Agar Pelatihan Tepat Sasaran

Oleh : Admin | Jumat, 14 Agustus 2015 - 00:43 WIB

Agar Pelatihan Tepat Sasaran
Agar Pelatihan Tepat Sasaran

Patricia Susanto, CEO The Jakarta Consulting Group

 

“Pelatihan ini tak ada gunanya. Hanya membuang-buang waktu saja.” Demikianlah komentar banyak karyawan yang kita jumpai setelah mengikuti pelatihan. Perusahaan tak boleh menganggap enteng hal ini. Apalagi sebuah hasil penelitian, yang mengungkapkan hanya 10 hingga 40 persen dari hasil pelatihan yang dimanfaatkan dalam pekerjaan. Dengan kata lain, baayak pelatihan yang tidak tepat sasaran. Padahal tak jarang perusahaan telah menggelontorkan banyak uang untuk melatih karyawannya dengan berbagai macam pelatihan.

Untuk menghindari salah sasaran, sejak awal perusahaan harus mengerti benar kebutuhan pelatihan bagi karyawannya. Pelatihan perlu diberikan bila karyawan menghadapi kendala dalam berkontribusi bagi pencapaian visi, misi, sasaran, dan strategi perusahaan. Kendala tersebut lantaran kurangnya pengetahuan dan keterampilan. Juga apabila perusahaan menghadapi tantangan-tantangan baru akibat perubahan lingkungan bisnis sehingga mensyaratkan dipelajarinya kompetensi-kompetensi baru. Dengan pelatihan yang tepat sasaran, pengetahuan, keterampilan, dan kinerjan akan terdongkrak.

Berikutnya, tujuan pelatihan haruslah jelas. Namun ini masih belum cukup. perusahaan harus menciptakan lingkungan yang secara aktif mendorong karyawan melakukan perubahan. Harus diingat, dengan pelatihan diharapkan terjadi perubahan. Namun, setiap perubahan pasti menimbulkan kegelisahan dan ketidaknyamanan. Untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perubahan, dukungan perusahaan hendaknya tidak berhenti meski pelatihan telah selesai.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI Syariah Salurkan Pembiayaan Sindikasi Cimanggis Cibitung Tollways Rp 400 Miliar

Rabu, 24 April 2019 - 23:26 WIB

BNI Syariah Salurkan Pembiayaan Sindikasi Cimanggis Cibitung Tollways Rp 400 Miliar

BNI Syariah turut berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur. Salah satunya adalah dengan berpartisipasi dalam pembiayaan sindikasi pembangunan proyek jalan tol.Terbaru, BNI Syariah ikut…

Iffan Suryanto-President Director Electrolux Indonesia, bersama Barli Asmara-Indonesia Fashion Designer dan Chandra Yudasswara-Electrolux Chef.

Rabu, 24 April 2019 - 23:18 WIB

Electrolux100YearsOfBetterLiving Wujudkan Hidup Lebih Baik bersama Electrolux

Tepat satu abad sudah Electrolux mendampingi pelanggan di seluruh dunia dengan berbagai inovasinya, membantu membentuk kehidupan yang lebih membahagiakan dan berkelanjutan bagi ratusan juta…

Direktur Utama Bank, BTN, Maryono, sedang memberikan kuliah umum di kampus Universitas Andalas di Padang, Sumatera Barat, Rabu (24/04/2019)

Rabu, 24 April 2019 - 22:38 WIB

Bank BTN Berharap Dunia Kampus dapat Beradaptasi dengan Teknologi Digital

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menilai dunia pendidikan perlu dibekali pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan zaman sehingga lulusannya mampu beradaptasi dengan kemajuan…

Sriyono pengrajin kain pantai Sukoharjo yang mendunia

Rabu, 24 April 2019 - 22:09 WIB

Kisah Sukses Sriyono Pengrajin Kain Pantai Sukoharjo yang Mendunia

Di Kabupaten Sukoharjo banyak pelaku UMKM yang sukses membangun usahanya setelah mendapat pinjaman bunga lunak dari LPDB melalui BPR Kartarsura Makmur.

Hoshino Resorts Aomoriya

Rabu, 24 April 2019 - 22:00 WIB

Hoshino Resorts Aomoriya Terpilih Jadi Salah Satu dari 20 Ryokan Terbaik di Jepang

Perusahaan Manajemen Hotel, Hoshino Resorts melalui salah satu cabangnya, Hoshino Resorts Aomoriya, dinobatkan untuk pertama kalinya dalam "Top20 Ryokans in Japan by International Travelers…