Friktion Hadirkan Fitur Portofolio Manager

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 23 Juli 2022 - 17:58 WIB

Friktion
Friktion

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Friktion meluncurkan fitur baru bernama portofolio manager, dengan fitur ini pengguna bisa melakukan pelacakan, kinerja historis, metrik risiko, hingga pengembalian dari alfa dan beta di seluruh posisi volt yang digunakan.

Dengan portofolio ini pengguna bisa melihat pool individu yang dipegang oleh pengalokasi modal, dengan menganalisis dan mengoptimalkan nilai dan kinerja portofolio Volts, siapa pun dapat mengakses beragam pengembalian yang disesuaikan dengan risiko.

Halaman Portofolio Friktion berupaya memberikan pengetahuan dan alat yang diperlukan bagi siapa saja untuk mengetahui kondisi aset di seluruh siklus pasar.

Metrik Utama Portofolio: Pengembalian(Return) dan Nilai (Value)
Dua metrik utama tersebut adalah bagan yang sangat berguna dan harus dilacak oleh setiap investor saat menggunakan modal ke dalam strategi apa pun.

Ini adalah dua bagan kinerja yang berguna yang harus dilacak oleh setiap investor saat menggunakan modal ke dalam strategi apa pun.

Return
Indikator return atau pengembalian akan mengukur laba rugi yang dihasilkan dari semua Volt. Harga aset diperbarui secara langsung. Seringkali ini disebut sebagai Alpha, mengukur kinerja yang lebih baik dari suatu strategi versus pasar yang lebih luas.

Pengembalian investasi (RoI) dihitung sebagai pengembalian bersih berdasarkan harga spot pada setiap epoch. Kamu dapat menggunakan rumus ini untuk menghitung $ ROI:

$ ROI = SUM( Epoch_PnL * Spot_Price_at_Epoch_End)

Bagan teratas menunjukkan return bersih yang dihasilkan. Bagan bawah menunjukkan PnL mingguan yang dihasilkan (per Epoch), dipecah oleh setiap aset dan Volt. Arahkan kursor ke setiap bar yang bertumpuk  untuk melihat perincian kinerja minggu itu menurut Volt atau Aset

Pengembalian investasi untuk Volt #01, dan #02 dapat dilihat sebagai nilai dolar dari premi yang terkunci di awal setiap epoch sebagai persentase dari nilai portofolio dan mengabaikan fluktuasi harga spot di masa depan. Pengembalian investasi dalam mata uang token deposit awal, dan nilainya akan ditambahkan ke portofolio di akhir setiap epoch.

Nilai Portofolio
Melacak nilai portofolio historis dalam dolar (USDC), ditandai dengan harga saat ini, termasuk deposit  awal dan laba atas investasi. Seringkali ini disebut sebagai Beta, yang mengukur eksposur (risiko) ke pasar keseluruhan yang dimiliki portofolio.

Portfolio Value = SUM(Token_Held * Token_Spot_Price)

Karena beberapa Volt (Volt#01: Hasilkan Pendapatan) dirancang untuk menghasilkan hasil pada aset non-USDC, setiap perubahan harga aset dasar tersebut akan tercermin di indisktor ini.

Misalnya, jika menyetor 100 SOL di Volt#01 pada Januari 2022, Anda akan memiliki 115 SOL sekarang. Namun, karena harga SOL (dalam USDC) telah jatuh sejak itu, grafik Nilai akan mencerminkan hal ini.Untuk aset dengan durasi Epoch yang berbeda, PnL akan diakumulasikan dalam minggu yang bertepatan dengan waktu aset kedaluwarsa.

Pelacak Posisi
Di bawah bagan Return/Valuedan Metrik Utama adalah tabel semua posisi Volt suatu akun. Ini menawarkan wawasan yang lebih dalam tentang setiap aset yang dimiliki pengguna secara aktif. Mengklik pada baris individual akan membuka modal Deposit/Penarikan untuk suatu aset.

Fitur Lain di Portofolio Manager
Beberapa poin penting yang perlu diketahui saat menggunakan portofolio manager Friktion, sebagai berikut.

Deposit: Jumlah aset yang disimpan oleh pengguna
Value: Nilai USDC Setoran
Net Return: Laba atau rugi bersih dalam aset Deposito dan nilai USDC (marked-to-market)
Volt Token: Mewakili jumlah fToken yang dimiliki oleh pengguna. Baca lebih lanjut tentang fToken.
Win Rate: Jumlah Epochs pengembalian positif / Jumlah total Epochs
Voltage: Tingkat risiko yang terkait dengan Volt
Status: Aktif menghasilkan, Setoran Tertunda (deposit akan digunakan saat Epoch berikutnya dimulai), Penarikan Tertunda + jumlah (penarikan akan tersedia saat Epoch saat ini berakhir), Penarikan Klaim (dapat mengklaim penarikan)

Tabel Aktivitas (Transaksi Historis)
Pantau dan unduh semua aktivitas transaksi Volts historis  di satu tempat. Unduh sebagai CSV.

Friktion adalah protokol terkemuka DeFi untuk yield strategi yang dikelola risiko. 4 produk inti Friktion, yang dikenal sebagai Volts, adalah prduk dari portofolio DeFi yang dapat bekerja di seluruh siklus pasar. Platform ini telah mengumpulkan lebih dari 17.000 pengguna dan memperdagangkan volume >$2 miliar. Misi protokol adalah untuk memungkinkan akses ke hasil DeFi berkelanjutan jangka panjang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…