Sidang Kasus Dugaan Penggelapan Mobil Mini Cooper, Tim Penasehat Desak Terdakwa Dihadirkan

Oleh : Herry Barus | Rabu, 18 Januari 2023 - 05:55 WIB

Fahmi Bachmid dari Fahmi Bachmid & Partners
Fahmi Bachmid dari Fahmi Bachmid & Partners

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Sidang perkara dugaan penggelapan mobil mewah Mini Cooper dengan terdakwa Yanti (31), profesional sektor asuransi  ternama yang dipenjarakan pacarnya, kembali ditunda.

Penasehat hukum  terdakwa  Y, Fahmi Bachmid  dari Fahmi Bachmid & Partners ngotot agar kliennya dihadirkan dalam persidangan dengan agenda pembacaan dakwaan di ruang sidang Oemar Seno Adjie, Selasa (17/1/2023).

Majelis Hakim mengkabulkan pembacaan dakwaan pada sidang kedua hari ini memenuhi  permintaan Fahmi Bachmid yang bersikeras agar dihadirkan terdakwanya.

"Jaksa Penuntut Umum tidak menghadirkan  terdakwa itu menabrak KUHP,  Alasan JPU minta penetapan majelis hakim itu mengada-ada, nggak masuk akal, dan JPU tidak memahami KUHP," ujar Fahmi dengan nada tinggi.

Menurut Fahmi, baru pertama dalam sejarah, di mana sidang dipaksakan,  penasehat hukum terdakwa minta berkas perkara dan BAP tidak diberikan.

Sementara itu juga di tempat yang sama Advokat Usman A Lawara, SH MH didampingi Galih Rakasiwi menyatakan alasan lain bahwa pihaknya  minta Berita Acara Pemeriksaan dan Berkas Perkara tidak diberikan oleh JPU mengkebiri hak kliennya.

" Kami datang baik-baik ke Kejaksaan minta foto copi Berkas Perkara, namun tidak diberikan. Hal ini kita anggap sebagai tindak mengamputasi hak klien kami. Namun bersyukur  Majelis Hakim bersedia memberikan foto copi berita acara yang kami minta," ujar Usman A Lawara.

Advokat berkacamata ini berharap agar sidang ketiga, Selasa (24/1/2023), JPU menghadirkan terdakwa.

"Kehadiran terdakwa adalah hak yang dijamin undang-undang. Kalau terdakwa hanya mengikuti sidang secara online  yab hanya dia  yang tahu , kami penasehat hukum tidak bisa mengikuti proses secara adil dan transparan  seperti diatur dalam KUHP," ucap Usman, saat jumpa dengan awak media.

Seperti diketahui, Y menjalani sidang dengan dakwaan penggelapan sebuah mobil mewah milik bersama pacarnya R.

Sidang  yang dipimpin Hakim Ketua Togi Pardede SH MH, anggota Gede Sunarjana SH MH, dan Aloysius Prihartono Bayuaji SH MH berlangsung singkat.

"Sidang  hari ini bertentangan dengan kebijakan Presiden Joko Widodo yang  mencabut PPKM, tetapi di sidang ini mengapa tidak menghadirkan terdakwa dengan dalih masih di masa PPKM. Apa alasannya tidak jelas. Ini yang kita protes," ucap Galih.

Advokat cerdas ini menambahkan, pada sidang kedua,  24 Januari  2023  mendatang dengan agenda pembacaan dakwaan, harus menghadiri terdakwa.

"Kami minta sidang  ketiga tidak online seperti hari ini. Harus offline, agar terdakwa dihadirkan, agar bisa secara langsung menyampaikan hak-haknya," tutur Galih.

Sementara itu, adik kandung Y, Yunita yang  hadir  pada persidangan hari ini, menyatakan bahwa kakaknya sudah 4 bulan ini ditahan di Polres Jakarta Utara.

"Kami berharap Majelis Hakim memberikan putusan yang adil kepada kakak saya, yang tidak menggelapkan mobil seperti yang didakwakan," ucap Yunita. *

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prof Satyanegara diangkat sebagai MWA dan dihadiri SD Darmono pendiri Jababeka di President University

Jumat, 01 Maret 2024 - 19:47 WIB

Fakultas Kedokteran, President University, Angkat Prof. Satyanegara sebagai Ketua Wali Amanat

President University secara resmi mengangkat Prof. Dr. dr. Satyanegara, Sp.BS (K) sebagai Chairman of the Board of Trustees atau Ketua Wali Amanat Fakultas Kedokteran. Prosesi pengangkatan dilakukan…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan 10 Ruas Inpres Jalan Daerah di Kalimantan Timur Senilai Rp561 Miliar.

Jumat, 01 Maret 2024 - 19:25 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan 10 Ruas Inpres Jalan Daerah di Kalimantan Timur Senilai Rp561 Miliar.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan perbaikan 10 ruas jalan dan 1 jembatan di Kalimantan Timur yang dilaksanakan…

Presiden Jokowi Lakukan Topping-Off Hunian ASN-Hankam di IKN

Jumat, 01 Maret 2024 - 19:18 WIB

Presiden Jokowi Lakukan Topping-Off Hunian ASN-Hankam di IKN

Menter Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan Topping Off Hunian ASN dan Hankam di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan…

Diskusi Mengenai Obesitas dan Pemahaman Ilmiahnya pada Hari Obesitas Sedunia

Jumat, 01 Maret 2024 - 18:09 WIB

Cegah miskonsepsi, Novo Nordisk Indonesia Dorong Diskusi Mengenai Obesitas dan Pemahaman Ilmiahnya pada Hari Obesitas Sedunia

Obesitas dan obesitas sentral merupakan salah satu masalah kesehatan yang mengkhawatirkan di Indonesia. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) 2018, prevalensi obesitas di kalangan…

Presiden Jokowi (ist)

Jumat, 01 Maret 2024 - 17:30 WIB

Dahsyat! IKN Magnet Baru Investasi, Jokowi: Yang Antre Banyak...

Ibu Kota Negara (IKN) tengah menjadi incaran para investor. Bak gadis cantik, investor rela antre untuk menanamkan modalnya di IKN. “Yang antre ini banyak, hanya mengatur di mana lahan yang…