Subang Smartpolitan Siap Bertransformasi Menuju Smart Eco Industrial Park

Oleh : Ridwan | Kamis, 13 Oktober 2022 - 18:35 WIB

Subang Smartpolitan
Subang Smartpolitan

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Industrialisasi yang inklusif dan berkelanjutan adalah salah satu topik utama yang dibahas dalam Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG) Presidensi G20 di tahun 2022. Termasuk didalamnya pembahasan mengenai pengembangan industri Generasi 4 atau dikenal dengan Smart-Eco Industrial Park. 

Hal ini sesuai dengan perkembangan isu terkait smart industry yang menuntut industri untuk dapat memanfaatkan teknologi sesuai era revolusi industri 4.0.

Himpunan Kawasan Industri (HKI) mencatat, saat ini sekitar 5 persen dari total kawasan industri yang ada sedang berupaya untuk bertransformasi menuju Smart-Eco Industrial Park. Satu kawasan industri yang sudah bertransformasi berasal dari Banten, dua diantaranya dari Kota Batam dan empat lainnya dari Jawa Barat.

Transformasi kawasan industri menjadi Smart-Eco Industrial Park sendiri erat kaitannya dengan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola standar. Maka akselerasi penerapan Smart-Eco Industrial Park mutlak diperlukan guna meningkatkan ekonomi, produktivitas, daya saing, efisiensi energi dan sumber daya, serta perbaikan lingkungan.

Dari segi ekonomi sendiri terlihat jelas Purchasing Management Index (PMI) Manufaktur Indonesia mengalami peningkatan ekspansif di atas benchmark (50,0) dari 51,7 pada Agustus 2022 menjadi 53,7 pada September 2022. Index tersebut dapat menandakan perekonomian nasional sedang dalam keadaan sehat dan berkembang.

Performa tersebut tentunya perlu didorong dengan pengembangan berkelanjutan agar PMI manufaktur di Indonesia semakin baik, diantaranya dengan kawasan industri yang terus meningkatkan dan mengakomodasi standar-standar penyediaan infrastruktur kawasan yang berkelanjutan, penggunaan energi baru dan terbarukan, pengelolaan lingkungan serta tanggung jawab sosial dan pemberdayaan masyarakat atau dikenal dengan ESG (Environmental, Social, Governance). 

Dalam seminar “Peluang dan Tantangan Smart-Eco Industrial Park Indonesia” yang diadakan oleh HKI di Gedung Graha Sawala Kemenko Perekonomian, Eko S.A. Cahyanto, Direktur Jenderal Ketahanan Perwilayahan Akses Industri Internasional Kementrian Perindustrian menyampaikan, buat kami pada intinya sesuai dengan Peta Jalan Indonesia 4.0, Pemerintah berharap kita bisa terus meningkatkan iklim usaha terutama iklim usaha untuk kegiatan usaha kawasan industri.

“Sesuai dengan norma yang sudah diatur didalam Undang-undang No. 3 Tahun 2014 bahwa industri wajib berlokasi di kawasan industri, itu adalah norma dan pakem yang kami pegang sebagai Pembina, tidak hanya Pembina kawasan industri tapi juga Pembina industri untuk terus menjaga industri terutama yang baru untuk tetap berlokasi di kawasan industri,” ungkap Eko.

Menurutnya, ada beberapa hal yang perlu disampaikan mengapa industri perlu berlokasi di kawasan industri. Pertama adalah kemudahan dalam melakukan pembinaan industri termasuk pengawasan dan pengendaliannya. 

Kedua, mendorong sustainability atau keberlanjutan agar kawasan industri bisa terus meningkatkan daya saingnya termasuk mengadopsi standar-standar keberlanjutan dan smart-eco industrial park sehingga dapat memberikan daya dukung lingkungan yang baik kepada industri. 

Yang terakhir, untuk mendorong adanya kawasan industri yang lebih banyak lagi sehingga tata ruangnya bisa terjaga.

Sebagai salah satu narasumber dari seminar tersebut, Abednego Purnomo selaku Ketua Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi HKI turut menyampaikan bahwa pada dasarnya yang dibutuhkan dalam transformasi smart-eco industrial park adalah infrastruktur kawasan yang sebaiknya sudah didesain dengan matang dari awal, serta menerapkan konsep sustainability dan agility dimana harus mempertimbangkan prospek dan tren industri kedepannya.

“Tren industri yang dinamis membuat kita harus selalu adaptif dan siaga untuk menghadapinya agar tidak tertinggal. Maka dari itu, persiapan teknologi infrastruktur yang matang sedari awal sangatlah diperlukan. Sehingga nantinya apabila sebuah kawasan industri hendak bertransformasi lagi maka semuanya sudah siap," terangnya.

Hal itu juga sedang beliau implementasikan di kawasan yang dikembangkan sejak tahun 2020, Subang Smartpolitan, sebuah kota mandiri yang terintegrasi dan mengusung konsep smart & sustainable. 

Pemerintah sangat mendukung para pengelola kawasan agar dapat segera bertransformasi menuju smart-eco industrial park. Hal ini tidak lain untuk terus menjaga daya saing antar kawasan industri, meningkatkan minat investor dalam berinvestasi di Indonesia yang berujung pada pertumbuhan ekonomi nasional yang semakin positif.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).