Pelindo Tanam 20 Ribu Pohon secara Serentak di Wilayah Operasi Perusahaan

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 16 September 2023 - 16:41 WIB

Aksi penanaman pohon ini dilakukan dalam rangka Hari Pelindo ke 2
Aksi penanaman pohon ini dilakukan dalam rangka Hari Pelindo ke 2

INDUSTRY.co.id-Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) melakukan aksi penanaman pohon secara serentak di wilayah operasi kerja Pelindo. Di Jakarta, sebanyak 2.500 pohon di tanam sekitar Pelabuhan Tanjung Priok.

 

Aksi penanaman pohon ini dilakukan dalam rangka Hari Pelindo ke 2, sekaligus memperingati hari Ozon Internasional yang tepat jatuh pada 16 September. Secara keseluruhan, terdapat 20.000 bibit pohon berbagai jenis yang ditanam.

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Arif Suhartono mengatakan, kegiatan ini bukan hanya sekedar menanam pohon, namun sekaligus memperingati hari Ozon Internasional.

 

Seperti diketahui, Hari Ozon Internasional diperingati sebagai respon keresahan global atas fenomena penipisan lapisan ozon. Fenomena ini mendorong Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan Hari Ozon Internasional untuk membangun mekanisme kerjasama global, dalam rangka mengatasi tantangan iklim dan melindungi kehidupan bumi untuk generasi mendatang.

 

“Pelindo secara konsisten melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan dengan paradigma program yang mengacu pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Setiap pelaksanaan program harus memberikan dampak positif yang dapat diukur,” ujar Arif Suhartono, Sabtu (16/9/2023) dalam keterangannya.

 

Dalam pelaksanaannya, menurut Arif, Pelindo tidak dapat berjalan sendirian. Oleh karena itu, dibutuhkan keterlibatan institusi atau organisasi lain melalui kolaborasi bersama seluruh pemangku kepentingan (stakeholders), khususnya di pelabuhan.

 

Pada kesempatan aksi penanaman pohon ini, hadir perwakilan sejumlah instansi, antara lain dari Kantor Walikota Jakarta Utara, Kolinlamil Polres KP3, Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, Subagiyo, dan perwakilan Kantor Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok.

 

Arif kembali menjelaskan, tahun ini Pelindo juga sedang melaksanakan rehabilitasi 222 Hektar mangrove. Upaya ini dilakukan sebagai upaya menjaga keanekaragaman hayati, serta mengedukasi publik terkait pentingnya ekosistem pesisir bagi Indonesia dan bagian dari dukungan Program Rehabilitasi Mangrove Nasional.

 

“Pelindo akan terus mendukung inisiatif-inisiatif yang berfokus pada konservasi lingkungan dan pembangunan berkelanjutan,” ujarnya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Kota Jakarta Utara, Wawan Budi Rohman menyambut baik pelaksanaan penanaman pohon yang dilakukan Pelindo. Menurutnya, hal ini sangat membantu upaya pengurangan polusi di Jakarta yang tengah diupayakan pemerintah.

“Pengurangan polusi udara menjadi tanggung jawab kita semua. Gerakan penanaman pohon seperti yang dilakukan Pelindo tentunya sangat membantu menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan hijau,” kata Wawan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Marketing Innovation (Ilustrasi)

Minggu, 19 Mei 2024 - 22:10 WIB

Innovation in Marketing Strategies That You Need to do!

In an era that continues to develop rapidly, it is important for us to always follow developments in trends to find effective marketing strategies. An effective marketing strategy must be dynamic…

Industri kesehatan

Minggu, 19 Mei 2024 - 21:35 WIB

Strategic Development of Health-Related Assistance Services in Post-Covid-19 Indonesia using PESTLE Analysis

The Covid-19 pandemic has dramatically reshaped the global healthcare landscape, highlighting both vulnerabilities and opportunities within health-related services. As Indonesia emerges from…

Meriahkan HUT Jakarta, PJ Gubernur Ajak Masyarakat Meriahkan BTN Jakim 2024

Minggu, 19 Mei 2024 - 18:35 WIB

Meriahkan HUT Jakarta, PJ Gubernur Ajak Masyarakat Meriahkan BTN Jakim 2024

Jakarta–Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-497, Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BTN) akan menyelenggarakan…

Wahdah Islamiah dukung Palestina merdeka

Minggu, 19 Mei 2024 - 18:24 WIB

Wahdah Islamiyah Kecam Israel atas Genosida Rakyat Palestina

Ormas Islam Wahdah Islamiyah ikut mengecam penjajahan dan genosida yang dilakukan zionis Israel di Gaza Palestina, yang kini telah memasuki hari ke 225 sejak oktober 2023 yang lalu.

Emak emak aksi palestina

Minggu, 19 Mei 2024 - 15:10 WIB

Emak-Emak Ikut Aksi Bela Palestina di Kedubes Amerika Serikat

Aksi Damai didepan kedubes Amerika Serikat, dan di rumah Dubes Mesir, dari pagi hingga siang hari, diikuti sejumlah Kekuatan Masa dari berbagai Wilayah Jakarta dan sekitarnya. Nampak yang turut…