Mengenal Lebih Dekat Muhamad Catur Gunandi, Pengusaha di Belakang Kesuksesan Perusahaan Multi Bisnis

Oleh : Hariyanto | Kamis, 15 September 2022 - 16:00 WIB

Muhamad Catur Gunandi
Muhamad Catur Gunandi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Muhamad Catur Gunandi, akrab disapa Mister Catur, sosok di balik perusahaan-perusahan yang sukses dan tumbuh dengan cepat. Pria kelahiran Cimahi tahun 1984 ini, memulai karir sebagai profesional di beberapa posisi di berbagai perusahaan multinasional diantaranya PT Astra Daihatsu Motor (Planning and Production) , PT Medco Energi International (Procurement and Logistic) hingga PT Pertamina (Persero) (Sales and Marketing) yang menjadikannya kaya akan pengetahuan menjalan korporasi.

Berbagai prestasi dan pencapaian sebagai profesional telah diraih dalam waktu singkat diantaranya sebagai Best Of Astra Emplyee dengan Jardine Awardsnya di Astra Daihatsu, The Best Key Account Manager  PT Pertamina (persero) dan terpilih berkesempatan mengenyam pendidikan di General Electric University serta terpilih menjadi secondee di The McKenzie Institute, USA menyisihkan ratusan talent terbaik lainnya.
Selain itu, dia pun aktif diberbagai organisasi ini diantaranya Persatuan Insinyur Indonesia (PII), KADIN, Hipmi dan Hippi  juga turut mendirikan organisasi IAAI (Indonesia Aeronautic Astronatic Indonesia). 

Menjadi pengusaha bertangan dingin
Mister Catur, setiap ada kesempatan selalu membaca dan bergaul dengan berbagai kalangan dalam suatu komunitas ataupun pribadi. Kegiatannya ini memberikannya kemampuan untuk membaca tren yang akan terjadi serta melihat momentum yang dapat dimanfaatkan. Kemampuannya ini mendorong dirinya untuk menetapkan timeline langkah sukses dan bertransformasi menjadi seorang entrepreneur bertangan  dingin.

Tahun 2014, Mister Catur mendirikan sebuah usaha yang pada akhirnya booming menjadi sebuah usaha dengan omset milyaran per bulan. Cireng Salju Bonju dimulai dengan rumahan dengan modal beberapa juta rupiah saja dengan badan usaha PT Bonju Indonesia Mas, hanya dalam waktu satu tahun, omset melesat menjadi milyaran rupiah per bulan. Distribusinya tidak hanya di dalam negeri tapi merambah hingga ke luar negeri dengan bantuan reseller yang dimilikinya. Cireng Salju Bonju menjadi rising star di tahun tersebut dan berhasil mewujudkan mimpi para reseller diantaranya dikenal dengan jargon Tukang Cireng Naik Haji.

Pada tahun yang sama, Mister Catur mendirikan dan mengembangkan perusahaan-perusahaan yang kini menjadi perusahaan cukup dikenal, yakni PT Jagat Baratama yang fokus di mining contractor services dan construction services, kemudian PT Emnindo Jaya abadi melayani logistic dan pengangkutan khususnya di industri pertambangan. Tiga tahun kemudian, 2017, Mister Catur melihat momentum di bidang komoditas dalam negeri, dan bergabung dengan PT Arkananta Apta Pratista (ARKA) sebagai Chief Marketing Officer (CMO) sekaligus Chief Financing Office (CFO) yang ditanggannya mendapatkan kontrak kerja Panjang (hingga tahun 2025) di PT Semen Indonesia.

Seteleh fokus usaha dan memutuskan untuk resign sebagai professional di PT Pertamina , Mister Catur turut bergabung di perusahaan tambang batu bara dan energy Kayan Group sebagai share holder di anak perusahaannya dan direksi di beberapa anak perusahaan Kayan Group. Diantaranya turut mengembangkan PT Moto Energy Indonesia dan PT Kayan LNG Nusantara.

Semua perusahaan gemilang di bidangnya, dan mampu membukukan revenue yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Omset total keseluruhan perusahaannya terus di genjot, dan Mister Catur yakin dari revenue 800 Milyar/tahun akan segera mencapai 2 Triliun /tahun.

