Atasi Sampah Platik, Super Indo Luncurkan Smart Waste Hub (WAHU)

Oleh : Nina Karlita | Minggu, 11 Juni 2023 - 00:14 WIB

Berkolaborasi dengan PT Waste Hubs Indonesia, Super Indo ajak warga sekitar untuk memilah, mengumpulkan dan menukarkan sampah plastik menjadi uang elektronik.
Berkolaborasi dengan PT Waste Hubs Indonesia, Super Indo ajak warga sekitar untuk memilah, mengumpulkan dan menukarkan sampah plastik menjadi uang elektronik.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Super Indo bersama dengan PT Waste Hubs Indonesia meluncurkan Poin Pengumpulan Sampah Kemasan Plastik yang terintegrasi atau disebut dengan Smart Waste Hub (WAHU). 

Poin ini merupakan fasilitas pelayanan publik untuk mendorong perubahan perilaku masyarakat dalam pemanfaatan sampah kemasan plastik yang sering kali berakhir di TPA dan laut. 

Program berbasis digital melalui aplikasi WAHU ini menyediakan insentif menarik bagi peserta aktif yang melakukan pemilahan, pengumpulan dan penukaran sampah kemasan plastik berupa uang elektronik melalui dompet digital.

Ujang Solihin Sidik, Kasubdit Tata Laksana Produsen, Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan RI, mendukung penuh adanya fasilitas Pengumpulan Sampah Kemasan Plastik yang diinisiasi oleh Super Indo dan PT Waste Hubs Indonesia. 

"Dalam konteks Hari Lingkungan Hidup Sedunia, program ini dapat dikatakan selaras dengan komitmen Internasional dalam memerangi polusi plastik. Di Indonesia, KLHK sedang mencanangkan “Resolusi Polusi Plastik” yang secara spesifik membahas soal penanggulangan polusi plastik dalam satu siklus penuh, mulai dari sumbernya sampai ketika berakhir di laut," beber Ujang. 

Sementara President Director Super Indo, Boudewijn Van Nieuwenhuijzen, menyebut bahwa plastik adalah bahan yang berharga dan penting untuk distribusi produk yang aman dan efisien serta memiliki jejak karbon yang lebih rendah daripada banyak alternatif lain. 

"Namun saat ini, banyak sampah plastik malah berakhir di lingkungan tanpa pengelolan yang tepat. Super Indo berkomitmen untuk membantu Pemerintah dalam mengelola sampah plastik, dan mengurangi penggunaan plastik murni," kata Boudewijn.

Sejak 2006 Super Indo telah berinvestasi dalam banyak program edukasi untuk membantu pelanggan dan pemangku kepentingan. Super Indo lebih memahami perilaku dalam sistem plastik, dan mengubah pendekatan pembuangan limbah. 

"Kini kami memperkenalkan fasilitas Smart Waste Hub atau Poin Pengumpulan Sampah Plastik Kemasan, yang kami bangun untuk mengoptimalkan skala dan integrasi kami dalam meningkatkan pengumpulan sampah plastik sehingga membantu mengatasi masalah sampah di Indonesia yang terus tinggi,” kata Boudewijn

Super Indo telah melakukan uji coba bulan lalu dan mendapati respon yang positif dari pelanggan serta lingkungan sekitar. Poin Pengumpulan Sampah Kemasan Plastik ini telah ditempatkan di 2 toko Super Indo di Kota Tangerang dan Kota Bekasi, didukung oleh aplikasi digital untuk dokumentasi yang baik dan kemudahan pembayaran melalui e-wallet. 

"Fasilitas tersebut mampu memproses lebih dari 100 ton sampah plastik per bulan, mendukung ekonomi sirkular melalui kemasan plastik sekali pakai dan membantu mengalihkan sampah plastik yang saat ini dikirim ke tempat pembuangan sampah," kata Yuvlinda Susanta, General Manager of Corporate Affairs & Sustainability, Super Indo.

Setiap kemasan plastik rumah tangga yang dibawa ke Fasilitas WAHU akan dihargai berdasarkan kategorinya. Misalnya kategori sampah plastik campur yang dihargai Rp2500 perkilogram, sampah botol plastik PET tertentu dihargai Rp4500 perkilogram, dan sampah plastik kemasan Private Label Super Indo dihargai Rp5000 perkilogram.

Fasilitas WAHU dibangun di dua gerai Super Indo, yaitu Super Indo Pinang – Kota Tangerang dan Super Indo Wibawa Mukti – Kota Bekasi. Kedepannya Super Indo akan menambahkan pembangunan fasilitas WAHU ini ke kota-kota lain yang berada di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…