Setelah Standard & Poor's Anggap Indonesia Layak Investasi

Oleh : Arya Mandala | Senin, 29 Mei 2017 - 15:50 WIB

Standard and Poors, Foto (Istimewa)
Standard and Poors, Foto (Istimewa)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Lembaga pemeringkat internasional Standard & Poor's (S&P) menaikkan sovereign credit rating Indonesia menjadi BBB-/A-3 dengan outlook stabil. Ini berarti Indonesia dianggap sebagai negara yang layak investasi (Investmeng Grade).

Kenaikan peringkat surat utang Indonesia dari level junk menjadi investment grade oleh S&P telah ditunggu lama oleh pelaku pasar portofolio. Ini melengkapi penilaian layak investasi Indonesia dari tiga lembaga rating terkemuka internasional.

Sebelumnya Fitch telah memberikan rating BBB- atau investment grade kepada Indonesia pada 21 Desember 2016. Sedangkan Moody's memberikan rating Baa3 atau investment grade untuk Indonesia pada 8 Februari 2017.

Hasil penilaian S&P tersebut diumumkan pada tanggal 19 Mei 2017. Dalam keterangannya S&P memandang bahwa risiko-risiko fiskal Indonesia telah menurun. Selain itu, pemerintah Indonesia juga dianggap sudah mengambil langkah dan pengukuran terkait belanja dan pendapatan (APBN) guna menstabilkan keuangan negara.

"Sebagai hasilnya, kami mengekspektasikan utang pemerintah akan stabil dan defisit anggaran akan turun secara gradual," kata S&P sebagaimana diukutip Bloomberg.

S&P menyatakan, outlook Indonesia dalam jangka panjang adalah stabil. S&P memandang risiko kenaikan maupun penurunan (upside and downside risks) terhadap rating yang diberikan cenderung seimbang. Selain itu, S&P juga menyatakan keyakinannya bahwa fokus pemerintah untuk membuat APBN lebih realistis bakal memberikan dampak positif.

Selain itu, upaya pemerintah untuk membuat APBN lebih realistis juga akan menurunkan risiko pelebaran defisit anggaran. S&P memperoyeksikan utang net akan berada pada level moderat, yakni di bawah 30 persen dari produk domestik bruto (PDB). Namun masih ada tantangan yang harus diantisipasi yakni pendapatan dari perpajakan.

Penilaian S&P tadi sontak membuat aktivitas perdagangan di pasar portofolio melonjak positif. Bahkan di Bursa Efek Indonesia, seluruh indeks sektoral terlihat bergerak di teritori positif saat pengumuman S&P dilansir.

Sementara indeks harga saham gabungan (IHSG) sendiri kembali menembus rekor tertinggi baru dalam sejarah berdirinya Pasar Modal Indonesia dengan kenaikan sebesar 146,4 poin atau 2,59 persen ke level 5.791,88, pada penutupan perdagangan, pekan lalu.

Sementara di pasar uang, posisi rupiah bergerak perkasa, ditutup menguat 0,23% atau 31 poin ke Rp13.325 per dolar AS setelah diperdagangkan pada kisaran Rp13.298 Rp13.420 per dolar AS. Mencermati kondisi tersebut Analis PT Binaartha Sekuritas Reza Priyambada mengingatkan investor untuk tetap realistis melakukan aksi beli.

Reza khawatir penguatan tajam pasar merupakan euforia sesaat dan hanya berlangsung sesaat."Sentimen S&P ini bisa dimanfaatkan sebagian pelaku pasar untuk profit taking karena harga saham mayoritas alami kenaikan, ujarnya.

Adapun Analis NH Korindo, Bima Setiaji punya pandangan berbeda. Menurutnya upgrade tersebut akan mendatangkan capital inflow lebih banyak terutama dari dana pensiun Jepang yang merupakan dana pensiun terbesar di dunia baik ke obligasi maupun ke pasar saham Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…