Bos Jababeka Ucapkan Terima Kasih kepada Presiden Jokowi Penuhi Janji Kebut Proyek Tol Serang - Panimbang

Oleh : Ridwan | Senin, 08 Agustus 2022 - 16:00 WIB

SD Darmono Founder Jababeka bersama Presiden Jokowi (Foto: Industry.co.id)
SD Darmono Founder Jababeka bersama Presiden Jokowi (Foto: Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan groundbreaking proyek Tol Serang - Panimbang seksi 3 Cileles - Panimbang sepanjang 33 km hari ini, Senin (8/8/2022).

Acara groundbreaking tersebut dilakukan langsung oleh  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Turut hadir dalam acara tersebut, Pejabat Gubernur Banten Al Muktabar, Bupati Pandeglang Irna Nurlalita, Chairman Group Jababeka Setyono Djuandi Darmono dan juga Direktur Utama PT Banten West Java (BWJ), Poernomo Siswoprasetijo selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung.

Dalam kesempatan tersebut, Setyono Djuandi Darmono mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan jajarannya atas terlaksananya ground breaking Tol Serang-Panimbang seksi III ini.

"Kami sampaikan terimakasih. Bapak Presiden Jokowi penuhi janjinya membangun jalan tol Serang Panimbang untuk memajukan perekonomian sekaligus mengentaskan masyarakat Babten Selatan dari kemiskinan," Kata Darmono.

Ditempat yang sama, Direktur Utama PT Banten West Java (BWJ), Poernomo Siswoprasetijo juga turut mengapresiasi langkah pemerintah atas progres proyek tol tersebut. 

Menurutnya, groundbreaking seksi 3 itu merupakan bukti komitmen pemerintah untuk mewujudkan pembangunan infrastruktur di Banten.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa kehadiran Tol Serang - Panimbang akan memberikan manfaat langsung bagi pariwisata yang otomatis perekonomian masyarakat Banten sekitarnya, termasuk Tanjung Lesung yang berada di dalamnya.

"Memang untuk tanjung lesung sebagai Kawasan Ekonomi Khusus yang ditetapkan pemerintah, kita berharap terjadinya pertumbuhan investasi dan jumlah wisatawan yang signifikan dengan adanya pembangunan tol yang diharapkan akan selesai di tahun 2024 ini. Karena memang ditargetkan dengan adanya pembangunan tol ini, 5 juta wisatawan pertahun dari jakarta dan sekitar jawa barat bisa masuk ke kawasan tanjung lesung ini. Dan nanti wisatawan asingnya diprediksi mencapai satu juta wisatawan," paparnya.

Dijelaskan Poernomo, potensi market di jakarta dan seputaran jawa barat cukup besar, dengan adanya sarana infrastruktur yang lebih mudah ke daerah barat ke daerah selatan banten diharapkan akan memudahkan wisatawan, investor,  perdagangan, serta perikanan dan pertanian juga turut terdampak.

"Kami sebagai pemilik kawasan akan mempersiapkan dengan sebaik baiknya dimana investor itu bisa berinvestasi dengan mudah dan cepat. Dari sisi pertanahan kami siapkan dengan baik infrastruktur dalam kawasan juga siapkan dengan baik jalan jalan, saluran air bersih, saluran limbah, listrik, Telekomunikasi, kemudian nanti kita juga akan bekerjasama dengan bumn untuk pengembangan marina-nya supaya wisatawan melalui laut juga bisa masuk ke kawasan tanjung lesung," imbuh Poernomo.

Sebagai informasi, Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menggenjot penyelesaian pembangunan infrastruktur jalan tol Serang - Panimbang sepanjang 83,67 kilometer. 

Upaya percepatan pembangunan jalan tol yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) ini sendiri dilakukan sebagai bentuk realisasi dari komimen Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meningkatkan aksesibilitas serta konektivitas jaringan infrastruktur guna mendukung pengembangan ekonomi masyarakat di Wilayah Banten Tengah dan Banten Selatan utamanya.

"Tol Serang - Panimbang ini totalnya 83 km. Yang 24 km dari serang sudah operasi, yang seksi 2 sepanjang 26 km sedang kontruksi dengan progres 30 persen. Kemudian yang seksi ke 3 ini merupakan bagian dukungan dari program pemerintah jadi total 83 km kerja sama badan usaha pemerintah dengan pengusaha, yang 50 km bagian badan usaha yang 33 km ini yang bagian pemerintah dengan anggaran sekitar 4,6 triliun, akan kita selesaikan di kuartal pertama 2024 supaya bisa mulai sebagai destinasi wisata Tanjung Lesung. Jadi mudah mudahan swasta yang nanti akan berinvestasi disana yakin akan selesai," kata menteri Basuki.

Pada kesempatan yang sama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan berpesan kepada Founder Jababeka S.D Darmono untuk menggenjot pembangunan KEK di kuartal pertama 2024. 

"Bapak Darmono saya minta pembangunan KEK nya itu di 2024 kuartal pertama semua bersamaan. Kalau semua itu kita bangun, itu simpul-simpul ekonomi akan timbul sendiri. Berpuluh puluh tahun kan gak jadi, sekarang Pak Basuki disini kita selesaikan dengan baik. Jika ini selesai maka pertumbuhan ekonomi banten akan lebih bagus," pesan Menko Luhut.

Pembangunan infrastruktur jalan tol Serang - Panimbang dilaksanakan dengan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan nilai total investasi sebesar Rp8,58 triliun. 

Pada Seksi 1 - 2, merupakan porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) oleh PT Wijaya Karya Serang Panimbang, sedangkan pada Seksi 3 merupakan porsi Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR. 

Penyelesaian pembangunan infrastruktur jalan tol Serang – Panimbang Seksi 3 ditargetkan rampung dan beroperasi pada semester 1 tahun 2024. 

Keberadaan jalan tol Serang - Panimbang dapat memperlancar konektivitas perekonomian masyarakat baik dari sektor industri maupun pariwisata di Provinsi Banten. 

Disamping itu, jalan tol Serang - Panimbang akan memberikan kemudahan dan efisiensi waktu perjalanan menuju obyek wisata Tanjung Lesung yang merupakan salah satu Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP).  

Kawasan wisata Tanjung Lesung merupakan salah satu dari 10 Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) yang merupakan amanat Presiden Jokowi. 

Kawasan wisata Tanjung Lesung masuk dalam destinasi prioritas karena keunggulan keindahan alamnya serta berbagai fasilitasnya yang atraktif, seperti water sports, snorkeling, diving, hingga sunrise spot di pesisir pantai.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…