Kemampuan Mister Catur menjadi orkestrator pengatur rhytme, membaca tren dan momentum, menjadikan dirinya pengusaha bertangan dingin, mampu mewujudkan usaha untuk terus positif dan berkelanjutan. Tahun 2020 Mister Catur membaca bisnis material komposit dan pipa industri akan berkembang, dan di tahun tersebut berdirilah PT Wana Dirga Nusatara yang menjadi distributor resmi composite material “Tufftrack®” dan distributor resmi Fiberglass Reinforcement Pipe (RFP). Omset awal PT Wana Dirga Nusantara hanya 4 Milyar, kemudian hanya dalam satu tahun meningkat menjadi 50 Milyar dan di tahun 2022 ini diproyeksikan akan mencapai 100 Milyar. 

Mister Catur tidak melupakan dirinya sebagai lulusan Teknik Penerbangan, Institut Teknologi Bandung, di Tahun 2021 mendirikan sebuah perusahaan, PT HM Aviation, konsultan penerbangan spesialis  lessor konsultan, training dan suku cadang aviasi. Saat ini Mister Catur sedang mengembangkan usahanya di bidang konstruksi dan proyek pertamanya yakni pembangunan perumahan subsidi di Banten, kemudian menjadi konsultan pembangunan daerah.

Selalu menyertakan sang Kuasa
Mister Catur selalu menyertakan Tuhan dalam setiap usahanya, dia menyadari bahwa kemampuan dan kekuatan yang dimilikinya tentu atas kehendak Tuhan. Selalu berpikir positif dan yakin bahwa Tuhan selalu ada dalam setiap proses. Mister Catur sudah mencapai aktualisasi yang tidak lagi berorientasi membangun diri, tetapi juga membangun umat, bangsa dan negara. Kini Mister Catur sibuk memberikan support untuk Masjid Billionaire, yayasan anak yatim dan aktif dalam kegiatan sosial Muhsinin Club. Cita-citanya ingin mencetak tahfidz sekaligus CEO – CEO baru dengan dasar agama dan akhlak yang kuat, untuk membangun bangsa dan negara Indonesia yang kuat, damai, sejahtera.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala BKSJI Kemenperin Doddy Rahadi

Senin, 26 September 2022 - 18:40 WIB

Keren! Balai Besar Kemenperin Ciptakan Sistem Monitoring Kualitas Udara & Air Limbah Industri Terintegrasi Digital

Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Pencegahan Pencemaran Industri (BBSPJPPI) Semarang telah menciptakan sistem monitoring kualitas udara maupun air limbah industri yang terintegrasi…

Mitsubishi Xpander

Senin, 26 September 2022 - 18:30 WIB

Mitsubishi Sematkan Fitur 'Ajaib' yang Bikin Mobil Irit BBM

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sudah melengkapi mobil Mitsubishi dengan fitur Eco Indicator yang dinamakan Eco Drive Assist dan Eco Drive Meter. Fitur ini sangat…

Mitsubishi New Xpander Cross

Senin, 26 September 2022 - 18:15 WIB

Ini Fitur yang Bikin New Xpander Cross Makin Sempurna

Mitsubishi New Xpander Cross tampil dengan peningkatan kualitas di berbagai fitur, keamanan dan kenyamanan, menghadirkan kombinasi sempurna antara keagresifan sebuah SUV dan pengalaman berkendara…

Presiden Jokowi

Senin, 26 September 2022 - 17:10 WIB

Presiden Jokowi Tegaskan Semua Sama di Mata Hukum Terkait Sejumlah Kasus Korupsi

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa proses hukum yang ada di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus dihormati oleh semua pihak karena semua warga negara sama di mata hukum. Hal tersebut…

Pelepasan produk IKM

Senin, 26 September 2022 - 15:44 WIB

Produk Singkong Beku IKM Binaan Ditjen IKMA Kemenperin Tembus Hingga Pasar Dunia

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya agar Industri Kecil Menengah (IKM) tanah air mampu berkontribusi dan berperan aktif dalam memperkuat ketahanan pangan dengan menghasilkan…