Menko Perekonomian, Krisis Iklim, dan Peluang Climate Tech Unicorns

Oleh : Handa S. Abidin | Selasa, 28 Juni 2022 - 07:37 WIB

Handa S. Abidin, S.H., LL.M., Ph.D.
Handa S. Abidin, S.H., LL.M., Ph.D.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menko Perekonomian, Airlangga Hartanto, menyampaikan 5 tantangan terbesar Indonesia (Bisnis.com, 6 Juni 2022). Salah satu tantangan tersebut adalah tantangan perubahan iklim yang dikatakan memiliki dampak negatif pada kebutuhan pangan (Bisnis.com, 6 Juni 2022).

Bukan satu kali ini saja Airlangga berbicara mengenai perubahan iklim. Di bulan Juni 2022 saja tercatat sejumlah pernyataan Airlangga mengenai perubahan iklim yang diberitakan di berbagai media, seperti mengenai transisi energi (Detik.com, 8 Juni 2022) dan juga perdagangan karbon (Bisnis.com, 20 Juni 2022).

Persoalan perubahan iklim memang semakin sering diperbincangkan oleh berbagai pihak, terlebih lagi di tingkat internasional. Sekretaris Jenderal PBB, António Guterres, termasuk tokoh dunia yang paling sering membahas perubahan iklim. Pernyataan Sekjen PBB di Twitter banyak yang pedas, bahkan ada juga yang sangat pedas. Tweet Guterres secara terang-terangan menyasar pada industri bahan bakar fosil (@antonioguterres, lihat misalnya pada 17-20 Juni 2022).

Persoalan perubahan iklim tidak boleh diselesaikan dengan melahirkan kegiatan yang justru berdampak buruk pada agenda aksi iklim. Misalnya, persoalan ketahanan pangan jangan sampai diselesaikan dengan membuat sumber baru penghasil karbon dengan menebang hutan yang mengakibatkan krisis iklim semakin buruk lagi. Persoalan perubahan iklim perlu diselesaikan dengan cara yang menguntungkan bagi umat manusia, makhluk hidup lainnya, dan bumi kita.

Selain menjadi persoalan, terdapat juga pihak yang melihat perubahan iklim sebagai suatu peluang. Pada Februari 2022 lalu, tercatat dari 1000 unicorns yang ada di dunia, terdapat 43 unicorns yang merupakan startups berkategori climate tech (Climate Tech VC, 14 Februari 2022). Startups dengan valuasi di atas 1 miliar dolar AS ini menawarkan solusi dalam menghadapi perubahan iklim dipadukan dengan unsur teknologi.

Indonesia belum memiliki climate tech unicorns. Oleh karena itu, kita perlu memberikan perhatian lebih dan memberikan ruang agar climate tech unicorns tumbuh subur di Indonesia.

President University sudah mulai membantu Indonesia dengan mendirikan President Climate Tech Center di tahun 2021. Salah satu tujuan pendirian President Climate Tech Center adalah mendorong inovasi climate tech oleh dosen dan mahasiswa untuk berkembang di President University dan juga harapannya di Indonesia.

Pada tahun 2022 ini, tema climate tech akan menjadi salah satu tema utama dalam pembuatan startups/projects mahasiswa yang akan dikerjakan pada tahun pertama mereka kuliah di President University. Dengan mengenalkan perubahan iklim khususnya climate tech dari awal diharapkan mahasiswa dapat memberikan kontribusi konkret dalam menghadapi perubahan iklim.

Oleh: Handa S. Abidin, S.H., LL.M., Ph.D.
Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan President University

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dunia Properti Kembali Bergairah, Saatnya Beli Rumah

Kamis, 18 Agustus 2022 - 08:06 WIB

Dunia Properti Kembali Bergairah, Saatnya Beli Rumah

Jakarta-Sepanjang semester I tahun 2022 investasi di bidang properti mengalami pertumbuhan yang positif dengan nilai Rp 584,6 triliun atau tumbuh 8,8 persen. Hal ini terjadi sering mulai pulihnya…

Mentan SYL di HUT RI

Kamis, 18 Agustus 2022 - 07:59 WIB

Mentan SYL Sampaikan Terimakasih Kepada Para Petani

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menyampaikan terimakasih atas perjuangan para petani yang selama ini terus berproduksi.

Kementan MoU dengan Nestle

Kamis, 18 Agustus 2022 - 07:09 WIB

Kementan Gandeng PT. Nestle Tingkatkan Produksi Susu di Indonesia

Dalam rangka meningkatkan produksi susu di Indonesia, Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan menggandeng PT. Nestle Indonesia.

Penyanyi Cilik Farel Prayoga Sanggup Goyangkan Sejumlah Menteri Kabinet

Kamis, 18 Agustus 2022 - 06:08 WIB

Penyanyi Cilik Farel Prayoga Sanggup Goyangkan Sejumlah Menteri Kabinet

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu, 17 Agustus 2022, tidak hanya berlangsung khidmat, tapi juga meriah. Selain…

 Purnawirawan Angkatan Laut Gelar Upacara HUT RI 77 di KRI Semarang

Kamis, 18 Agustus 2022 - 06:00 WIB

Purnawirawan Angkatan Laut Gelar Upacara HUT RI 77 di KRI Semarang

Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) akan terus berkontribusi untuk bangsa," demikian disampaikan Ketua Umum PPAL Laksamana TNI (Purn) Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. kepada awak media sesaat…