Chandra Asri Raih Raih Penghargaan Pelestarian Lingkungan & Biodiversity di Ajang Padmamitra Award 2022

Oleh : Ridwan | Kamis, 06 Juli 2023 - 09:05 WIB

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk
PT Chandra Asri Petrochemical Tbk

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Chandra Asri menerima penghargaan Pelestarian Lingkungan & Biodiversity pada ajang Padmamitra Award Tahun 2022, yang diselenggarakan oleh Forum CSR Indonesia pada Rabu 5 Juli 2023.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden, Prof. Dr.  (H.C.) K. H. Ma'ruf Amin, didampingi oleh Plt Dirjen Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial, Beni Sujanto, Ketua Umum Forum CSR Indonesia, Mahir Bayasut, dan diterima oleh Direktur Legal,  External Affairs & Circular Economy Chandra Asri, Edi Rivai. 

Penghargaan Padmamitra Award diberikan kepada pelaku usaha di Indonesia dengan tujuan untuk mengapresiasi kepedulian mereka yang telah berpartisipasi memitigasi perubahan iklim serta mendukung kesejahteraan sosial. 

Penghargaan ini diselenggarakan setiap dua tahun sekali dan berlandaskan pada Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2020 tentang  TJSLBU (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Badan Usaha).

Padmamitra Award 2022 juga diharapkan menjadi salah satu upaya menumbuhkan motivasi dan keteladanan di kalangan dunia usaha untuk menyukseskan target dekarbonisasi menuju Indonesia Net Zero Emission pada 2060.

Dalam ajang ini, Chandra Asri mengajukan 2 (dua) program unggulan yang berkaitan dengan lingkungan dan perlindungan keanekaragaman hayati, yaitu konservasi mangrove di Kawasan Edu Ekowisata Mangrove Patikang Lestari, Pandeglang, dan inisiatif pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah plastik dalam program End-To-End Plastic Waste Management.

Kedua program tersebut mengadopsi pendekatan Environment, Social, and Governance (ESG) Perusahaan, salah satunya melalui penerapan ekonomi sirkuler dan perlindungan  keanekaragaman hayati untuk menjaga serta meningkatkan stok karbon.

Chandra Asri berkomitmen untuk terus melakukan studi, kajian serta implementasi untuk mendorong, inisiatif  dan inovasi baru dalam mengurangi emisi.

Direktur Legal, External Affairs & Circular Economy Chandra Asri, Edi Rivai, menyampaikan, sebagai mitra pertumbuhan, Chandra Asri mendukung penuh agenda Indonesia dalam mewujudkan misi dekarbonisasi sebagai upaya bersama memitigasi perubahan iklim.  

"Penghargaan Padmamitra Award juga menjadi motivasi untuk terus turut andil menghadirkan program kebetlanjutan dalam mewujudkan Indonesia Asri. Misi ini selaras dengan peta jalan pengurangan emisi karbon yang tertera dalam kerangka komitmen ESG Perusahaan dan untuk mempertahankan capaian Peringkat Risiko ESG Rendah di 1% teratas sub-industri kimia komoditas  yang diberikan oleh Morningstar Sustainalytics," kata Edi.

Chandra Asri bekerjasama dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Putri Gundul Kampung Patikang memgembangkan dan melestarikan Kawasan Edu-Ekowisata Mangrove Patikang Lestari.

Perseroan juga mendorong adanya lahan yang terpisah untuk area khusus konservasi dan area untuk wisata, serta telah menanam 300 bibit di lahan konservasi. 

Melalui berbagai pengembangan, kawasan ini diharapkan menjadi target Desa Wisata Kementerian Pariwisata, sehingga menjadi kawasan strategis untuk pengembangan daerah dan peningkatan ekonomi masyarakat sekitar.

