababay Winery Luncurkan SANGRIA Dengan Perpaduan Rasa Unik Dari Buah Dan Rempah Indonesia

Pelopor dalam industri wine Indonesia, Sababay Winery meluncurkan Sababay SANGRIA! Kaya akan rempah-rempah dan buah-buahan asli Indonesia, Sababay SANGRIA hadir dengan rasa yang unik.

PJI Company of The Year Competition

Sabtu, 13 Juli 2024 - 15:17 WIB

PJI, Zurich, Starbucks, dan AIG Bersinergi Bawa Pelajar Indonesia ke Kompetisi Wirausaha Tingkat Global

Untuk merayakan puncak program edukasi kewirausahaan Student Company, Prestasi Junior Indonesia (PJI) dengan dukungan Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation, The Starbucks Foundation, Starbucks…

Belanja sayur mayur menggunakan QRIS BRI

Sabtu, 13 Juli 2024 - 13:50 WIB

Melaju Kencang, BRI Salurkan KUR Senilai Rp76,4 triliun Kepada 1,5 Juta Pelaku UMKM Hingga Mei 2024

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus mengakselerasi penyaluran kredit kepada segmen Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Sepanjang Januari hingga Mei 2024, tercatat BRI…