Ancaman Omicron, Karnaval Rio de Janeiro Brasil Kembali dibatalkan

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 08 Januari 2022 - 10:30 WIB

Tari Samba dari Sao Paulo, Rio de Janeiro, Salvador dan juga Recife, Brazil (Foto: booking.com)
Tari Samba dari Sao Paulo, Rio de Janeiro, Salvador dan juga Recife, Brazil (Foto: booking.com)

INDUSTRY.co.id - Untuk kedua kalinya, Rio de Janeiro telah membatalkan karnaval dan pesta (parade) jalanan. Pembatalan ini dikarenakan terjadinya lonjakan kasus Covid-19 dan ancaman penyebaran virus Corona Omicron.

Disampaikan Wali Kota Rio de Janeiro, Eduardo Paes, beberapa acara karnaval besar masih akan dilanjutkan. Namun, parade jalanan yang terkenal yaitu 'blocos' akan dibatalkan untuk tahun kedua. 

"Kami mengadakan pertemuan hari ini dengan orang-orang dari 'blocos,' dan kami memberi tahu mereka bahwa karnaval jalanan, yang tidak berlangsung pada tahun 2021, tidak dapat terjadi (lagi) tahun ini karena data epidemiologis yang kami miliki," kata Paes menurut laporan dari CNN.

"Akan sangat sulit untuk mengatur karnaval jalanan," kata Paes.

Sementara, tahun ini parade spektakuler sekolah samba Rio, yang disaksikan publik dari tribun kota Marques de Sapucai Sambadrome, akan tetap dijalankan. Pelaksanaan agenda itu dengan menerapkan protokol kesehatan.

Karnaval tahun ini akan berlangsung dari 25 Februari hingga 2 Maret, dan sementara parade jalanan tidak akan berlanjut, pengunjung yang menghadiri Sambodrome akan dapat menyaksikan sekolah samba top Rio tampil dengan suara drum, terompet dan simbal.

Marques de Sapucaí Sambadrome memiliki kapasitas lebih dari 80 ribu orang. Pihak berwenang belum menentukan apakah akan diizinkan untuk mengisi kapasitas selama acara berlangsung, namun, protokol kesehatan akan segera ditetapkan, kata mereka.

Karnaval ini tiap tahunnya menarik lebih dari 7 juta kunjungan wisatawan dan menghasilakn hingga $387 atau sekitar Rp5,5 triliun. 

Beberapa kota lain juga telah membatalkan parade jalanan mereka. Di antaranya: Salvador, Campo Grande, Cuiaba, Teresina, Belem, Fortaleza, Florianopolis dan Curitiba.

Rio telah melihat lonjakan kasus Covid dalam beberapa pekan terakhir, dengan tiga dikonfirmasi sebagai varian Omicron dan 180 lainnya dicurigai Omicron.

Secara keseluruhan, Brasil sejauh ini telah mendeteksi 170 kasus varian Omicron dan para ahli memprediksi Omicron akan menjadi varian dominan dalam beberapa minggu ke depan, menurut afiliasi CNN CNN Brasil.

Pada 5 Januari, kementerian kesehatan Brasil melaporkan 18.759 kasus baru Covid-19 dan 175 kematian.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion