Aksi Nyata Dukung Pengusaha Muda Sulawesi, AFPI & HIPMI Jodohkan Pengusaha dengan Fintech

Oleh : Herry Barus | Kamis, 23 Juni 2022 - 17:00 WIB

Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan BPP HIPMI Anggawira
Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan BPP HIPMI Anggawira

INDUSTRY.co.id - Makassar - Indonesia menyaksikan pertumbuhan industri teknologi finansial yang cukup pesat dalam beberapa tahun ini, fintech memainkan peranan penting di kehidupan masyarakat Indonesia, dari mulai alat transaksi hingga alat pengembangan usaha. Pertumbuhan fintech yang pesat menjadi angin segar bagi UMKM yang membutuhkan akses permodalan.

Asosiasi Fintech Pendanaan bersama Indonesia (AFPI) bersama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bidang Keuangan dan Perbankan menggelar Fintech Lending Day di Kota Makassar sebagai momentum kolaborasi untuk memperkenalkan peran Fintech Pendanaan yang menjadi solusi untuk kebutuhan akses modal bagi pengusaha UMKM. Digelar pada Kamis, 23 Juni 2022, kegiatan ini merupakan kerjasama sinergis antara AFPI, BPP HIPMI Bidang Keuangan dan Perbankan serta BPD HIPMI Sulawesi Selatan.

Gelaran Business Matching & Exploration Session ini bertujuan agar AFPI dan para anggotanya dapat memberikan informasi terkait produk Fintech Pendanaan Bersama produktif yang dapat digunakan usahawan dalam pengembangan bisnis. Selain itu juga ditujukan untuk memberikan edukasi akan persyaratan dalam pengajuan pinjaman. Tak hanya itu saja, kegiatan business matching diharapkan dapat memberikan pengetahuan tentang status legalitas perusahaan Fintech Pendanaan Bersama yang berizin, legal dan aman untuk dijadikan mitra.

Sekretaris Jenderal AFPI Sunu Widiatmoko dalam sambutannya mengatakan, AFPI sebagai asosiasi yang bekerjasama dengan pemerintah bergerak untuk mewujudkan visi Indonesia sebagai Financial Sector 2045, salah satunya melalui peran fintech.

"Untuk itulah untuk mewujudkan visi ini kami perlu bekerjasama dengan asosiasi usaha melalui Pak Anggawira Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan BPP HIPMI kami mengadakan kegiatan edukasi ini untuk pelaku usaha yang tergabung di HIPMI," ujar Sunu.

Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan BPP HIPMI Anggawira mengatakan, Fintech Landing Day ini digelar sebagai rangkaian kolaborasi antara HIPMI dan AFPI dengan harapan semakin banyak pelaku UMKM yang melek fintech dan inklusi keuangan digital, khususnya menjadi wadah alternatif modal kerja maupun pendanaan demi scale up bisnis seluruh jajaran anggota HIPMI.

"Tidak hanya teredukasi melalui acara ini juga kita harapkan ada business matching yang produktif karena pengusaha tidak dapat tumbuh sendirian," ucap Anggawira.

Untuk diketahui, Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) menjadi pilar penting dalam perekonomian Indonesia. Saat ini, Jumlah UMKM di Indonesia mencapai 64,19 juta, di mana komposisi Usaha Mikro dan Kecil sangat dominan yakni 64,13 juta atau sekitar 99,92% dari keseluruhan sektor usaha. Data menunjukkan saat ini sekitar 46,6 Juta UMKM masih belum memiliki akses kredit, hal ini merupakan tantangan sekaligus peluang besar terhadap industri Fintech Pendanaan Bersama untuk mengisi gap kebutuhan kredit tersebut.

 

Ketua Umum BPD HIPMI Sulawesi Selatan Andi Rahmat Manggabarani menyampaikan, pihaknya sangat menyambut baik kegiatan fintech landing day di Sulawesi Selatan antara AFPI dan HIPMI.

"Kegiatan ini penting untuk mendorong pemulihan ekonomi dan juga menumbuhkan gairah usaha bagi pengusaha mikro yang tergabung dalam HIPMI Sulsel," ungkap Andi.

Menurut Andi Rahmat, alternatif pembiayaan melalui fintech bagi pengusaha merupakan hal penting karena masih banyak pengusaha mikro yang belum teredukasi.

"Untuk pengusaha kecil akses modal tentu sangat penting apalagi jika ingin usahanya berkembang, perbankan saja tidak cukup, fintech hadir sebagai solusi yang lebih praktis," tuturnya.

Selain di Sulawesi Selatan, Fintech Landing Day juga akan diselenggarakan di Sulawesi Tengah dan juga Sulawesi Barat. Acara ini juga turut menghadirkan narasumber lain seperti Munawar Kasan selaku Deputi Direktur Pengaturan, Penelitian, dan Pengembangan Fintech Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bebas Namun Terbatas, Berekspresi di Media Sosial

Kamis, 07 Juli 2022 - 10:43 WIB

Bebas Namun Terbatas, Berekspresi di Media Sosial

Pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Menyikapi hal itu, maka pentingnya mengetahui kebebasan berekspresi di media sosial dengan batasan-batasan yang ada. Media sosial…

Ilustrasi Pelajar

Kamis, 07 Juli 2022 - 10:28 WIB

UNSW Global Beri Peluang Pendidikan Berkelas Dunia untuk Pelajar Internasional Lewat Program Online 120 Hari

Bagi para pelajar yang beranjak dari bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) menuju jenjang pendidikan tinggi ke universitas, TPO membuka peluang untuk bergabung dengan komunitas global dan menempuh…

Peluncuran Nakamichi Professional Wireless Microphone System

Kamis, 07 Juli 2022 - 10:11 WIB

Inti Megah Swara Luncurkan Deretan Nakamichi Professional Wireless Microphone System

PT Inti Megah Swara, selaku distributor resmi dari Nakamichi memperkenalkan rangkaian Nakamichi Professional Wireless Microphone System terbaru melalui acara Product Launching Nakamichi Professional.…

BASF

Kamis, 07 Juli 2022 - 10:00 WIB

BASF Raih Penghargaan Pemasok Terbaik dari Sharp Electronics Indonesia

BASF dinobatkan sebagai Pemasok Terbaik untuk divisi kulkas sepanjang tahun 2021 oleh Sharp Electronics Indonesia (SEID) dalam pertemuan pemasok tahunan perusahaan yang diadakan baru-baru ini.

Peresmian Embung Sumingkir

Kamis, 07 Juli 2022 - 09:48 WIB

Tingkatkan Irigasi Persawahan di Cilacap, Embung Sumingkir Diresmikan

Embung Sumingkir di Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah yang dibangun oleh Kementerian PUPR sebagai sumber irigasi persawahan di wilayah sekitar telah diresmikan pada Rabu, (6/7/2022).