Intervensi yang dilakukan Chandra Asri diantaranya berupa perbaikan infrastruktur dengan memanfaatkan limbah non-B3 perusahaan berupa palet kayu untuk memperbaiki track mangrove yang kini telah mencapai 179 meter, dermaga kecil dan 1 saung edukasi, serta 1 toilet dan 1 saung serbaguna. 

Upaya ini dilakukan melalui kerja sama dengan Pokdarwis dan dengan mempekerjakan masyarakat setempat.

Di Cilegon dan Anyar, Chandra Asri membina inisiatif end-to-end plastic waste management yang melibatkan aktivitas pengumpulan sampah, pemilahan sesuai jenisnya, hingga pengolahan menjadi produk yang bermanfaat. 

Inisiatif pengelolaan sampah yang berbasis ekonomi sirkuler ini terdiri atas Program SAGARA di Anyar dan fasilitas IPST ASARI di Cilegon.

SAGARA merupakan program berbasis masyarakat yang mengedukasi nelayan serta warga pesisisir untuk melakukan pemilahan agarsampah tidak bocor ke laut. Sedangkan IPST ASARI mengelola sampah plastik low

value SAGARA menjadi bahan bakar setara minyak tanah, bensin, dan solar, yang mana dimanfaatkan pula oleh nelayan di Anyar untuk melaut.

Inisiatif pengelolaan sampah plastik berbasis ekonomi sirkuler lain yang dilakukan oleh Chandra Asri adalah Program Aspal Plastik untuk Indonesia Asri. 

Program ini mengadopsi penelitian Kementerian PUPR dan bermitra dengan Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI) dalam  penyediaan cacahan plastik untuk campuran aspal. Perseroan menargetkan 100 km gelaran aspal  plastik di Indonesia terwujud pada akhir tahun 2023.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Program BISA

Senin, 29 April 2024 - 18:05 WIB

Cegah Stunting di Jawa Barat dan NTT, Program BISA Tingkatkan Perilaku CTPS Sebesar 81,5%

Save the Children bersama dengan mitra konsorsium Unilever Lifebuoy, berhasil meningkatkan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di Jawa Barat dan Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui program…

Industri logam dan baja

Senin, 29 April 2024 - 17:35 WIB

Mantaps! Industri Manufaktur RI 'Kokoh' Ditengah Ketidakstabilan Kondisi Ekonomi Global

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan April 2024 masih ekspansi 52,3, turun sebesar 0,75 poin dibandingkan Maret 2024 sebesar 53,05, meskipun ekspansinya melambat, hal ini merupakan sinyal…

Bank Jatim (Foto Moneter)

Senin, 29 April 2024 - 17:16 WIB

Wow! Awali Tahun 2024, Bank Jatim Cetak Kinerja Ciamik

Jakarta-PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) sukses mencatatkan kinerja yang positif sepanjang Triwulan Pertama 2024.

CEO YAMADA Consulting & Spire yang juga Executive Officer dan Head of Global Business Development YAMADA Consulting Group Ryosuke Funayama (kedua dari kanan) dan COO YAMADA Consulting & Spire Jeffrey Bahar (pertama dari kanan) didampingi beberapa staf berpose bersama di kantor pusat YAMADA Consulting Group, Tokyo, Jepang, belum lama ini.

Senin, 29 April 2024 - 17:09 WIB

Keren! Spire Research and Consulting Rebranding Jadi YAMADA Consulting & Spire

Jakarta-Spire Research and Consulting, perusahaan riset dan konsultasi bisnis terkemuka Asia Pasifik yang berpusat di Singapura, menyatakan saat ini telah terintegrasi penuh dengan YAMADA Consulting…

Kinerja Kuartal I/2024, Penyaluran Kredit dan Pembiayaan BTN Tembus Rp344,2 Triliun

Senin, 29 April 2024 - 16:54 WIB

Top! Kinerja Kuartal I/2024 Penyaluran Kredit dan Pembiayaan BTN Tembus Rp344,2 Triliun

Jakarta – Strategi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) untuk fokus mengembangkan segmen high yield dan komersial mulai membuahkan hasil.