Uji Materi UU Jaminan Produk Halal di MK, DPR Tidak Hadir

Oleh : Irvan AF | Senin, 29 Mei 2017 - 14:26 WIB

Ilustrasi label halal di restoran. (Geography Photos)
Ilustrasi label halal di restoran. (Geography Photos)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) kembali tidak menghadiri sidang uji materi di Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan Undang Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (UU JPH).

"DPR tidak hadir, sedang berhalangan," ujar Ketua Sidang, Hakim Konstitusi Anwar Usman, ketika membuka sidang di Gedung MK Jakarta, Senin (29/5/2017).

Agenda sidang kali ini adalah mendengarkan keterangan DPR dan pihak terkait dalam perkara uji materi UU JPH.

Pemohon dari perkara ini adalah Paustinus Siburian yang memohon pengujian norma pada diktum menimbang huruf b, frasa "syariat Islam" dalam Pasal 1 angka 2, Pasal 2, Pasal 3 huruf a, Pasal 4, dan kata "selain" dalam Pasal 18 ayat (2) UU JPH.

Pemohon merasa bahwa ketentuan tersebut berpotensi merugikan hak-hak konstitusional pemohon, karena tidak ada batasan yang jelas mengenai persoalan halal atau tidaknya suatu produk.

Menurut pemohon, adalah tidak tepat jika pembentuk undang undang membuat tujuan UU JPH untuk masyarakat, sementara sebagian masyarakat Indonesia ada yang tidak diwajibkan untuk mendapatkan "Jaminan Produk Halal".

Pemohon berpendapat seharusnya undang undang menyebutkan dengan tegas bahwa yang menjadi sasaran dari ketentuan a quo adalah konsumen Muslim seperti dalam Fatwa MUI Nomor12 Tahun 2009.(ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MUI Kiai Ma'ruf Amin bersama Ulama menggelar konfrensi Pers aksi bela palestina 1712 (foto hidayatulah)

Minggu, 17 Desember 2017 - 04:58 WIB

Ma'ruf Amin Pastikan Aksi Bela Palestina Tidak Ada Unsur Politis

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin menegaskan tidak ada unsur politik praktis dalam aksi bela Palestina yang akan digelar di kawasan Monumen Nasional (Monas), Minggu (17/12).…

Presiden Jokowi berfoto bersama peserta Apel Kebangsaan Pemuda Islam Indonesia di pelataran Candi Prambanan, Sabtu (16/12). (Foto: BPMI)

Minggu, 17 Desember 2017 - 04:37 WIB

Enam Usulan Indonesia Terkait Penyelesaian Masalah Palestina

Presiden juga sudah menyampaikan enam usulan Indonesia dalam KTT luar biasa OKI.

Presiden Jokowi berfoto bersama peserta Apel Kebangsaan Pemuda Islam Indonesia di pelataran Candi Prambanan, Sabtu (16/12). (Foto: BPMI)

Minggu, 17 Desember 2017 - 04:30 WIB

Presiden Jokowi Yakin Aksi Bela Palestina Berlangsung Tertib

Presiden Joko Widodo meyakini Aksi Bela Palestina yang akan berlangsung pada 17 Desember 2017 atau disebut aksi 1712 berlangsung dengan tertib.

Menteri Pemuda dan Olah raga Imam Nahrawi (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 17 Desember 2017 - 04:15 WIB

Menpora Harapkan Pemuda Harus Siap Tanggulangi Bencana

Menteri Pemuda dan Olah raga Imam Nahrawi meminta pemuda Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) dan Barisan Serbaguna NU (Banser) siap dalam penanggulangan bencana alam.

Presiden Jokowi menghadiri Apel Kebangsaan Pemuda Islam Indonesia di pelataran Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Sabtu, (16/12). (Foto: BPMI)

Minggu, 17 Desember 2017 - 04:10 WIB

Presiden Jokowi Tetap Monitor Penanganan Gempa Sejumlah Daerah

Presiden Joko Widodo terus memantau penanganan gempa berkekuatan 6,9 Skala Richter yang mengguncang wilayah bagian selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta pada Jumat (15/12/2017)…