PKT Donasikan Paket Ramadan 1443 H Senilai Rp2,06 Miliar

Oleh : Herry Barus | Rabu, 20 April 2022 - 13:19 WIB

PKT Donasikan Paket Ramadan 1443 H Senilai Rp2,06 Miliar
PKT Donasikan Paket Ramadan 1443 H Senilai Rp2,06 Miliar

INDUSTRY.co.id - Bontang- PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) melalui program PKT Proaktif salurkan bantuan paket Ramadan 1443 H senilai Rp 2,06 Miliar, sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat dalam menjalankan ibadah selama bulan puasa. Bantuan secara simbolis diserahkan Direktur Operasi dan Produksi PKT Hanggara Patrianta, kepada Sekretaris Kota Bontang Aji Erlinawaty di Hotel Grand Equator Bontang, Selasa (19/4/2022).

Diungkapkan Hanggara, bantuan ini sebagai wujud kedekatan perusahaan dengan masyarakat sekaligus implementasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sesuai UU Nomor 19 tahun 2003, yang salah satunya mengatur tugas BUMN dan anak usahanya sebagai agen pembangunan dengan berperan aktif berpartisipasi di masyarakat.

"Total bantuan paket Ramadan tahun ini terbagi dalam sebelas program, mulai dari kepedulian bagi masyarakat secara umum hingga bantuan pembangunan sarana ibadah serta dukungan peningkatan ekonomi Usaha Kecil dan Menengah (UMK)," ujar Hanggara.

Secara rinci, bantuan tersebut diantaranya Bazar Online Ramadan Baiturrahman bersama Borneos.co bagi UMK Bontang, dana pembangunan Pondok Pesantren Yayasan Raudlatul Ulum Kabupaten Kutai Timur senilai Rp 30 juta, bantuan renovasi mess musafir Ifthor Baiturrahman dan perlengkapan prokes Masjid Baiturrahman Rp49,3 juta, serta beasiswa pendidikan Hafidz Qur’an bagi anak Rp50 juta.

Selanjutnya bantuan dana operasional bagi sembilan panti asuhan di Bontang Rp90 juta, bantuan pembangunan Musala At Taubah dan Ma'rifatullah Bontang Rp100 juta, bantuan pembangunan 15 Masjid dan Musalla di berbagai wilayah Bontang Rp140 juta, bantuan pembangunan mess musyrif RQB Masjid Al-Mubarok Bontang Rp200 juta, Pengadaan listrik dan Genset bagi masyarakat Pulau Gusung Bontang Rp240,6 juta, bantuan 2.000 Al-Qur’an untuk Masjid Baiturrahman dan Papua Barat Rp250 juta, serta 3.300 paket sembako Ramadan bagi masyarakat Bontang Rp914 juta.

"Bantuan ini merupakan wujud nyata kehadiran PKT, sekaligus jalinan silaturahmi antara perusahaan dengan masyarakat dalam menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan ini," tambah Hanggara.

Pada program ini, PKT turut memberdayakan UMK Binaan perusahaan untuk pengadaan seluruh kebutuhan paket yang disalurkan. Mulai dari tas kemasan yang diproduksi oleh mitra binaan di bidang jahit, pengadaan beras dari petani binaan, termasuk sembako hingga makanan ringan. Hal ini merupakan komitmen PKT untuk senantiasa memberdayakan UMK Bontang, sehingga mampu mandiri serta bangkit dan kembali berdaya pasca pandemi.

Pemberdayaan UMK binaan juga direalisasikan PKT setiap tahun, agar pelaku usaha kecil hingga mitra binaan bisa turut mendapat manfaat dari program ini sehingga mampu berdampak pada kesejahteraan masyarakat. "Hal ini juga bagian dari komitmen PKT untuk mendorong UMK kembali bangkit pasca pandemi, dengan memberikan peluang serta kesempatan bagi mitra perusahaan untuk pengadaan paket Ramadan," lanjut Hanggara.

