Gelar UMKM Pesat Digital, Exabytes Indonesia Dorong UMKM Lokal di Malang Go Digital

Oleh : Candra Mata | Jumat, 02 September 2022 - 15:19 WIB

Exabytes Indonesia gelar event UMKM Pesat Digital "UMKM Lokal Siap Go Digital, Jangkau Pelanggan Lebih Luas".
Exabytes Indonesia gelar event UMKM Pesat Digital "UMKM Lokal Siap Go Digital, Jangkau Pelanggan Lebih Luas".

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Exabytes Indonesia hadir di Kota Malang dengan menggelar acara UMKM Pesat Digital, dengan mengusung tema "UMKM Lokal Siap Go Digital: Jangkau Pelanggan Lebih Luas". 

Adapun gelaran tersebut diikuti oleh 150 peserta se-Malang Raya secara luring dan 500 peserta secara daring dalam rangka memperingati Hari UMKM Nasional, sekaligus menjawab keresahan para pelaku UMKM yang belum mengoptimalkan peran digitalisasi. 

Indra Hartawan selaku Country Manager Exabytes Indonesia yang hadir membuka acara mengungkapkan bahwa Kota Malang merupakan kota yang berpotensi untuk mengembangkan UMKM secara pesat di Provinsi Jawa Timur.

“Melihat potensi di Malang yang merupakan kota di peringkat ke-2 yang memiliki perkembangan UMKM yang sangat pesat di Jawa Timur, sebaiknya sudah mulai dipersiapkan masa depan usaha mereka dengan investasi di pengembangan keahlian digital serta responsif terhadap industri, bisnis dan perkembangan teknologi. Merupakan wujud komitmen dari Exabytes Indonesia untuk mendorong kemajuan UMKM Indonesia yang sedang bertransisi ke online dan membutuhkan lokasi berbasis cloud untuk membangun website guna memperkuat kehadiran bisnis mereka di ranah digital," kata Indra melalui keterangan tertulisnya kepada redaksi INDUSTRY.co.id, pada Jumat (2/9/2022).

Indra mengatakan, acara UMKM Pesat Digital tahun ini berkolaborasi dengan asosiasi LUNAS Malang Raya (Layanan UMKM Naik Kelas) dan acara itu sendiri resmi dibuka oleh  Andry Yunanto selaku Sub. Koor. Pengembangan UMKM Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu yang membagikan informasi mengenai pentingnya para UMKM memahami perihal manajemen produksi, keuangan, kelembagaan dan SDM agar dapat bisa naik kelas. Serta pemanfaatan media sosial juga perlu dimaksimalkan untuk dapat memperluas jaringan usaha dan menjangkau pelanggan lebih banyak lagi.

Selain itu, acara UMKM Pesat Digital kali ini menghadirkan para pembicara yang handal di bidang pemasaran digital, fotografi dan desain visual yang merupakan topik-topik menarik untuk diikuti agar menambah wawasan serta keterampilan yang mendukung pengembangan usaha di era digital. 

Ahmad Zakiy Ramadhan yang hadir membawakan topik “Pentingnya Fotografi untuk UMKM di Era Digital”. Membagikan teknik pengambilan foto dalam meningkatkan pemasaran suatu produk.

“Meskipun ditunjang dengan peralatan dan perlengkapan yang sederhana, jika teknik yang digunakan tepat dan juga dengan didukung oleh komposisi pencahayaan yang seimbang, maka foto yang dihasilkan akan lebih berkualitas,” ujar Zakiy.

UMKM Pesat Digital pertama kali diinisiasi oleh Exabytes Indonesia di tahun 2019 yang digelar di 7 kota di Indonesia, yakni Bandung, Solo, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bali dan Medan dengan semangat mengedukasi para pelaku UMKM di daerah agar beralih ke digital.

Setelah sempat vakum selama pandemi, di tahun 2022 ini UMKM Pesat Digital hadir kembali menyapa para pemilik bisnis di Kota Malang dan selanjutnya akan diselenggarakan berseri di kota-kota lainnya di Indonesia.

Dengan lebih dari 160.000 klien UMKM, Exabytes Indonesia sudah memiliki pengalaman selama 21 tahun dalam menyediakan solusi bisnis digital all in one. Layanan ini meliputi penyediaan website, hosting, domain, dan berbagai layanan digital lainnya yang dapat menjadi salah satu langkah UMKM dalam transformasi digital. UMKM dapat memperluas jangkauan pemasaran dan meningkatkan eksistensi bisnisnya melalui  sebuah website yang dikelola dengan optimal.

Exabytes Indonesia terus berkomitmen untuk menjadi bagian dari perjalanan sukses UMKM di Indonesia. Selain menyelenggarakan event edukasi tahunan, Exabytes Indonesia juga mengadakan event rutin mingguan yang dapat dihadiri oleh UMKM di seluruh Indonesia melalui siaran langsung secara online via Zoom, Facebook dan YouTube Exabytes Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dankormar Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto

Sabtu, 10 Desember 2022 - 06:00 WIB

Dankormar Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto Hadiri Pelepasan Sailing Camp Perti Saka Bahari 2022

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto, menghadiri Upacara pelepasan Sailling Camp Perti saka Bahari dalam rangka peringatan Hari Armada RI…

Kemenperin Selenggarakan Program D1

Sabtu, 10 Desember 2022 - 05:47 WIB

Kemenperin Selenggarakan Program D1, Lulusan Bisa Langsung Kerja

SDM angkatan tenaga kerja secara keseluruhan di Indonesia pada Era Industri 4.0 berjumlah 144,01 juta jiwa atau 69,06% dari total penduduk usia kerja berjumlah total 208,54 juta, dengan komposisi…

Prajurit dan PNS Denma Mako Kormar Laksanakan Olahraga

Sabtu, 10 Desember 2022 - 05:30 WIB

Prajurit dan PNS Denma Mako Kormar Laksanakan Olahraga

Dalam rangka menjaga dan meningkatkan kebugaran tubuh serta Stamina, Prajurit dan PNS Denma Mako Kormar selesai apel laksanakan olahraga di Markas Komando Korps Marinir Jl. Prajurit KKO Usman…

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono

Sabtu, 10 Desember 2022 - 05:00 WIB

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono: Program Kerja TNI AL Harus Sesuai Prioritas Nasional

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Perencanaan dan Anggaran Keuangan (Renaku) II UO TNI Angkatan Laut (TNI AL) tahun anggaran 2023…

Ketua MPR RI Bersama Ajik Krisna Berikan Bantuan 800 Paket Sembako kepada Warga Desa Tangguwisia Bali

Sabtu, 10 Desember 2022 - 04:48 WIB

Ketua MPR RI Bersama Ajik Krisna Berikan Bantuan 800 Paket Sembako kepada Warga Desa Tangguwisia Bali

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Ketua IMI Bali sekaligus Founder Krisna Holding Company Ajik Krisna memberikan bantuan 800 paket sembako…