Astragraphia Bukukan Pendapatan Bersih Sebesar Rp 618 Miliar di Kuartal I Tahun 2022

Oleh : Hariyanto | Selasa, 26 April 2022 - 18:37 WIB

Astragraphia
Astragraphia

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Astra Graphia Tbk (ASGR) (Astragraphia) membukukan pendapatan bersih konsolidasian per 31 Maret 2022 sebesar Rp618 miliar.

Pendapatan bersih pada unit usaha Solusi Dokumen naik sebesar 6% dihasilkan dari peningkatan volume cetak di lingkungan perkantoran dan sektor graphic art, sementara pendapatan bersih pada unit usaha Solusi Teknologi Informasi juga naik sebesar 13% sebagai hasil dari penguatan penetrasi pasar dan percepatan realisasi peluang bisnis di area IT Services.

Hendrix Pramana, Presiden Direktur PT Astra Graphia Tbk mengatakan, laba bersih Astragraphia di kuartal I tahun 2022 meningkat dibandingkan periode yang sama di tahun 2021 menjadi Rp16 miliar.

"Peningkatan laba bersih didukung oleh meningkatnya pendapatan pada unit usaha Solusi Dokumen dan Solusi Teknologi Informasi. Biaya operasional juga turun sebesar 3% sebagai hasil dari upaya perbaikan perusahaan di beberapa titik pengeluaran,: kata Hendrix yang dikutip INDUSTRY.co.id, Selasa (26/4/2022).

Hendrix mengungkapkan, kemampuan dalam mengelola arus kas serta siklus operasional yang lebih baik turut berkontribusi terhadap peningkatan laba bersih Astragraphia di kuartal pertama tahun 2022.

"Astragraphia akan terus berupaya menjalankan operational excellence di dalam setiap proses di seluruh lini bisnis dan mencari peluang-peluang baru untuk membangun pertumbuhan bisnis yang kuat dan berkelanjutan," ujarnya.

Sejalan dengan fokus bisnis di bidang printing dan digital, Astragraphia senantiasa mendukung pelaku industri kreatif dalam negeri. Pada 10 Februari 2022, Astragraphia mengedukasi lebih dari 100 pegiat industri kreatif melalui penyelenggaraan Kelas Astragraphia untuk Industri Kreatif (Kelas ASIK) Rumah Kemasan, bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka Kementerian Perindustrian.

Selain itu, Astragraphia melalui unit usaha Solusi Dokumen berhasil meraih penghargaan sebagai “Top 15 Customer Loyalty” dari PrintPack Indonesia. Apresiasi diberikan berdasarkan konsistensi Astragraphia untuk berkolaborasi menjadi mitra media serta berperan dalam memajukan industri percetakan dan kemasan untuk pelanggan graphic art di Indonesia.

Unit usaha Solusi Teknologi Informasi yang dijalankan entitas anak PT Astra Graphia Information Technology (AGIT), berhasil mencatat peningkatan pada pendapatan dan laba bersih. Pencapaian AGIT terhadap nilai kontrak baru juga tumbuh sebesar 18% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2021.

Sedangkan Unit usaha Solusi Perkantoran yang dijalankan entitas anak PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) secara konsisten terus mengembangkan e-commerce AXIQoe.com sebagai penyedia solusi berbagai kebutuhan kantor dan PrintQoe.com sebagai ekosistem kebutuhan pencetakan yang terintegrasi.

Di tahun 2022, AXI fokus untuk meningkatkan transaksi pada platform AXIQoe.com dan PrintQoe.com terutama dari segmen pasar B2B.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…