 

Dirinya pun berharap bantuan PKT Proaktif ini menjadi berkah, serta membantu masyarakat untuk pemenuhan kebutuhan Ramadan hingga Idul Fitri. Kedepan, PKT akan terus berbuat bagi masyarakat serta meningkatkan kontribusi untuk memberi manfaat di berbagai sektor secara optimal. "Semoga ini menjadi berkah, tak hanya untuk PKT tapi juga masyarakat secara umum," kata Hanggara. 

Sekretaris Kota Bontang Aji Erlynawati, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas komitmen PKT yang konsisten memberi perhatian bagi masyarakat melalui program PKT Proaktif. Dirinya menilai realisasi PKT Proaktif yang selama ini berjalan, telah memberi dampak signifikan dalam mendukung program Pemkot Bontang dengan manfaat yang dirasakan langsung masyarakat di berbagai bidang.

"Kami pun berharap dukungan PKT melalui program ini semakin ditingkatkan untuk mendorong pemulihan ekonomi masyarakat, mengingat sejak pandemi hingga kini PKT Proaktif selalu hadir dalam mendukung berbagai sektor secara optimal," ucap Aji.

Dirinya pun mengimbau para penerima bantuan, baik masyarakat secara langsung maupun lembaga yang masuk dalam program paket Ramadan PKT tahun ini, bisa menjalankan amanah dengan baik agar kedepan manfaat program ini makin dirasakan masyarakat secara luas, khususnya untuk sarana ibadah maupun fasilitas publik yang dihadirkan. "Kami imbau bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik, sebagai usaha bersama dalam membantu masyarakat pada Ramadan tahun ini," pungkas Aji Erlynawati

Komentar Berita

Industri Hari Ini

MasterCard (ist)

Senin, 23 Mei 2022 - 12:20 WIB

Mastercard Ciptakan Mesin Konversi Poin Pertama di Dunia untuk Mata Uang Game

Mastercard meluncurkan Mastercard Gamer Xchange (MGX), solusi yang siap digunakan dan merupakan yang pertama untuk membantu konsumen mengubah poin reward yang belum digunakan menjadi mata…

Hasil dan torehan prestasi cabang olahraga di SEA Games 2021 Vietnam tetap menjadi catatan bagi Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali untuk melakukan evaluasi, khususnya cabor yang masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). (foto:raiky/kemenpora.go.id)

Senin, 23 Mei 2022 - 12:18 WIB

Alhamdulilah! Indonesia Peringkat Tiga SEA Games 2021 Vietnam

Jakarta-Kontingen Indonesia berhasil masuk peringkat tiga besar SEA Games 2021 Vietnam. Indonesia bertengger di peringkat tiga dengan total perolehan 242 medali, yang terdiri dari 69 emas, 92…

Ilustrasi aset kripto

Senin, 23 Mei 2022 - 12:14 WIB

Optimistis Pasar Kripto Bakal Pulih, BitMEX Spot Diluncurkan

Beberapa bulan terakhir pasar kripto cenderung mengalami penurunan, meski begitu BitMEX optimistis pasar kripto akan berangsur pulih dan optimisme ini terlihat dari peluncuran BitMEX Spot sebagai…

Tokoparts

Senin, 23 Mei 2022 - 12:00 WIB

Jawab Kebutuhan Pasar, Tokoparts Kini Mulai Rambah Pasar Corporate dan Fleet

Tokoparts, perusahaan rintisan yang bergerak di bidang pengadaan suku cadang untuk bengkel-bengkel dan pebisnis suku cadang di Indonesia, perkuat komitmen menjadi platform online penyedia suku…

Ginaldi Scorpinda Dokter Umum

Senin, 23 Mei 2022 - 12:00 WIB

Ginaldi Scorpinda Dokter Umum Ramaikan Industri Musik Nasonal

Bakat nyanyi Muhammad Ginaldi Scorpinda atau beken dengan nama Scorpinda turunan dari kedua orang tuanya yang suka bersenandung. Cowok yang berstatus dokter umum ini sempat membuat grup band…