Simak! Ini 5 Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Online

Oleh : Hariyanto | Rabu, 29 Desember 2021 - 13:59 WIB

Ilustrasi smartphone (ist)
Ilustrasi smartphone (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Setiap orang berhak mengambil keputusan, apakah memilih untuk mengajukan pinjaman online atau tidak. Supaya keputusanmu tidak dilatarbelakangi oleh kecerobohan, saran kami cari tahu terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan pinjaman online.

Semakin banyak informasi yang kamu tahu dan gali maka akan semakin menambah wawasanmu terutama mengenai fintech. Mengapa? Saat ini banyak sekali ungkapan miring mengenai fintech padahal hampir semuanya adalah cerita yang dilebih-lebihkan.

Yuk Intip 5 Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Online!
Sama seperti manusia yang memiliki sisi baik dan jahat, begitu juga fintech yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Kedua sifat ini menjadi penyeimbang, walaupun semakin kesini banyak fintech yang berusaha untuk mengurangi kekurangan pinjol yang mereka miliki.

1. Minim Persyaratan
Salah satu kelebihan paling mencolok dari fintech adalah kemudahan dalam mengajukan pinjaman. Faktanya, mengajukan pinjaman di fintech bisa dilakukan oleh siapa saja entah itu pejabat, kalangan biasa atau PNS.

Syaratnya cukup umum yakni telah berusia 18 tahun yang ditandai dengan KTP dan memiliki slip gaji (sebagai syarat khusus). Selain kedua syarat tersebut, calon debitur juga harus memiliki riwayat keuangan yang baik dengan kata lain tidak sedang terlilit hutang di bank atau mengalami kredit macet.

2. Pencairan Dana Cepat
Detail tentang kelebihan dan kekurangan pinjaman online merupakan informasi umum yang sudah sepatutnya dibagikan ke semua orang. Tujuannya agar tidak ada orang yang merasa dicurangi setelah mereka mengajukan pinjol.

Selain memberikan syarat yang sederhana, fintech juga menawarkan kemudahan pencairan dana. Hampir semua fintech yang berkompetisi saat ini menghadirkan fitur pencairan dana hanya dalam 24 jam per pinjaman. Kelebihan ini memberikan angin segar bagi calon debitur yang memang butuh uang cepat karena berbagai alasan.

3. Limit dan Tenor Bervariasi
Kelebihan lainnya yang mungkin membuat kamu memutuskan pinjam ke fintech adalah limit dan tenor mereka yang cukup bervariasi. Meskipun menggunakan basis online sebagai media marketing, fintech tidak serta merta menawarkan limit dan tenor yang kecil.

Calon debitur bisa memanfaatkan fasilitas pinjaman besar untuk modal bisnis. Sejumlah fintech menyediakan plafon hingga Rp10 juta, jumlah yang cukup besar untuk pinjaman berbasis online.

4. Resiko Kredit Macet
Berbagai kelebihan dan kekurangan pinjaman online mungkin membuatmu gusar apalagi ketika menyimak berbagai kekurangannya. Resiko kredit macet sebetulnya bukan terjadi pada pinjaman online saja. Mereka yang mengajukan pinjaman pada bank pun beresiko tinggi mengalami kredit macet.

Meski demikian, persentase kredit macet pada pinjol mungkin jauh lebih besar mengingat proses pencairan dana pinjaman yang sangat cepat tanpa memerlukan banyak dokumen.  Belum lagi, nafsu konsumen terhadap pinjaman online yang sangat besar karena terigur berbagai kemudahannya.

5. Terjerat Pinjol Ilegal
Resiko selanjutnya yang bisa jadi menimpa kamu ketika mengajukan pinjaman online adalah berjumpa dengan pinjol ilegal. Pinjaman ilegal memang sangat meresahkan masyarakat karena kegiatan bisnis mereka dilakukan tanpa pengawasan dan izin dari OJK.

Sudah banyak sekali korban dari pinjaman online ilegal yang mengklaim datanya tersebar ke publik.  Kondisi ini sebetulnya masih bisa dihindari ketika kamu berhati-hati dalam memilih pinjol.

Cara Menghindari Pinjaman Online Ilegal
Sudah puas dengan informasi kelebihan dan kekurangan pinjaman online yang telah kami rangkum sebelumnya? Pada pembahasan terakhir, kami menyorot pinjol ilegal yang menjadi momok menaktukan pinjol.  Agar kamu terhindar dari kerugian akibat terjerat pinjol ilegal, yuk kenali beberapa cara menangkis rayuannya berikut ini:

1. Cek Kredibilitas Fintech
Cara pertama cukup mudah yakni dengan mencari tahu sampai ke akar-akarnya mengenai pinjol bersangkutan. Tidak hanya menjelajahi website mereka, kamu juga wajib mencari tahu nama mereka termasuk pada daftar fintech legal OJK atau tidak.

Bila kamu masih meragukan kredibilitas dari fintech tersebut saran kami jangan memaksakan diri mengajukan pinjol. Masih banyak pinjaman online lain yang mampu memberikan keamanan dan kenyamanan bagi calon debitur.

2. Temukan Review atau Cerita Konsumen
Selanjutnya adalah melihat dan mencermati review atau cerita dari konsumen. Cerita yang diberikan oleh konsumen umumnya bersumber dari pengalaman pribadi yang bisa kamu percayai.
Membahas mengenai kelebihan dan kekurangan pinjaman online memang sangat menarik, sama menariknya ketika kita bicara mengenai singa.id.

Singa.id merupakan pinjaman online menawarkan banyak sekali kelebihan yang tidak bisa kamu temukan pada fintech lainnya. Mereka sudah diawasi oleh OJK sebagai bukti fintech legal. Melalui fasilitas dan fitur Singa Fintech, kamu bisa memperoleh pengalaman pinjol yang paling menyenangkan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…