Gudang Ada Solusi: Aplikasi Manajemen Toko Terintegrasi, Andalan Pedagang Tradisional Bertumbuh Sehat di Era Digital

Oleh : Herry Barus | Kamis, 04 Agustus 2022 - 10:50 WIB

GudangAda Solusi - Aplikasi kasir untuk pedagang tradisional
GudangAda Solusi - Aplikasi kasir untuk pedagang tradisional

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Perusahaan marketplace B2B GudangAda resmi meluncurkan GudangAda Solusi, aplikasi manajemen toko terintegrasi yang dibuat khusus untuk mendukung pedagang tradisional go-digital. Aplikasi GudangAda Solusi adalah solusi digital terintegrasi, mencakup manajemen stok & harga, laporan transaksi jual & beli, laporan laba/rugi, pencetakan struk, dan manajemen pelanggan & karyawan. Peluncuran aplikasi ini bagian dari strategi jangka panjang GudangAda untuk memberikan solusi digital terintegrasi (one stop solution) yang memberdayakan, dan mentransformasi secara digital operasional bisnis pedagang tradisional.

Aplikasi GudangAda Solusi memiliki tiga fitur premium yang hanya terdapat di aplikasi ini, yaitu fitur scan barcode untuk memudahkan proses inventori barang. Kedua, integrasi data dengan marketplace GudangAda, sehingga semua pembaruan data yang dilakukan di GudangAda Solusi otomatis akan sinkron dengan data pedagang yang telah terdaftar di marketplace GudangAda. Ketiga, GudangAda sebagai database produk kebutuhan FMCG terlengkap. Seluruh fitur premium tersebut diberikan gratis kepada pengguna.

GudangAda Solusi Bantu Pedagang Tradisional Tingkatkan Produktivitas dan Siap Masuk Digital Marketplace

Berdasarkan riset GudangAda pada Maret 2022, terdapat tiga hal utama yang menjadi fokus pedagang tradisional untuk meningkatkan bisnis mereka secara digital: pencatatan transaksi, manajemen stok, dan penyusunan laporan keuangan. Ketiga hal tersebut yang menjadi prinsip utama pengembangan fitur di dalam aplikasi GudangAda Solusi, aplikasi terbaru dari GudangAda yang diperuntukkan bagi pedagang tradisional agar dapat mengatur toko secara digital dan terintegrasi.

"Misi GudangAda adalah mentransformasi rantai suplai produk FMCG Indonesia agar berjalan lebih efisien dan menguntungkan segenap pihak yang berkecimpung di dalamnya. Salah satunya adalah melalui digitalisasi operasional pedagang tradisional dengan menawarkan solusi teknologi digital terintegrasi yang menjawab kebutuhan pedagang, khususnya pedagang eceran dan grosir. Harapan kami, aplikasi GudangAda Solusi dapat membantu pedagang tradisional mendigitalisasi operasional harian bisnisnya agar produktivitas meningkat, sehingga para pedagang bertumbuh sehat dan siap bersaing saat memasuki digital marketplace,” ucap Stevensang, Founder & CEO GudangAda.

GudangAda Solusi memiliki enam fitur utama, mencakup manajemen stok dan harga, pencatatan transaksi jual-beli, pencetakan struk, penyusunan laporan laba/rugi, utang-piutang, serta manajemen pelanggan dan karyawan. Mengusung tagline “Pegang Kendali Tokomu, dengan GudangAda Solusi”, aplikasi GudangAda Solusi sangat ramah pengguna karena dapat digunakan oleh siapa pun, di mana pun, baik di desktop maupun perangkat seluler, dengan tampilan yang mudah dimengerti bahkan oleh pengguna pemula.

“GudangAda Solusi memastikan semua transaksi usaha dan laporan keuangan tercatat secara sistematis sehingga pedagang grosir dan eceran bisa mengetahui dengan mudah laba-rugi usaha dengan proses yang lebih cepat dan efisien. Dengan adanya pencatatan bisnis harian di GudangAda Solusi, yang terintegrasi dengan marketplace GudangAda, pedagang bisa mengetahui jumlah stok secara real-time. Dengan pembukuan keuangan yang sehat, para pedagang bisa lebih fokus melayani pelanggan serta memperluas skala usaha dengan memanfaatkan jaringan distribusi GudangAda yang tersebar di seluruh Indonesia. Berbagai fitur unggulan ini terbukti mampu menarik ratusan pedagang sejak diluncurkan di Juli 2022. Saat ini sudah ada lebih dari Rp 20 miliar transaksi yang dikelola GudangAda Solusi,” tutur Neni Veronica Sukirman, SVP Merchant Solution & Revenue Management.

GudangAda Solusi merupakan solusi digital yang tepat untuk menyederhanakan proses value chain lewat transformasi operasional bisnis harian pedagang tradisional. GudangAda akan terus membangun solusi digital terintegrasi yang memberdayakan seluruh pelaku industri B2B, mencakup layanan transaksi, sistem aplikasi kasir (sistem transaksi/POS, inventori dan akuntansi), layanan keuangan (sistem pembayaran dan kredit), dan layanan pemasaran.

