Dapur Bergerak Mustika Rasa Superindo, Perangi Food Waste

Oleh : Nina Karlita | Rabu, 19 April 2023 - 23:18 WIB

Superindo gelar Dapur Bergerak Mustika Rasa Superindo.
Superindo gelar Dapur Bergerak Mustika Rasa Superindo.

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Supermarket Super Indo menandai dimulainya kegiatan Dapur Bergerak Mustikarasa yang akan dioperasikan oleh Foodbank of Indonesia (FOI). 

Dapur Bergerak Mustikarasa merupakan wujud aksi kemanusiaan yang diharapkan memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat dengan membuka akses pangan sehat dan mendukung upaya Pemerintah dalam menciptakan kedaulatan pangan. 

Selain memiliki fungsi dapur pangan berjalan, Dapur Bergerak Mustikarasa ini juga akan difungsikan sebagai kendaraan edukasi untuk mengajak ibu-ibu kembali memasak di rumah, dan dapur bencana. 

Didukung mitra pemasok terpilih, Super Indo selama bulan Ramadhan dan Syawalini juga menyalurkan ribuan paket makanan siap santap bagi masyarakat pra-sejahtera. Program pemberian paket makanan yang  bertajuk Senyuman Ramadan ini diharapkan bisa meringankan beban masyarakat kurang mampu selama masa festive, masa dimana semua harga bahan pangan meningkat. 

Bahan pangan sehat yang disediakan oleh Super Indo bersama mitra pemasok diolah melalui Dapur Pangan FOI (DPF) yang masuk ke dalam jaringan relawan FOI di 20 titik mencakup Jawa dan Sumatera Selatan.

Sejak tahun 2018, Super Indo telah menjalin kerjasama dengan FOI untuk mencegah kemubaziran pangan dan memanfaatkan bahan pangan yang tersedia untuk membantu ribuan warga prasejahtera. 

"Dengan adanya Dapur Bergerak Mustikarasa ini, kami berharap FOI dapat meningkatkan pelayanan dan memanfaatkan food truck tersebut sebagai Dapur Pangan, Dapur Edukasi dan Dapur Bencana," Ungkap Donny Ardianta Passa, Vice President Buying & Indirect Procurement Super Indo. 

"Beroperasinya Dapur Bergerak Mustikarasa ini diharapkan dapat membantu Pemerintah, dalam hal ini Badan Pangan Nasional (Bapanas), melalui Gerakan Penyelamatan Pangan untuk mencegah sampah makanan dengan pengelolaan bijak makanan berlebih bagi kesejahteraan masyarakat” kata Donny lagi..

Dapur Bergerak Mustikarasa menjadi sarana pendukung Kampanye Dapur Mustikarasa yang mengajak seluruh ibu untuk kembali memasak bagi anak-anak balita dan keluarganya, sebagai kegiatan yang menyenangkan dan mulia. 

"Kita memasak menggunakan bahan pangan yang tumbuh di sekitar dan menggunakan rempah sebagai pelezat rasa asli Indonesia. Gerakan yang dimotori para ibu ini dapat menekan angka stunting yang masih di angka 21,6% dan menolong 7 juta anak-anak Indonesia yang kurang gizi akibat pandemi kemarin untuk masa depan Indonesia agar bisa bersaing dengan negara-negara lain.” Hendro Utomo, CEO Foodbank of Indonesia Network.

Dr. Sarwo Edhy, Sekretaris Utama Badan Pangan Nasional mengapresiasi dan mendukung langkah yang dilakukan Super Indo untuk memerangi food waste melalui Dapur Bergerak Mustikarasa. Kegiatan ini dinilai sebagai wujud konkrit dari kolaborasi yang baik antara sektor perusahaan swasta dan organisasi kemasyarakatan.  

"Kami menyatakan sangat mendukung progam ini dimana dapat menjadi salah satu usaha dalam penanganan food waste yang menjadi isu serius di dunia melalui peningkatan tata kelola sistem pangan nasional. Semoga program ini dapat terus berlanjut,” kata Sarwo Edhy.

Yuvlinda Susanta, GM Corporate Affairs & Sustainability Super Indo, mengungkapkan Dapur Bergerak Mustikarasa ini merupakan realisasi janji Perusahaan untuk menjadi bagian masyarakat yang bermanfaat. 

"Dengan adanya Dapur Bergerak Mustikarasa ini, Super Indo berharap FOI dapat meningkatkan pelayanan dan memanfaatkan dapur tersebut semaksimal mungkin untuk membantu masyarakat prasejahtera dengan menyediakan makanan sehat," kata Yuvlinda.

Program Senyuman Ramadan merupakan aksi sosial dimana Super Indo dan mitra pemasok menyisihkan sebagian keuntungan dari penjualan selama program berjalan. Semakin banyak produk yang terjual atau dibeli oleh pelanggan di Super Indo maka akan semakin maksimal nilai donasi yang diberikan kepada penerima manfaat.  

Ini ditujukan untuk membuka akses pangan sehat untuk masyarakat yang membutuhkan selama periode festive, yaitu di bulan Ramadhan dan Syawal melalui Dapur Pangan FOI yang berada di 20 daerah Jawa dan Sumatra Selatan. Program ini berlajan dan didukung oleh mitra pemasok Super Indo yaitu Belfoods, Cedea, Sunpride, dan juga produk 365 selama 2-15 Mei 2023.

“Setiap orang berperan dalam membuka akses pangan sehat bagi masyarakat. Sebagai warga Indonesia yang terbiasa dengan tradisi gotong-royong, mari kita bersama saling bahu membahu. Kami percaya kepedulian dan aksi nyata mampu mengakhiri kesulitan. Kami berharap lebih banyak perusahaan yang mengikuti jejak Super Indo dan terlibat dalam aksi gotong-royong ini.” Tutup Yuvlinda.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Selasa, 23 April 2024 - 14:13 WIB

Perjalanan Sastra Agoda: Tujuh Destinasi Sempurna yang Membuat Cerita Lebih Hidup

Dalam rangka merayakan Hari Buku Sedunia, Agoda mengubah perjalanan fantasi menjadi petualangan nyata, mengundang para penggemar sastra untuk menjelajahi lokasi-lokasi inspiratif dari buku-buku…

Acer serahkan bibit mangrove ke SeaSoldier di Tanggerang

Selasa, 23 April 2024 - 13:59 WIB

Acer Indonesia Tanam Ribuan Mangrove

Sebagai bentuk perwujudan komitmen berkelanjutan perusahaan dalam melestarikan lingkungan, Acer Indonesia hari ini memulai penanaman ribuan mangrove, yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan…

Bitcoin

Selasa, 23 April 2024 - 13:56 WIB

Kenapa Harga Bitcoin Selalu Fluktuasi? Inilah 7 Alasan Utamanya!

Harga Bitcoin dipasaran selalu mengalami perubahan. Kondisi naik dan turun harga Bitcoin ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi para investor untuk menganalisa setiap perubahan dan mencari…

Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

Selasa, 23 April 2024 - 13:08 WIB

Hormati Putusan MK, Persis Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Usai melalui berbagai rangkaian sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan sengketa Pemilihan Presiden 2024 yang menolak permohonan…

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Selasa, 23 April 2024 - 12:31 WIB

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Proyek Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Bayung - Lencir - Tempino Seksi 3 garapan PT Hutama Karya (Persero)…