Bangkitkan Sektor Parekraf, 360 Event Siap Digelar di Bali Tahun Ini

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 14 Juni 2022 - 13:30 WIB

Pesta Kesenian Bali 2022, di Ardha Chandra Open Theater, Denpasar, Bali (Dok: Kemenparekraf)
Pesta Kesenian Bali 2022, di Ardha Chandra Open Theater, Denpasar, Bali (Dok: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Sepanjang tahun 2022 lebih dari 360 event baik dalam skala nasional dan internasional digelar di Bali sebagai bagian dalam mendukung kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali. 

"Kami menghitung lebih dari 360 event skala nasional dan internasional tahun ini akan dilakukan di Bali. Ini akan terus kita dorong dan persiapkan mulai dari event-event yang ada di Denpasar, maupun yang di Bali bagian barat maupun Bali utara," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Menparekraf Sandiaga mengatakan sejak awal pihaknya mendukung untuk terus digelarnya berbagai kegiatan di Bali sebagai bagian dari upaya mendukung pemulihan Bali dari dampak pandemi. Seperti diketahui, pariwisata merupakan tulang punggung bagi perekonomian Bali. 

"Buat kami konkret, semenjak saya bertugas saya memindahkan banyak sekali kegiatan kami di Bali untuk mendukung kebangkitan dan pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif. Ekonomi Bali yang meningkat yang juga ditopang oleh UMKM," kata Sandiaga. 

Karenanya ia akan terus mendorong event digelar di Bali seperti Pesta Kesenian Bali yang melibatkan banyak sekali pelaku UMKM selama kegiatan berlangsung. Termasuk memberikan dukungan promosi dengan memaksimalkan platform digital dan berbasis data. 

"Kami melihat bahwa malam ini kebangkitan Bali semakin terlihat dengan nyata. Kami sangat mendukung dan harapannya acara-acara seperti ini akan terus bergulir, dijaga momentumnya, dipastikan bahwa segala upaya untuk memastikan kepulihan ini bisa terjaga," kata Sandiaga. 

Wakil Gubernur Bali, Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) di kesempatan yang sama menyampaikan apresiasi atas dukungan yang diberikan Kemenparekraf/Baparekraf dalam mendukung kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali. Penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali diharapkan menjadi tonggak kebangkitan Bali yang sesungguhnya. 

"Meski pariwisata telah dibuka secara bertahap dari Oktober, tapi dibukanya Bali secara keseluruhan yang melibatkan masyarakat teraktualisasi dalam penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali ini dimana seluruh kabupaten/kota menunjukkan prestasi mereka yang selama dua tahun terpendam. Mudah-mudahan ini dapat mendukung kebangkitan Bali ke depan," ujar Cok Ace. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Direktur Retail Banking BSI Ngatari (kiri) dan Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan) saat meresmikan Program Hujan Emas BSI 2022 di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta.

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:18 WIB

Dorong Investasi Emas di Masyarakat, BSI Lakukan Program Hujan Emas

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi khususnya melalui instrumen logam mulia atau emas lewat Program Hujan Emas.

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:17 WIB

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Menurut laporan We Are Social, penggunaan internet di Indonesia untuk bersosial media menghabiskan 197 menit atau sekitar 3,2 jam per harinya. Seperti yang sudah kita tahu, media sosial digunakan…