Agar Pelatihan Tepat Sasaran

Oleh : Admin | Jumat, 14 Agustus 2015 - 00:43 WIB

Agar Pelatihan Tepat Sasaran
Agar Pelatihan Tepat Sasaran

Patricia Susanto, CEO The Jakarta Consulting Group

 

“Pelatihan ini tak ada gunanya. Hanya membuang-buang waktu saja.” Demikianlah komentar banyak karyawan yang kita jumpai setelah mengikuti pelatihan. Perusahaan tak boleh menganggap enteng hal ini. Apalagi sebuah hasil penelitian, yang mengungkapkan hanya 10 hingga 40 persen dari hasil pelatihan yang dimanfaatkan dalam pekerjaan. Dengan kata lain, baayak pelatihan yang tidak tepat sasaran. Padahal tak jarang perusahaan telah menggelontorkan banyak uang untuk melatih karyawannya dengan berbagai macam pelatihan.

Untuk menghindari salah sasaran, sejak awal perusahaan harus mengerti benar kebutuhan pelatihan bagi karyawannya. Pelatihan perlu diberikan bila karyawan menghadapi kendala dalam berkontribusi bagi pencapaian visi, misi, sasaran, dan strategi perusahaan. Kendala tersebut lantaran kurangnya pengetahuan dan keterampilan. Juga apabila perusahaan menghadapi tantangan-tantangan baru akibat perubahan lingkungan bisnis sehingga mensyaratkan dipelajarinya kompetensi-kompetensi baru. Dengan pelatihan yang tepat sasaran, pengetahuan, keterampilan, dan kinerjan akan terdongkrak.

Berikutnya, tujuan pelatihan haruslah jelas. Namun ini masih belum cukup. perusahaan harus menciptakan lingkungan yang secara aktif mendorong karyawan melakukan perubahan. Harus diingat, dengan pelatihan diharapkan terjadi perubahan. Namun, setiap perubahan pasti menimbulkan kegelisahan dan ketidaknyamanan. Untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perubahan, dukungan perusahaan hendaknya tidak berhenti meski pelatihan telah selesai.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pariwisata Bali (Foto Dok Instagram)

Minggu, 16 Juni 2019 - 21:00 WIB

Ready, Set, Summer!

Menjelang liburan musim panas, Agoda, salah satu platform perjalanan digital yang paling cepat berkembang di dunia, mengungkapkan bahwa Tokyo, London dan Las Vegas masih terus merajai sebagai…

Bantuan Kemensos untuk Sultra Terus Bergulir (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 20:00 WIB

Bantuan Kemensos untuk Sultra Terus Bergulir

Pengiriman dan penyaluran bantuan sosial dari Kementerian Sosial terus bergulir bagi korban bencana banjir di sejumlah wilayah di Provinsi Sulawesi Tenggara.

BNI Dukung Peningkatan Ekspor Seafood ke Amerika Serikat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 17:34 WIB

BNI Dukung Peningkatan Ekspor Seafood ke Amerika Serikat

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) melalui Kantor Cabang Luar Negeri New York, Amerika Serikat memberikan dukungan fasilitas pembiayaan kepada Crystal Cove Seafood Corp. (Crystal Cove),…

Mendikbud, Muhadjir Effendy

Minggu, 16 Juni 2019 - 16:46 WIB

Rawan Jual Beli Kursi, Mendikbud Lakukan Penataan Sejumlah Sekolah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan pemetaan sejumlah sekolah yang dinilai rawan terhadap praktik jual beli kursi dalam Penerimaan Peserta Didik (PPDB).

Ilustrasi Desa Wisata

Minggu, 16 Juni 2019 - 12:30 WIB

Kemenpar Gandeng Udinus Latih Warga Temanggung Majukan Desa Wisata

Kementerian Pariwisata dan Universitas Dian Nuswantara Semarang memberikan pelatihan memajukan potensi daerah sebagai desa wisata baru pada warga Kelurahan Walitelon Utara Kecamatan Temanggung,…