Dahsyat! Perusahaan asal Jerman Hans Dinslage GmbH Teken MoU invetasi USD 4.9 Juta untuk Bangun Pabrik di KEK Kendal

Oleh : Candra Mata | Senin, 17 April 2023 - 18:36 WIB

Perusahaan asal Jerman Hans Dinslage GmbH Teken MoU invetasi USD 4.9 Juta untuk Bangun Pabrik di KEK Kendal
Perusahaan asal Jerman Hans Dinslage GmbH Teken MoU invetasi USD 4.9 Juta untuk Bangun Pabrik di KEK Kendal

INDUSTRY.co.id

Jerman, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal di Jawa Tengah secara resmi melakukan penandatanganan perjanjian investasi dengan perusahaan asal Jerman Hans Dinslage GmbH atau yang dikenal juga dengan PT Beurer Indonesia Technology.

Penandatanganan investasi ini dilaksanakan secara langsung dalam agenda MOU Signing Ceremony di Pavilion Indonesia yang berada di lokasi Pameran International Hannover Messe 2023 di Jerman.

Turut hadir dalam MoU tersebut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita.

Untuk diketahui, Hans Dinslage GmbH sendiri merupakan anak perusahaan dari Beurer GmbH yaitu perusahaan produsen alat Kesehatan terkemuka asal Jerman yang telah berdiri sejak tahun 1919. 

Ada lebih dari 500 produk yang diproduksi, serta sangat beragam, mulai dari medical equipment, beautycare, sampai dengan babycare.

Penandatangan kerjasama investasi dilakukan langsung oleh Sebastian Kebbe selaku Managing Director dari Hans Dinslage GmbH dan Stanley Ang, President Director Kawasan Industri Kendal. 

Dengan dilakukannya kesepakatan ini, Hans Dinslage GmbH berkomitmen untuk melakukan investasi sebesar USD 4,9 Juta. Mereka akan segera membangun pabrik produksi alat kesehatan seperti blood pressure monitors, therapy lamps, dan massage item. 

Investasi ini sendiri akan menjadi pabrik pertama Hans di Indonesia, juga di wilayah Asia Tenggara dengan proyeksi tenaga kerja yang akan terserap sekitar 500 orang.

Dalam pernyatannya, Sebastian Kebbe dari Hans Dinslage GmbH mengemukakan bahwa dirinya dengan yakin memilih Indonesia sebagai lokasi ekspansi mereka dikarenakan iklim investasi yang sangat baik dan kondusif. 

 “Banyak sekali fasilitas menarik yang ditawarkan seperti pengurangan PPh Badan (Tax Holiday dan Tax Allowance), bebas bea masuk, dan bebas PPN. Hal ini membuat kami memutuskan untuk berinvestasi di Kendal," ungkap Sebastian Kebbe dalam keterangannya yang diterima redaksi INDUSTRY.co.id pada Senin (17/4/2023).

Sementara itu Stanley Ang menyampaikan bahwa KEK Kendal sebagai salah satu Kawasan Ekonomi Khusus, tidak hanya memiliki fasilitas insentif fiskal untuk menarik para investor, kawasan industri Kendal juga menawarkan berbagai fasilitas insentif non fiskal. 

“Selain perusahaan lokal, kami juga memiliki investor asing yang baru pertama kali berinvestasi di Indonesia. Selain fasilitas fiskal, kami juga memberikan berbagai fasilitas non-fiskal. Seperti kemudahan proses administrasi pembuatan PT, perekrutan pegawai, hingga pendampingan dalam proses perizinan dan pengajuan benefit. Hal ini yang kami jamin yaitu investor akan kami bantu dan dampiringi dari awal sampai perusahaan dapat beroperasi," jelas Stanley.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengemukakan bahwa pemerintah menyambut baik bergabungnya Hans Dinslage GmbH di KEK Kendal. Menurutnya nvestasi dari perusahaan Jerman ini menambah panjang daftar invetasi perusahaan asal Uni Eropa yang masuk ke Indonesia. 

“Kami sangat menyambut baik Kerjasama investasi yang terjadi hari ini. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia, tentunya bersama perusahaan lokal mampu dengan serius datang ke Eropa ini, dan sukses mendatangkan investasi ke Indonesia dengan jumlah yang cukup fantastis," pungkas Menperin Agus.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…