KASAL Laksamana TNI Yudo Dianugerahi Gelar Kesatria Padma Nusantara

Oleh : Herry Barus | Jumat, 13 Mei 2022 - 05:30 WIB

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono
Kasal Laksamana TNI Yudo Margono

INDUSTRY.co.id -  Denpasar- Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menerima penganugerahan gelar Kesatria Padma Nusantara lewat penyematan Pin Emas yang dipasangkan tepat di uluhati dengan prosesi pemercikan tirta atau air suci dan doa oleh Ida Pedanda Gede Putra Kekeran di atas geladak KRI Surabaya-591 yang berlayar di sekitar Perairan Bali dengan dikawal KRI Frans Kasiepo-368 sebelah kiri, KRI Sultan Iskandar Muda-367 di kanan dan di belakang KRI I Gusti Ngurah Rai-33, Kamis (12/05).

Kesatria Padma Nusantara merupakan gelar yang diberikan oleh keluarga besar kerajaan Puri Ageng Blahbatu, Bali untuk memberikan penghargaan kepada tokoh yang melindungi, menjaga dan menyejahterakan rakyat.  Gelar kehormatan “Kesatria Padma Nusantara” juga merupakan simbolisasi keutuhan seorang pemimpin, dimana seorang pemimpin  wajib membumi, seorang pemimpin wajib menyejukkan, mendamaikan dan menentramkan, serta seorang pemimpin harus selalu ter-koneksi dengan Tuhan Yang Maha Esa. Demikian informasi dari Dispen TNi dan Dispenal.

Kasal dalam sambutannya mengatakan bahwa gelar kehormatan tersebut merupakan representasi dari kegigihan, semangat pantang menyerah, tekad yang kuat dan cita-cita besar seorang Mahapatih Gajah Mada dalam menyatukan seluruh Kerajaan di Nusantara. “Hal ini sangat erat kaitannya dengan tugas yang diemban oleh TNI Angkatan Laut dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI,” ujar Laksamana Yudo.

Dalam kesempatan tersebut, Kasal juga mengungkapkan rasa syukur, haru, bangga dan terhormat atas penganugerahan gelar kehormatan yang  diberikan oleh kerajaan tertua dan terbesar di Bali yang merupakan Trah Kerajaan Majapahit, salah satu kerajaan maritim yang puncak pencapaian pada masa jayanya sulit ditandingi oleh kerajaan lain di Nusantara maupun di dunia.

Sementara itu terkait penganugerahan gelar tersebut, Penglingsir Puri Ageng Blahbatuh Anak Agung Ngurah Kakarsana mengatakan bahwa tugas Kasal adalah untuk menyatukan provinsi dan menyatukan pulau yang sudah dilaksanakan oleh Maha Patih Gajah Mada ratusan tahun yang lalu. “Kita percayakan kepada bapak Kasal untuk Nusantara kita ini ke depan bisa tetap kita pertahankannya,” katanya.

“Laut kita itu ternyata sangat luas dan sangat kaya, sangat bermanfaat untuk kita semua dapat dipergunakan untuk kesejahteraan. Tentu dalam hal ini dengan dedikasi Bapak Kasal mengamankan teritorial kelautan kita dan tentu berkoordinasi dengan semua pihak yang memanfaatkan budi daya kelautan baik pemerintah dan swasta ke depannya. Ternyata sumber daya kelautan  itu nilainya mengalahkan hasil tambang kita, hasil properti yang lain, hasil kekayaan yang lain,” ujar Penglingsir Puri Ageng Blahbatuh menambahkan.

Sebelumnya pada Rabu (11/5) malam, Kasal telah mengikuti tradisi pengangkatan sebagai  warga kehormatan Puri Ageng Blahbatuh dengan acara penyematan ”Pin Puri” oleh Penglingsir Puri di Blahbatu, Kecamatan Blahbatu, Gianyar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Payroll

Selasa, 24 Mei 2022 - 16:03 WIB

Apa Saja Kriteria Payroll System Indonesia yang Bagus dan Efektif? Berikut Ulasannya

Semakin besarnya sebuah bisnis, membuat seorang pelaku usaha tidak bisa mengerjakannya sendirian. Oleh karena itu, mereka harus mencari pegawai baru untuk membantu menyelesaikan semua bisnisnya.…

Ilustrasi Pajak

Selasa, 24 Mei 2022 - 15:42 WIB

8 Pajak Penghasilan yang Wajib Dibayar dan Dilaporkan Secara Online

Di negara manapun, termasuk Indonesia, pajak dapat memberikan kehidupan yang bermanfaat bagi masyarakat. Dengan pajak, masyarakat bisa menikmati infrastruktur mulai dari jalan, terminal, stasiun,…

Direktur Utama Yoshihiro Kobi mengatakan sepanjang kuartal I-2022, perseroan telah berhasil mencapai 41%

Selasa, 24 Mei 2022 - 15:41 WIB

Ekonomi Mulai Pulih! Bekasi Fajar Optimistis Akan Penjualan Lahan Industri

Jakarta - PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk (BEST) pada tahun ini menargetkan marketing sales lahan industri seluas 20 hektar dengan harga rata-rata penjualan Rp2,7 juta-3,5 juta/m2.

WINGS Group Indonesia Dukung Potensi UMKM Bangka Belitung

Selasa, 24 Mei 2022 - 15:03 WIB

WINGS Group Indonesia Dukung Potensi UMKM Bangka Belitung

Wings Group Indonesia, mendukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang dicanangkan oleh Pemerintah Republik Indonesia, melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi…

Penari Bali (Dok. Kemenparekraf)

Selasa, 24 Mei 2022 - 14:30 WIB

5 Negara dengan Wisman yang Paling Banyak Mengunjungi Bali

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengungkapkan terdapat lima negara yang banyak menyumbang kedatangan wisatawan mancanegara ke Bali yaitu Amerika Serikat, Australia, Inggris,…