Tingkatkan Transformasi Digital Proses Kerja SDM, Chandra Asri Gandeng Darwinbox

Oleh : Hariyanto | Rabu, 23 Maret 2022 - 14:28 WIB

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA)
PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) bermitra dengan Darwinbox, perusahaan penyedia teknologi pengelola Sumber Daya Manusia (SDM) terkemuka, guna mendigitalkan seluruh proses pengaturan SDM secara menyeluruh.

Chandra Asri menilai, memiliki operasional SDM yang efisien, meningkatkan produktivitas serta pengalaman kerja karyawan dengan jumlah lebih dari 2.000 orang adalah langkah penting untuk mencapai visi menjadi perusahaan petrokimia terdepan di Indonesia.

Sesuai dengan visi mereka dan untuk menyambut Society 5.0, Chandra Asri telah mengembangkan rencana transformasi digital sepanjang lima tahun untuk menciptakan ekosistem digital yang holistik.

Menduduki peringkat pertama di antara penyedia sistem manajemen SDM secara global (berdasarkan Gartner Peer Insights), Darwinbox memiliki tujuan yang sejalan dengan Chandra Asri untuk mendigitalisasi proses kerja SDM mereka.

“Karena tujuan kami futuristis, kami juga harus menggandeng mitra yang juga berfokus ke masa depan,” ujar Andre Khor, Chief Financial Officer Chandra Asri yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (23/3/2022).

“Pada perusahaan yang berbasis teknologi modern, sederhana, cepat, dan terhubung adalah kunci untuk mencapai keunggulan operasional, pertumbuhan bisnis, dan efisiensi biaya sembari meningkatkan kualitas pengalaman pengguna (UX). Kami senang bekerja sama dengan Darwinbox sebagai pendukung visi futuristis kami. Darwinbox terpilih setelah proses pertimbangan yang cermat dan komprehensif, mereka telah berhasil menerapkan transformasi yang lancar pada tahun 2022,” tambahnya.

Sementara itu, Suryandi, Human Resources and Corporate Affairs Director Chandra Asri mengatakan, tim SDM Chandra Asri akan menggunakan Darwinbox sebagai sebuah 'aplikasi super'.

"Karena sistem manajemen SDM mereka dapat berintegrasi secara lancar dengan perangkat teknologi perusahaan kami, sehingga dapat memberikan kemudahan bagi para karyawan kami. Teknologi Darwinbox juga memungkinkan karyawan Chandra Asri untuk tetap terhubung di mana saja dan kapan saja, sehingga mereka dapat mengakses semua proses terkait SDM menggunakan satu aplikasi," katanya.

Semua proses kerja SDM akan dikelola menggunakan Darwinbox, dari proses rekrutmen hingga pengunduran diri. Karyawan Chandra Asri dapat mengakses dan mengelola data pribadi mereka, melonggarkan beban kerja administrator SDM.

Karyawan Chandra Asri juga akan memiliki visibilitas yang lebih luas untuk melacak data mereka sendiri, termasuk pengajuan absen, cuti, dan pengembalian biaya kerja yang dapat disetujui oleh manajer kapan saja.

Selain itu, HR Helpdesk juga menyediakan dukungan kepada setiap karyawan Chandra Asri yang memiliki pertanyaan atau memerlukan bantuan, sementara modul seperti OnboardingRecognition, dan jejaring sosial 'Vibe' akan memperkuat hubungan antara karyawan.

Secara keseluruhan, platform SDM terintegrasi tersebut akan memungkinkan kolaborasi yang lebih baik, mendorong produktivitas karyawan lebih tinggi, serta pengalaman bekerja yang lebih baik bagi karyawan dan calon pekerja.

“Untuk menjaga produktivitas dan kepuasan karyawan, kami tidak ingin membebani mereka dengan tugas dan dokumen terkait SDM yang membosankan. Kami senang melihat kesuksesan Chandra Asri dalam memanfaatkan platform kami untuk meningkatkan kinerja mereka,” kata Jayant Paleti, Co-founder Darwinbox.

Di Chandra Asri, transformasi digital SDM telah diimplementasikan melalui tiga pilar—budaya karyawan, optimalisasi proses, dan perkembangan teknologi yang didukung lengkap dari teknologi Darwinbox.

Saat ini Darwinbox telah melayani lebih dari 650 perusahaan, 1,5 juta karyawan di 90 negara, termasuk perusahaan Indonesia yang terkemuka dan berkembang pesat seperti Tokopedia, Kopi Kenangan, Mitra Adiperkasa, Indorama, Chandra Asri (Barito Pacific Group), Sari Roti (Salim Group) Protelindo (Djarum Group), Pyridam Farma, Gunung Raja Paksi (GRP), Astra Life, Bina Karya Prima, dan STP Tower.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BRI Insurance saat menerima penghargaan

Sabtu, 22 Juni 2024 - 21:31 WIB

BRI Insurance Raih Penghargaan Pertumbuhan Premi Sesi 2023 Terbesar

BRI Insurance (BRINS) kembali berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan dengan dianugerahi penghargaan dari MAIPARK Award 2024. Penghargaan yang diraih adalah Penghargaan ketegori Cedant…

Tecno Pova 6

Sabtu, 22 Juni 2024 - 18:36 WIB

Dibekali Baterai 6.000 mAh, Smartphone Tecno Pova 6 Bikin Gaming Always Menyala

Dengan kapasitas baterai 6.000 mAh yang terbesar pada seri Pova, Tecno Pova 6 membawa Super-Endurance Power System untuk memastikan daya tahan lama dengan pengisian ultra cepat untuk pengalaman…

Direktur Sales and Distribution BSI Anton Sukarna (Tengah) bersama dengan Direktur LJ Hooker Indonesia Oka Mahendra Kauripan (paling kiri), Direktur Lamudi Indonesia Mart Polman (dua dari kiri), Co Founder Ringkas Ilya Krastov (tiga dari kiri), Direktur Raywhite Indonesia Turky J. Bugri (tiga dari kanan), Direktur Era Indonesia Aan Andriani Sutrisno (dua dari kanan), dan Direktur Century 21 Indonesia Daniel Handojo.

Sabtu, 22 Juni 2024 - 16:40 WIB

Gandeng 17 Developer, BSI Tawarkan Promo Menarik Margin Setara 2,22%

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menggandeng 17 developer terkemuka di Tanah Air untuk memberikan akses pembiayaan rumah siap huni bagi masyarakat pada gelaran BSI International Expo 2024.…

Kawasan Industri Kendal

Sabtu, 22 Juni 2024 - 16:13 WIB

Sektor Industri Terkait Teknologi Terus Aktif Mencari Lahan Industri

Pertumbuhan industri modern cenderung memerlukan lahan yang lebih luas untuk menampung peralatan produksi dan fasilitas yang canggih.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto

Sabtu, 22 Juni 2024 - 15:58 WIB

Kinerja Moncer, Pengamat: Dico Ganinduto Layak Dipasangkan dengan Siapapun di Pilgub Jateng

Pengamat Politik Herry Mendrofa menilai jika Bupati Kendal Dico Ganinduto layak dipasangkan dengan siapapun untuk maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2024 mendatang.