China Jadi Pasar Prospektif Industri Batubara Indonesia

Oleh : Ridwan | Jumat, 07 Juli 2017 - 14:45 WIB

Produsen Batubara
Produsen Batubara

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT ABM Investama yang merupakan perusahaan di bidang industri batubara berniat membidik China sebagai pasar yang sangat prospektif bagi industri batubara di Indonesia.

"Saat ini di China banyak membangun yang sumber energinya batubara. China akan tingkatkan kebutuhan coal-nya saat ini," ungkap Direktur Keuangan ABM lnvestama, Adrian Erlangga ditemui di Jakarta, Jumat (7/7/2017).

Ia menambahkan, secara persentase kebutuhan batu bara untuk pasokan energi akan mengalami penurunan sebanyak 55 persen dalam 10 tahun ke depan. Namun secara rill, kebutuhan energi dunia terus meningkat.

Selain itu, kebutuhan batu bara di sejumlah negara di kawasan Asia Tenggara ada kecenderungan meningkatkan. Impor menjadi salah satu keputusan yang mesti diambil negara-negara tersebut. "Asia Tenggara, Myanmar, Vietnam, Laos, Kamboja Malaysia. Jadi itu membutuhkan batu bara yang luar biasa. Ditambah India yang dinilai akan meningkatkan kapasitas impor batu bara dalam negerinya" paparnya.

Menurutnya, pelaku industri batu bara Indonesia bisa masuk ke pasar di negara tersebut.  "India akan tingkatkan impor batu bara 40 juta ton," tambah dia.

Disisi lain, untuk kebutuhan batu bara dalam negeri sendiri juga masih tinggi, didukung dengan adanya program 35 ribu mega watt listrik oleh pemerintah. Peningkatan kebutuhan batu bara diproyeksikannya naik 2 kali lipat.

"Kebutuhan batubara domestik saat ini sekitar 80 juta ton per tahun. Jadi, sampai 10 tahun kedepan membutuhkan 160-170 juta ton," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan bersama Menkop

Senin, 27 Januari 2020 - 22:50 WIB

Kementan - Kemenkop UKM Kembangkan Bisnis Dengan Korporatisasi Pertanian

Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Kementerian Koperasi dan UKM (kemkop UKM) bekerja sama untuk segera mengembangkan bisnis dalam pengelolaan tani dengan mengkorporatisasikan bidang pertanian.…

Peluncuran Xiaomi Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro

Senin, 27 Januari 2020 - 20:49 WIB

Apresiasi Konsumen, ​Xiaomi selenggarakan Payday Party Super Sale

Sebagai bentuk apresiasi, Xiaomi berikan potongan harga Redmi 8A, Redmi 8 dan Redmi Note 8 mulai dari Rp 150,000

Samsung Galaxy A71

Senin, 27 Januari 2020 - 20:25 WIB

Lengkapi Jajaran A Series, Samsung Galaxy A71 Jadi Smartphone Resmi Piala Presiden Esports 2020

Samsung Galaxy A71 melengkapi jajaran Galaxy A Series dan memberikan pengalaman Live Gaming bagi para gamers dengan performa awesome melalui layar Infiniti-O Super AMOLED Plus, baterai 4.500…

Otoritas Jasa Keuangan/OJK (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 27 Januari 2020 - 20:15 WIB

OJK Cabut Izin Usaha BPR Tebas Lokarizki Sambas Kalbar

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui Keputusan Anggota Dewan Komisioner (KADK) Nomor KEP-19/D.03/2020 tanggal 27 Januari 2020 mencabut izin usaha PT Bank Perkreditan Rakyat Tebas Lokarizki, yang…

CEO Crown Group, Iwan Sunito (Foto Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 27 Januari 2020 - 19:01 WIB

Pertengahan Tahun 2020, Crown Group Bakal Luncurkan Proyek Pertamanya di Melbourne

Pengembang terkemuka Australia, Crown Group sedang bersiap untuk meluncurkan pengembangan hunian pertamanya di Melbourne pada pertengahan tahun 2020.