Jelang Integrasi Resmi, Kemenkes Kembali Gelar Pendampingan SATUSEHAT di Jawa Timur

Oleh : Hariyanto | Rabu, 25 Januari 2023 - 15:30 WIB

Kemenkes Gelar Pendampingan SATUSEHAT
Kemenkes Gelar Pendampingan SATUSEHAT

INDUSTRY.co.id - Surabaya – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Pusat Data dan Teknologi Informasi dan Digital Transformation Office (Pusdatin-DTO) kembali menggelar uji coba dan pendampingan integrasi platform SATUSEHAT di Jawa Timur pada 17-18 Januari 2023.

“Setelah perdana diikuti puskesmas, kami kembali menggelar uji coba dan pendampingan integrasi platform SATUSEHAT untuk kalangan rumah sakit di Jawa Timur,” kata Ketua Tim Kerja Perencanaan dan Pengembangan Sistem Informasi Khusus Pusdatin, Aang Abu Azhar dalam keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (25/1/2023).

Dari uji coba dan pendampingan kali ini, ada 81 rumah sakit dan 90 puskesmas yang siap terintegrasi. Dengan begitu, dari dua kali penyelenggaraan, total 909 fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) di Jawa Timur yang akan terintegrasi dengan platform SATUSEHAT di tahun 2023.

“Bagi rumah sakit maupun fasyankes lain yang belum memenuhi standar pada uji coba kali ini akan mendapatkan pendampingan lanjutan hingga siap masuk ke tahap integrasi resmi atau live production dengan platform SATUSEHAT,” kata Aang.

Pada tahun ini, secara spesifik Pusdatin-DTO menargetkan 3.000 rumah sakit di seluruh Indonesia untuk terintegrasi dengan platform SATUSEHAT hingga akhir tahun 2023.

Pada gelaran uji coba kali ini, Pusdatin-DTO juga turut melibatkan tenaga sistem informasi (programmer) dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito sebagai salah satu fasilitator uji coba. RSUP Dr. Sardjito sendiri merupakan salah satu peserta Training of Trainer SATUSEHAT yang diselenggarakan oleh Pusdatin-DTO yang pada Desember lalu.

Tenaga sistem informasi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito, Nova Arief Restiaka menerangkan bahwa ada penambahan materi pada pendampingan yang diberikan kali ini. Yaitu dengan ditambahkannya use case imunisasi.

“Setiap fasyankes diharapkan dapat mengirimkan data dari sistem utama masing-masing ke platform SATUSEHAT, khususnya terkait use case rawat jalan dan imunisasi,” kata Nova.

Menanggapi digelarnya acara ini, salah satu pengembang Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) RSUD Bhakti Dharma Husada Surabaya, Gema Pratama mengaku terbantu dengan pendampingan yang diberikan oleh para fasilitator selama uji coba berlangsung.

“Materi yang diberikan telah membantu kami untuk mempersiapkan integrasi SIMRS ke dalam platform SATUSEHAT. Selanjutnya, kami akan menyiapkan dan menyesuaikan data pasien dan nakes yang kita miliki menjelang live production tahun ini,” kata Gema.

Gema pun berharap, selain terkait pengiriman data dari rumah sakit, ke depan dapat dilakukan juga sosialisasi terkait pemanfaatan data dari platform SATUSEHAT untuk rumah sakit sesuai dengan Undang-undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi.

Dalam waktu dekat, Pusdatin-DTO juga akan segera melakukan tahap live production dengan menghubungkan seluruh fasyankes di Pulau Jawa-Bali yang telah mengikuti uji coba sebelumnya untuk terintegrasi secara resmi ke dalam platform SATUSEHAT.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Super Indo luncurkan Indikator Kandungan Gula pada produk minuman.

Jumat, 27 Januari 2023 - 14:20 WIB

Bantu Pelanggan Seimbangkan Gula, Super Indo Luncurkan Indikator Kandungan Gula Pada Produk Minuman

Super Indo tunjukkan komitmennya untuk menjalankan bisnis yang lebih bertanggung jawab dengan Luncurkan Indikator Kandungan Gula pada produk minuman.

Velline Ayu

Jumat, 27 Januari 2023 - 12:10 WIB

Velline Ayu Minta Maaf Kepada Pasangan Rizky Billar & Resty Kejora

Kasus edit mengedit video sehingga tidak utuh dan menimbulkan tafsir berbeda kembali muncul. Kali ini menimpa pedangdut yang juga peramal kartu Tarot Velline Ayu.

Indomilk Hadirkan Workshop Signature Beverage di Malang

Jumat, 27 Januari 2023 - 12:03 WIB

Indomilk Hadirkan Workshop Signature Beverage di Malang

Indomilk–bagian dari PT Indofood CBP Tbk–berupaya memaksimalkan dan menerapkan prinsip ekonomi kreatif dan sirkular melalui Workshop Signature Beverage--bagian dari rangkaian kegiatan Indomilk…

Didik Junaidi Rachbini

Jumat, 27 Januari 2023 - 10:53 WIB

Stadium General LK-1 HMI Universitas Paramadina Jakarta

Peran Intelektual Muda/Mahasiswa Sebagai Episentrum Gerakan dalam Mencerdaskan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja (Foto Ist)

Jumat, 27 Januari 2023 - 10:39 WIB

BCA Tutup Tahun 2022 Dengan Pertumbuhan Total Kredit Sebesar 11,7% YoY

Capaian ini mendukung dana giro dan tabungan (CASA) naik 10,6% YoY di Desember 2022. Di sisi profitabilitas, laba bersih BCA dan entitas anak mencapai Rp40,7 triliun di tahun 2022, atau tumbuh…