Kopi Sumedang Mendapat Tempat di Turkiye

Oleh : Wiyanto | Rabu, 15 Juni 2022 - 13:32 WIB

Stand Kopi Sumedang di Turkiy
Stand Kopi Sumedang di Turkiy

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Kopi Indonesia kembali mencetak prestasi, salah satu produk kopi Indonesia asal Sumedang khususnya Kopi Geulis Tanjungsari mendapat tempat di Negara Turkiye.

Hal tersebut merupakan bagian dari upaya Kementerian Pertanian (Kementan) mengenalkan dan mempromosikan produk Indonesia khususnya produk perkebunan ke pasar mancanegara.

“Kami mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan Festival Pasar Senggol Turki, yang difasilitasi penuh oleh Pertamina. Varian kopi robusta kami sangat diminati di pameran ini karena di Turkiye itu kopi jenis robusta sangat mendominasi,” ujar Ai Hawang Hayati selaku Owner Kopi Geulis dalam ajang Festival Ekonomi dan budaya Indonesia di Kota Istanbul melalui Tajuk Acara Festival Pasar Senggol Turki di Halic Kongre Merkezi (Halic Congress Center), Istanbul, Turkiye, pada 5 Juni 2022 lalu.

Menurut Ai Hawang Hayati selaku Owner Kopi Geulis, festival ini dimaksudkan untuk mewujudkan ekonomi diaspora Turki agar dapat mengenalkan produk Indonesia khususnya produk perkebunan yang cukup diminati warga Turkiye.

Pada kesempatan yang berbeda, Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan, Dedi Junaedi menyampaikan, pihaknya berharap melalui kegiatan Festival Pasar Senggol Turki ini dapat memberikan peluang pasar produk perkebunan Indonesia lebih luas di Turkiye khususnya dalam memperkenalkan dan mempromosikan KOPI Nusantara kepada masyarakat dan pengusaha disana.

“ Inti nya kita harus selalu genjar dan intensif dalam membranding produk perkebunan, utamanya Kopi melalui promosi, “ ujar Dedi.

Dedi berharap selain peran KBRI dan Atase Perdagangan, diaspora Indonesia juga turut membantu meningkatkan kerjasama ekonomi bilateral RI-Turkiye melalui perdagangan sehingga dapat mendorong terciptanya produk unggulan yang dapat dipasarkan di Turki dengan standar yang berlaku di negara tersebut.

“ Tentunya hal ini akan berdampak positif terhadap pendapatan dan kesejahteraan para pekebun Indonesia serta dapat mengharumkan nama bangsa dan lebih dikenal serta diminati di pasar dunia, “ ujar Dedi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Florence, Italia (Dok: skyticket.com)

Rabu, 06 Juli 2022 - 14:38 WIB

Covid di Italia Ngamuk Lagi! Tembus 100 Ribu Kasus Imbas Sub-Varian Omicron BA.5

Jakarta-Italia melaporkan lebih dari 100 ribu kasus Covid-19 pada Selasa (5/7), tertinggi sejak Februari. Lonjakan angka infeksi ini disebut imbas sub-varian Omicron, BA.5.

Pradesain Ibu Kota Baru

Rabu, 06 Juli 2022 - 14:23 WIB

Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Minta Pemda Stop Pemberian Perizinan Dikawasan IKN

Jakarta – Pembangunan fisik akan dimulai bulan agustus 2022 di IKN dan akan terus berlanjut pasca disahkannya UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.

Pemusik Leon Travis

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:51 WIB

Pemusik Leon Travis Meng-Country di Tanah Amerika

Tidak banyak musisi country di Indonesia yang konsisten mengeluarkan karyanya selama 5 tahun terakhir.

Artis Bintang Darmawan

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:40 WIB

Bintang Darmawan, dari Di Bully Akhirnya Tunjukan Prestasi Dengan Mengeluarkan Single Bintang Di Hatimu karya Bemby Noor

Industry musik Indonesia tidak pernah kekurangan talent baru yang potensial meramaikan pasar musik yang sempat tiarap akibat wabah Pandemi Covid 19 yang nyaris tembus 3 tahun. Adalah Bintang…

Ilustrasi ACT

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:38 WIB

Soroti Dugaan Penyimpangan Dana Umat ACT, DPR Minta Adanya Sanksi Tegas

Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto menanggapi tentang Kasus masalah penyelewengan dana donasi yang dilakukan lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT). Menurutnya, oknum yang melakukan…