Mandiri Capital Membantu Membangun Kemitraan Strategis Antara Startup dengan Unit Usaha Mandiri Group

Oleh : Herry Barus | Jumat, 17 Maret 2023 - 07:17 WIB

Mandiri Capital Membantu Membangun Kemitraan Strategis Antara Startup dengan Unit Usaha Mandiri Group
Mandiri Capital Membantu Membangun Kemitraan Strategis Antara Startup dengan Unit Usaha Mandiri Group

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sebagai bentuk dukungan sinergi Mandiri Group dan startup untuk pertumbuhan bisnis bersama, PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) kembali menyelenggarakan program Xponent batch kedua yang mengangkat tema “Collaboration & Growth Program” pada 16 Maret 2023. Pada Xponent batch kedua tahun ini, setidaknya 5 (lima) sinergi telah diresmikan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

“Xponent batch kedua ini bertemakan Collaboration & Growth Program, dimana kami memfasilitasikan kolaborasi agar semua pihak, yaitu korporasi dalam hal ini adalah Mandiri Group, dan startups, dapat tumbuh bersama. Program ini menjadi peluang bagi startup untuk terhubung dan mengembangkan bisnisnya dengan Mandiri Group yang memiliki ekosistem lebih dari 100 unit usaha, dan 11 anak usaha,” Ucap Dennis Pratistha, Chief Investment Officer PT Mandiri Capital Indonesia.

Program Xponent batch kedua diikuti 33 startups dan 9 unit usaha Mandiri Group. Para peserta mengikuti sejumlah program yang terdiri dari business matchmaking dan investment session. Selain itu terdapat pula panel session yang bertemakan “Sustainability in Startups: Innovations and challenges”. Pada batch kedua, Xponent berhasil menghasilkan beberapa penandatanganan nota kesepahaman kerja sama, di antaranya:

1.            SME Banking Group dengan Fishlog

2.            SME Banking Group dengan Mekari Group

3.            IT Application Development Group dengan Kecilin

4.            Digital Banking Product Group dan Micro banking dengan Sinbad

5.            FitAja! dengan Ayoconnect

Bisma Manda Samsu, Chief Financial Officer Kecilin mengatakan, “Sebagai Startup Artificial Intelligence yang fokus pada kompresi data internet, Kecilin berharap untuk menyetarakan akses ke informasi digital untuk semua bisnis dan individu. Melalui kerja sama ini, kami memiliki kesempatan untuk mendukung aktivitas perbankan digital (digital banking) Mandiri Group.”

“Penjajakan kerja sama dengan FitAja! merupakan salah satu komitmen Ayoconnect dalam menyediakan API sistem pembayaran yang lebih mudah bagi bisnis dari beragam sektor maupun ukuran usaha. Harapannya, semakin banyak kolaborasi lagi yang terwujud di masa mendatang,” tambah Chiragh Kirpalani selaku Chief Operating Officer Ayoconnect.

“Pada batch kedua Xponent ini, kami berusaha untuk menjaring lebih banyak startup dari lebih banyak industri dan mengundang unit bisnis Mandiri yang berbeda dari tahun lalu agar semakin membuka peluang kolaborasi melalui beragam potensi bisnis,” tutur Rabbi Amrita Givatama, SVP Investment & Synergy PT Mandiri Capital Indonesia.

“Pada Xponent batch kedua ini, kami sangat senang karena adanya antusiasme dari kedua belah pihak; unit usaha Mandiri Group dan Startup yang telah mendaftar di Xponent. Kami juga akan terus mewujudkan komitmen dalam membangun kemitraan strategis untuk mempercepat inovasi di ekosistem digital Indonesia,” tutup Rino Bernando, Direktur Keuangan PT Mandiri Capital Indonesia.

Program Xponent batch pertama pada 2022 lalu diikuti 40 startup, 13 unit usaha Mandiri Group. Pada batch perdana tersebut, Xponent berhasil menghasilkan beberapa penandatanganan nota kesepahaman kerja sama, di antaranya, Qoala dengan Mandiri Tunas Finance (MTF), Ringkas dan Ideal dengan Consumer Loans Group di Bank Mandiri, PT Mandiri Utama Finance (MUF) dengan PT Teknologi Usaha Nusantara (Broom.ID), serta Group Micro Development & Agent Banking dan SME & Micro Risk Bank Mandiri dengan PT Crowde Membangun Bangsa (Crowde).

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…