Bunda Catat Ya! Begini Cara Menyimpan Rendang Lebaran, Dijamin Tahan Lama

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 04 Mei 2022 - 14:38 WIB

Ilustrasi rendang
Ilustrasi rendang

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Tidak hanya opor ayam dan semur daging, rendang juga menjadi primadona untuk disantap saat Lebaran. Hidangan khas Minang ini paling populer sebagai jamuan ketika keluarga dan kerabat datang bersilaturahmi ke rumah.

Nah, agar rendang masih terasa nikmat dan lezat cara menyimpannya pun juga harus tepat supaya, tidak cepat basi dan tahan lama hingga beberapa hari ke depan.

Mengutip industry.co.id, Berikut tips cara menyimpan rendang yang tepat agar awet dari akun YouTube Amira Syahna. Seperti apa tipsnya? Mari disimak ulasannya, yuk!

1. Menyimpan di wadah dengan suhu ruangan

Menurut Amira Syahna, harus menyimpan rendnag di dalam suhu ruang. Namun dengan catatan hanya bisa bertahan tiga sampai empat hari saja. Namun, juga ada yang bisa bertahan dan nikmat sampai seminggu jika dimasak hingga benar-benar kering.

2. Gunakan wadah tertutup rapat jika disimpan di dalam kulkas

Pastikan menyimpan di dalam wadah yang rapat di dalam kulkas bukan di freezer. "Karena untuk menghindari percampuran aroma dari rendang ke makanan lain, maupun makanan lain ke rendang. Sehingga aroma mampu terjaga," kata Syahna.

3. Pilihlah rendang kering untuk dikonsumsi lebih lama

Rendang itu ada dua macam cara memasaknya, ada yang kering dan ada yang basah. Namun umumnya rendang kering lebih awet dan tahan lama dibandingkan dari rendang basah. Tapi, itu semua sesuai selera masing-masing.

4. Simpan di freezer

Selain menyimpan di kulkas, freezer juga menjadi alternatif cara menyimpan rendang agar tahan lebih lama. Sebab, jika disimpan di dalam freezer akan tahan hingga berminggu-minggu.

5. Tidak memasukkan rendang panas di wadah tertutup

Jadi sebelum menyimpan rendang di dalam wadah setelah rendang benar-benar dingin. Jadi, hindari menyimpan rendang saat masih panas. "Karena akan mudah basi dan mengurangi kualitas rasa dari rendnag tersebut," jelasnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…