GudangAda Dukung Kementerian Koperasi dan UKM RI Digitalisasi Bisnis Pedagang Tradisional

Sebagai pilar transformasi ekonomi digital Indonesia, Kementerian Koperasi dan UKM RI menargetkan 30 juta pedagang UMKM untuk on-board di platform digital pada 2024. Hingga Mei 2022, data Kementerian Koperasi dan UKM RI menunjukkan 18,5 juta UMKM telah go digital melalui kolaborasi dengan pihak yang berkecimpung dalam digitalisasi operasional bisnis pedagang tradisional.

GudangAda mendukung Kementerian Koperasi dan UMKM RI untuk memenuhi target tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan komitmen GudangAda untuk meningkatkan literasi digital pedagang tradisional mitra GudangAda dan memfasilitasi pedagang agar siap masuk ke digital marketplace GudangAda. Semenjak 2019 hingga Juli 2022, tercatat sebanyak lebih dari 1 juta pedagang tradisional telah mengunduh dan menggunakan aplikasi marketplace GudangAda, baik sebagai seller ataupun buyer. Setiap pedagang tradisional pengguna GudangAda, dibekali pengetahuan operasional aplikasi GudangAda beserta segenap fitur digitalnya. Mulai dari cara mendaftar mitra, mencari produk atau toko, melakukan pembayaran, monitor status transaksi hingga status pengiriman barang.

“Kami meyakini dengan diluncurkannya aplikasi GudangAda Solusi akan membantu pedagang mengelola tokonya secara digital, lebih efisien dengan tingkat produktivitas yang lebih tinggi. Harapan kami, para pedagang tradisional pengguna GudangAda, dapat menikmati layanan terbaik dari aplikasi marketplace GudangAda dan aplikasi manajemen toko GudangAda Solusi secara terintegrasi sehingga mereka dapat bertumbuh sehat di ekosistem ekonomi digital Indonesia yang sedang melaju kencang”, tutup Stevensang.

Tentang GudangAda

GudangAda merupakan platform e-commerce marketplace B2B dengan visi memberdayakan seluruh pemain dalam ekosistem rantai pasok (supply chain), mulai dari produsen, distributor, pedagang grosir, hingga pedagang eceran. Sejak berdiri pada Januari 2019, GudangAda telah memberdayakan lebih dari 1 juta pedagang tradisional dan menolong produsen mendistribusikan barang hingga pelosok daerah atau lebih dari 500 kota di Indonesia. GudangAda memberdayakan seluruh pedagang tradisional untuk bertransformasi digital dengan solusi teknologi yang berlandaskan prinsip “Faster, Cheaper, Smarter, Bigger”.

Layanan GudangAda mencakup B2B marketplace, GudangAda Logistik dan GudangAda Solusi. Didukung oleh investor global terkemuka yakni Sequoia Capital India, Alpha JWC Ventures, Wavemaker, Asia Partners, Falcon Edge, dan Pavilion Capital dan total pendanaan mencapai US$ 135 juta, GudangAda berkomitmen untuk terus mengembangkan layanan yang dapat memberdayakan pedagang dan menyederhanakan proses rantai pasok

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Robert Wildner, CEO dan Co-founder AVOW

Kamis, 29 September 2022 - 21:18 WIB

Xiaomi Tunjuk AVOW sebagai Agensi Resmi Kawasan Asia Tenggara, Eropa, Timur Tengah, Afrika dan Amerika Latin

Perusahaan spesialis akuisisi pengguna OEM (Original Equipment Manufacturer), AVOW, baru saja diumumkan sebagai agensi resmi utama produsen smartphone Android terbesar, Xiaomi untuk kawasan…

Founder dan CEO CoinEx Haipo Yang

Kamis, 29 September 2022 - 20:54 WIB

Membaca Kiprah Crypto Exchange CoinEx untuk Donasi Kemanusiaan

Jakarta-Berkomitmen pada gagasan amal tanpa batas telah menjadi visi awal dari organisasi nirlaba yang dihadirkan bursa kripto CoinEx, CoinEx Charity.

Bank Sumut (Foto Ist)

Kamis, 29 September 2022 - 20:24 WIB

Perbesar Kredit ke Sektor Riil, Bank Sumut Siap Dukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Medan– Provinsi Sumatera Utara memiliki potensi ekonomi yang cukup besar, karena menjadi basis berbagai komoditas unggulan nasional serta sentra manufaktur di luar Pulau Jawa.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto Doc Golkar

Kamis, 29 September 2022 - 20:14 WIB

Ekonomi Digital Indonesia akan Capai 150 Miliar US di 2025, Pemerintah Harus Siapkan Infrastruktur dan Tingkatkan SDM

Jakarta - Pertumbuhan Ekonomi digital akan sangat dinikmati oleh kaum muda Indonesia. Untuk itu, pemerintah diminta tidak hanya menyiapkan infrastruktur, tetapi juga meningkatkan sumber daya…

Ketua DPP PDIP Puan Maharani dalam waktu dekat akan segera bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Sebelumnya, pertemuan kedua elite itu dijadwalkan pada bulan lalu, namun tertunda. Doc DPR

Kamis, 29 September 2022 - 20:06 WIB

Pertemuan Airlangga-Puan Bakal Buka Peluang Koalisi Pilpres 2024

Jakarta- Ketua DPP PDIP Puan Maharani dalam waktu dekat akan segera bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Sebelumnya, pertemuan kedua elite itu dijadwalkan pada bulan lalu,…