Ingin Naik Kelas, Komunitas Kreatif Tunanetra Mandiri Ajak OK OCE Kembangkan Usaha

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 01 Oktober 2022 - 11:10 WIB

Komunitas Kreatif Tunanetra Mandiri Ajak OK OCE Kembangkan Usaha
Komunitas Kreatif Tunanetra Mandiri Ajak OK OCE Kembangkan Usaha

INDUSTRY.co.id -Jakarta- Salah satu alternatif dalam meningkatkan pendapatan adalah dengan berwirausaha.  OK OCE berkolaborasi dengan Komunitas Kreatif Tunanetra Mandiri mendorong untuk dapat meningkatkan usaha mereka melalui pelatihan kewirausahaan bertajuk  “Manajemen Usaha dan Bagaimana Cara Mendapatkan Akses Permodalan Agar Usaha Berkembang”, Kamis, 29 September 2022.

Usaha yang dijalankan oleh komunitas ini bervariasi, dimulai dari jasa pijat hingga warung kopi. Dalam perjalanannya, para pelaku usaha ingin menaikkan usahanya dengan mendapatkan akses permodalan. Sayangnya, banyak kendala dan ketidaktahuan bagaimana mendapatkan akses tersebut.

Iim Rusyamsi, Ketua Umum OK OCE, mengatakan, OK OCE sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Komunitas Kreatif Tunanetra Mandiri. Menurutnya, dalam berwirausaha perlu manajemen yang baik, dan OK OCE memiliki kurikulum 7 TOP ( Tahapan OK OCE Menuju Prima) untuk usaha berkembang.

“Dimulai dari pendaftaran, pelatihan, pendampingan, perizinan, pemasaran, pelaporan keuangan hingga akses permodalan, adalah tahapan yang dilalui oleh pelaku usaha. Mengapa akses permodalan justru ada di tahap akhir? karena perlu kesiapan sebuah usaha untuk “dilirik” oleh investor”, ungkapnya.

Sementara itu, Muhamad Ramdhani, Ketua Komunitas Kreatif Tunanetra Mandiri, mengucapkan banyak terimakasih karena telah didukung dengan adanya kegiatan ini. Dhani menambahkan, “Sebagian besar sudah ada usaha hanya karena pandemi jadi banyak yang harus mulai lagi. Usahanya kebanyakan teman-teman ini ialah,  jasa pijat, warkop, jualan parfum, jualan kerupuk”.

Selain Ketua Umum OK OCE, kegiatan ini juga diisi oleh pemateri Hilman Ghazali, Manager Event Program OK OCE

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Agenda Business Matchmaking antara Startup dan BUMN pada event Nex-BE Fest 2022 di Bali, pekan lalu.

Rabu, 07 Desember 2022 - 06:42 WIB

Telkom Melalui MDI Ventures dan TMI hasilkan lebih 150 Potensi Sinergi antar BUMN dan Startup

Rangkaian event tahunan ‘Next Billion Ecosystem Festival’ (Nex-BE Fest) besutan MDI Ventures dan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) yang merupakan anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero)…

Golden Rama Tours & Travel Persembahkan Tampilan Website Terbaru

Rabu, 07 Desember 2022 - 06:34 WIB

Golden Rama Tours & Travel Persembahkan Tampilan Website Terbaru Guna Memberikan Pelayanan Terbaik Bagi Pelanggannya

Dunia pariwisata dan perjalanan sudah mulai kembali pulih pasca pandemi. Sebuah laporan dari World Travel & Tourism Council yang berbasis di London mengindikasikan industri perjalanan di Asia-Pasifik…

Ilustrasi Obligasi (dok sindo)

Rabu, 07 Desember 2022 - 05:34 WIB

Seperti Apa Perkiraan Pefindo Nilai Penerbitan Obligasi Tahun Depan ?

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memperkirakan nilai total penerbitan obligasi pada 2023 akan turun dibanding nilai penerbitan pada tahun ini yang telah mencapai Rp157 triliun.

Satgas Yonif Mekanis 203/AK Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Rabu, 07 Desember 2022 - 04:54 WIB

Satgas Yonif Mekanis 203/AK Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Guna meningkatkan kesejahteraan warga di Desa Lowanom, Satgas Yonif Mekanis 203/AK hadir di tengah-tengah masyarakat dengan mengusung tema “Babinsa Masuk Dapur”. Satgas Yonif Mekanis 203/AK…

Ilustrasi obligasi

Rabu, 07 Desember 2022 - 04:24 WIB

November 2022, Pefindo Genggam Mandat Obligasi Rp11,16 Triliun

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) melaporkan memiliki mandat pemeringkatan surat utang Rp 11,16 triliun sampai akhir November 2022.